Tanaman Hias Tempel Dinding, 6 Solusi Lahan Sempit Perumahan

Tanaman hias tempel dinding, merupakan salah satu tanaman yang memang sengaja dibangun di bagian bidang yang tegak lurus menggunakan tanah. Bahkan tanaman hias dinding ini juga sering disebut dengan vertical garden. Lalu apa sih sebenarnya tujuan dibuatnya vertical garden? Bagaimana cara membuat tanaman tempel tersebut?

Tanaman Hias Tempel Dinding - 2020

Tujuan Vertical Garden

Diantara banyaknya jenis tanaman yang ada, memang vertical garden ini menjadi daya tarik tersendiri. Untuk anda yang memiliki keterbatasan lahan namun menginginkan adanya taman, anda dapat menjadikan vertical garden ini sebagai pilihan. Vertical garden ini juga seringkali dijadikan sebagai sarana, yang digunakan untuk penghijauan.

advertisement

Fungsinya juga cukup banyak, bahkan dapat dengan baik untuk bisa menahan panasnya matahari yang ada. Selain itu secara langsung, juga membantu untuk menahan polusi udara yang ada dan meningkatkan masuknya kandungan dari oksigen yang memang dibutuhkan semua makhluk hidup.

Tanaman Hias Tempel Dinding - 2020

Untuk anda yang menginginkan hunian dengan meredam polusi udara, vertical garden ini juga bisa anda jadikan sebagai pilihan. Bukan hanya memiliki tujuan itu saja, namun dengan memiliki vertical garden juga bisa menambah keindahan hunian yang anda miliki. Anda dapat meletakannya dimana saja sesuai yang anda inginkan.

Penggunaan vertical garden juga tidak memiliki peraturan khusus, apakah harus diletakan di dalam atau di luar ruangan. Tanaman yang satu ini juga bisa dengan mudah anda temukan dimana saja, bahkan sangat mudah dalam perawatannya dan mudah untuk dikembangkan baik untuk pemula yang menginginkan tanaman hias tempel dinding.

Tanaman Hias Tempel Dinding - 2020

Tanaman hias yang satu ini, juga memiliki banyak kelebihan. Selain memiliki banyak tujuan, anda juga bisa merasakan kelebihannya dengan mengurangi penggunaan lahan yang dibutuhkan untuk tanaman. Anda juga bebas, untuk memindahkannya dan memasangnya dimana saja termasuk pada dinding apartemen.

Selain itu, ruangan juga akan semakin cantik dan memudahkan untuk semua keluarga mendapatkan udara yang lebih bersih dengan adanya vertical garden.

Tanaman Hias Tempel Dinding - 2020

Cara Membuat Taman Tempel Dinding

  • Pilihlah area yang menjadi lokasi tanaman tempel

Cara pertama untuk anda yang ingin membuatnya adalah tentukan dimana anda akan meletakan tanaman hias tersebut. Namun anda harus menentukan karakteristik dinding yang baik. Apakah anda sudah mengetahuinya?

Caranya sangat mudah, pastikan bahwa dinding tidak rusak karena lembap atau bahkan sudah lapuk. Selain kedua kategori area dinding ini, maka dinding anda dapat digunakan untuk vertical garden. Namun memang secara umum, anda dapat menggunakan berbagai jenis kondisi dinding apapun.

Tanaman Hias Tempel Dinding - 2020
  • Buat rangka menyesuaikan kebutuhan

Bentuk juga menjadi hal yang tidak kalah penting, untuk anda yang ingin membuat vertical garden ini. caranya yaitu, anda dapat membuat tiga lapis tumpuan. Cobalah untuk membuatnya menggunakan kain alas, plastic untuk pelapis atau rangka apapun yang bisa anda gunakan.

Untuk memudahkan anda dalam pembongkaran nantinya, jangan lupa untuk menggunakan rangka tanaman vertikal agar bisa menggantungnya dengan mudah. Selain itu jangan mempermasalahkan ukuran, pasalnya anda dapat membuatnya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda.

Tanaman Hias Tempel Dinding - 2020
  • Melapisi bingkai menggunakan plastic pelindung

Langkah selanjutnya dalam membuat taman vertikal, dalam hal ini anda dapat menyiapkan beberapa plastic yang digunakan untuk pelapis. Untuk ukurannya jangan bingung, pastikan anda membuatnya dengan menyesuaikan dengan ukuran kerangka yang ada.

Plastic ini bukan hanya untuk hiasan saja, melainkan juga anda dapat menggunakannya untuk melapisi kain di bagian atas dan melindungi dinding dari rembesan air dari tanaman hias tempel dinding. Jangan lupa untuk selalu memilih plastic dengan kualitas yang terbaik dan tidak mudah rusak ya.

Tanaman Hias Tempel Dinding - 2020
  • Memasang kain yang digunakan untuk media tanam

Untuk membuat vertical garden selanjutnya, pasanglah kain yang memang sudah tidak digunakan atau kain yang bekas untuk dijadikan sebagai media tanam tanaman hias yang akan di tempel nantinya. Kain ini juga dapat anda jadikan, sebagai alas yang digunakan untuk tempat tanaman untuk tumbuh.

Bukan hanya tempat tumbuh saja, namun fungsi lainnya juga untuk menahan air yang ada agar tidak berlebihan untuk tanaman anda. Selain cara ini, anda juga bisa menggunakan bahan dari karpet, dimana dapat digunakan sebagai alas.

Tanaman Hias Tempel Dinding - 2020
  • Mengelola sistem irigasi

Untuk selalu menjaga tanaman anda tetap segar dan hidup, salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah dengan memastikan bahwa pasokan air yang ada tercukupi. Hal ini juga yang mengharuskan anda, untuk bisa melakukan pemasangan sistem irigasi yang baik dan benar.

Salah satu tips untuk membuat sistem irigasi yang benar, adalah membuat aliran air semakin lancar untuk bisa membuat tanaman tetap lembap dan tumbuh segar. Untuk membuatnya, anda bisa memanfaatkan pipa PVC atau bahkan paralon, dan pastikan memiliki daya rekat yang memang sudah terbukti kuat.

Tanaman Hias Tempel Dinding - 2020
  • Menyambungkan pupuk ke sumber

Untuk tetap menjaga tanaman hias tempel dinding anda tumbuh dengan segar dan juga subur, dalam hal ini jangan melupakan kebutuhannya akan pupuk ya! Pasalnya pupuk memang menjadi salah satu cara, menjaga tumbuhan hidup sehat. Jenis pupuk saat ini juga sangat mudah ditemukan dan beragam.

Bahkan anda dapat menemukan pupuk dengan bentuk cair, dimana sangat cocok digunakan atau diberikan untuk tanaman vertikal. Dalam hal ini untuk pemberian pupuk, anda bisa memberikan pada sumber airnya secara langsung. Cara ini tentunya akan lebih memudahkan anda dalam memberikan pupuk tanaman.

Tanaman Hias Tempel Dinding - 2020

Bagaimana, mudah bukan dalam membuat tanaman hias tempel dinding? Apakah anda tertarik? Cobalah untuk membuat hunian anda menjadi lebih indah dan rindang, dengan memiliki tanaman vertikalini. Bukan hanya mudah dalam membuatnya, namun banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan loh. Baca juga: Tanaman Hias Daun Indoor Outdoror yang Bagus


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *