10 Tanaman Hias Merambat untuk Kanopi Kreasi Hits Masa Kini

Lagi bingung cari tanaman hias untuk kanopi? Daripada bingung dan penasaran, yuk cari tahu beberapa jenis tanaman hias merambat untuk kanopi berikut ini agar desain eksterior rumah makin cantik.

tanaman hias merambat untuk kanopi

Rumah sebagai hunian dalam jangka waktu yang panjang tentu membutuhkan dekorasi yang indah agar tetap memberikan kenyamanan sekaligus menghilangkan penat dari banyaknya aktivitas yang dilakukan di luar rumah. Salah satu dekorasi yang paling tepat adalah menambahkan tanaman hias merambat untuk kanopidi beberapa spot rumah Anda.

Mempercantik kanopi yang kosong tanpa hiasan tentu dapat menjadi salah satu faktor yang tepat untuk melakukan dekorasi dalam bentuk tanaman merambat. Tanaman yang merambat ini akan semakin cocok dengan rumah yang memiliki desain natural sehingga lebih dekat dengan alam.

tanaman hias merambat untuk kanopi

Jenis Tanaman Hias Merambat untuk Kanopi

Tanaman hias tentu memiliki berbagai jenis yang dapat disesuaikan dengan selera Anda. Berikut merupakan beberapa tanaman hias yang hits di kalangan masyarakat yang dapat menjadi salah satu pilihan bagi Anda.

Morning Glory

Salah satu tanaman merambat bernama Morning Glory ini memiliki karakteristik memiliki bunga yang indah dengan warna yang cerah. Anda dapat menggunakan penyangga yang terbuat dari besi atau kayu agar morning glory dapat tumbuh dengan cantik di kanopi sesuai keinginan.

morning glory

Alamanda

Salah satu tanaman hias ini memiliki daun yang merambat disertai bunga. Ciri utama pada tanaman hias alamanda ini yaitu berbunga dengan warna kuning kecerahan. Tanaman ini membutuhkan perawatan yang mudah sehingga dapat dijadikan sebagai tanaman hias sederhana.

alamanda

Mandevilla

Bagi Anda yang menyukai tanaman hias bernuansa feminism dapat memilih jenis mandevilla ini. Bunga berwarna pink yang dihasilkan dari merawat tanaman hias tentu akan mempercantik kanopi di rumah Anda.

Petrea Volubilis

Petrea volubilis merupakan salah satu tanaman hias yang berasal dari Amerika Tengah yang dapat hidup di negara yang beriklim tropis. Tanaman ini memiliki bunga berwarna ungu yang memiliki kemiripan dengan bunga lavender. Baca juga: Tanaman Hias Mini Indoor

Petrea Volubilis

Keunikan dari tanaman hias ini adalah bunga yang berwarna ungu akan berubah menjadi hijau yang kemudian gugur. Petrea volubilis dapat menjadi salah satu pilihan jika Anda menginginkan kanopi dengan tanaman hias yang merambat berwarna ungu nan cantik.

Dipladenia

Dipladenia cocok bagi Anda yang menyukai kesederhanaan karena tanaman ini memiliki ciri khas sederhana dengan daun yang disertai bunga berwarna merah. Tanaman ini harus menggunakan penyangga berupa besi atau kayu sebagai sarana dipladenia untuk merambat sehingga tampak lebih cantik.

Wisteria

Apabila rumah Anda memiliki desain mewah, pastikan untuk memilih wisteria sebagai salah satu tanaman merambat pada kanopi Anda. Bunga ini memiliki warna ungu dengan bentuk yang rimbun serta memberikan kesan berada di dunia fantasi.

wisteria

Tanaman ini terbilang sangat kuat dan agresif sehingga dapat tumbuh hingga 100 kaki yang biasanya berbunga maksimal empat tahun setelah ditanam. Jenis tanaman ini berasal dari Tiongkok dan Jepang.

English Ivy

Jika Anda menginginkan hiasan yang cepat dan indah, pastikan untuk memilih tanaman hias jenis English ivy. Selain memberikan keindahan pada dekorasi rumah, tanaman ini juga memberikan fungsi menyerap polusi sehingga cocok untuk menghiasi kanopi di luar rumah Anda.

english ivy tanaman rambat untuk kanopi

Melati Kosta

Tanaman hias dengan nama melati kosta ini memiliki karakteristik bunga berwarna ungu yang merambat. Bunga melati kosta ini akan memudar menjadi warna putih setelah bunga tersebut mekar dan berwarna ungu.

Air mata pengantin atau antigonon leptopus

Tanaman merambat ini merupakan salah satu tanaman hias merambat yang popular di kalangan masyarakat. Tanaman ini dapat tumbuh dalam jangka waktu yang lama dan memiliki keindahan ketika dibiarkan tumbuh pada kanopi Anda.

air mata pengantin

Flame of Irian

Tanaman ini berasal dari Papua, Indonesia yang tumbuh dan berbunga secara terus menerus sehingga cocok menjadi hiasan di kanopi Anda. Tanaman ini menggantung ke bawah sehingga dapat mempercantik kanopi Anda. Bunga yang dihasilkan oleh tanaman hias ini berwarna orange sehingga dapat menimbulkan kesegaran.

Manfaat Menggunakan Tanaman Hias Merambat untuk Kanopi

Dalam setiap rumah, kanopi memang merupakan salah satu bagian yang dapat digunakan untuk dua fungsi yaitu sebagai pelindung dan sebagai salah satu sarana untuk mendekorasi rumah agar tampak lebih bagus dan elegan, tergantung dari pemilihan jenis tanaman hias yang Anda pilih juga. Adapun manfaat menggunakan tanaman hias untuk mempercantik kanopi adalah sebagai berikut.

Manfaat Menggunakan Tanaman Hias Merambat untuk Kanopi
  1. Pelindung

Kanopi dapat berfungsi untuk melindungi bagian rumah tergantung dari beberapa spot yang dibutuhkan. Apabila Anda memiliki kanopi tanpa sentuhan apapun pastinya rumah Anda akan tampak lebih sederhana dibandingkan jika menggunakan tanaman hias.

Salah satu fungsi kanopi yang disertai tanaman hias yaitu selain sebagai pelindung, tanaman hias yang merambat tentunya memberikan keindahan dan kesan yang bagus terhadap rumah yang Anda huni.

  • Menciptakan suhu udara dan suasana yang teduh

Tanaman yang Anda biarkan tumbuh di kanopi memiliki fungsi menyaring dan menyerap panasnya sinar matahari secara langsung, sehingga dapat melindungi Anda yang berada di dalam rumah.

Jika tanaman hias Anda merambat di seluruh kanopi, maka suhu udara yang dihasilkan menjadi sejuk dan memberikan suasana yang lebih teduh. Adanya tanaman hias ini dapat memfilter teriknya matahari secara langsung ke rumah Anda.

  • Mempercantik desain eksterior

jenis apapun desain di rumah Anda dapat dipercantik menggunakan tanaman hias merambat untuk kanopi agar tampak lebih indah. Tentunya, Anda dapat memilih jenis tanaman yang disesuaikan dengan desain rumah agar lebih menarik.

  • Mempercantik suasana rumah

Kanopi yang berada di rumah Anda pasti memiliki berbagai macam lokasi baik di dalam maupun di luar rumah. Kanopi tersebut dapat diberi sentuhan berupa tanaman hias yang dapat mempercantik suasana di rumah Anda.

Baca juga: Tanaman Hias Gantung Tahan Panas dan Hujan

Berbagai jenis tanaman hias yang telah dijelaskan di atas dapat menjadi salah satu solusi bagi Anda untuk memilih tampilan yang cocok bagi desain rumah Anda. Pemberian tanaman hias pada kanopi tentu memberikan suasana yang baru di rumah Anda.

  • Hemat material atap

Pemilihan pembuatan kanopi pada rumah Anda tentu memiliki berbagai jenis yang dapat dipilih sesuai budget yang Anda miliki. Saat ini, berbagai jenis kanopi yang membutuhkan bahan material secara menyeluruh terbilang lebih mahal dibandingkan dengan menggunakan tanaman hias yang merambat sebagai salah satu alat perlindungan pada atap.

Baca juga: Tanaman Hias Daun Indoor dan Outdoor

Bagi Anda yang menyukai tanaman tentu sangat bersemangat untuk menjadikan rumah Anda tampak lebih natural dengan adanya tanaman hias yang merambat di area kanopi rumah Anda. Biaya perawatan pada tanaman hias tersebut juga terbilang murah dan mudah untuk dilakukan.

Baca juga: Tanaman Hias Gantung Minimalis

Apabila Anda memiliki kesibukan, pastikan untuk memberikan tugas merawat tanaman hias merambat untuk kanopi tersebut kepada orang lain. Karena pada dasarnya tanaman juga merupakan makhluk hidup yang harus dirawat dengan baik. Selain sebagai alat untuk memperindah rumah, tanaman hias ini juga dapat digunakan sebagai peneduh dan pelindung bagi rumah Anda.