Tanaman Hias Daun Lebar Gelombang Cinta Anthurium

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mempercantik halaman rumah anda adalah dengan menanam tanaman hias daun lebar.Tanaman hias sendiri bisa menjadi solusi terbaik untuk anda yang menginginkan halaman rumah yang tampak lebih segera. Ada berbagai macam tanaman hias yang bisa anda pilih untuk mempercantik halaman tersebut.

Salah satunya adalah dengan menggunakan tanaman-tanaman hias dengan daun yang lebar. Ada banyak tanaman hias yang memiliki daun yang lebar tersebut. Salah satunya adalah gelombang cinta. Tanaman ini sendiri memang sempat popular beberapa tahun silam. Kendati demikian, tanaman ini masih bisa menjadi pilihan terbaik untuk melengkapi halaman rumah anda.

advertisement

Untuk menanam atau budidaya tanaman ini sendiri sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan. Ada beberapa metode yang bisa anda pilih untuk melakukan penanaman gelombang cinta ini sendiri. Salah satunya adalah melalui biji dan dengan menggunakan metode split. Untuk anda yang akan melakukan budidaya salah satu tanaman hias daun lebarini maka anda wajib untuk menyimak ulasan dibawah ini.

Cara Budidaya Tanaman Hias Daun Lebar Gelombang cCinta

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya apabila budidaya tanaman gelombang cinta ini sendiri tidaklah sulit seperti yang anda bayangkan. Kendati demikian bagi anda yang baru pertama kali akan menanam tanaman yang satu ini, maka anda perlu untuk memperhatikan cara dibawah ini untuk menanam gelombang cinta ini.

Pilih cara untuk memperbanyak gelombang cinta

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya apabila proses budidaya tanaman ini sendiri bisa dilakukan dengan dua cara yakni melalui biji maupun dengan menggunakan teknik split. Untuk anda yang akan memperbanyak melalui biji maka anda bisa mengambil biji gelombang cinta yang sudah tua dimana biasanya akan berjatuhan. Disinilah, anda bisa menanamnya di media semai dengan menggunakan pot yang kecil.

Sedangkan untuk anda yang ingin menggunakan metode split maka bisa melakukan pemotongan atau pemisahan gelombang cinta dengan kondisi yang baik. perhatikan juga pisau yang anda gunakan untuk memotong tanaman gelombang cinta tersebut dimana harus steril.

Pemilihan pot yang tepat

Berikutnya adalah pemilihan pot yang tepat. setelah bibit dari gelombang cinta sudah mulai muncul, maka yang perlu anda lakukan adalah memindahkan bibit-bibit tersebut ke dalam wadah yang lebih besar. Disinilah, pentingnya untuk memilih pot yang tepat baik itu jenisnya maupun ukurannya.

Apabila anda memilih pot plastik maka pastikan pot tersebut ringan dan mudah untuk digunakan. Pot jenis ini pun juga relative lebih murah dibandingkan dengan jenis pot tanah. Biasanya semakin besar pot yang anda pilih maka tanaman ini pun juga bisa berkembang dengan baik.

Media tanam untuk gelombang cinta

Cara budidaya gelombang cinta yang berikutnya adalah dengan memperhatikan media tanam yang digunakan. Untuk media tanamnya bisa menggunakan pasir, humus atau pupuk kandang. Bukan hanya itu saja, anda juga bisa memberikan pecahan genteng pada bagian bawah pot.

Anda bisa langsung memasukkan bibit gelombang cinta hingga menutupi akarnya dengan menggunakan media diatas. Hal ini berguna agar gelombang cinta tetap mendapatkan sirkulasi udara yang baik.

Lokasi budidaya

Anda sebaiknya juga harus memperhatikan lokasi budidaya tanaman yang satu ini. Ada baiknya anda menanam gelombang cinta ini di lokasi yang teduh sehingga tidak akan menyebabkan tanaman gelombang cinta tersebut menjadi layu akibat terpapar sinar matahari yang berlebihan.

Cara merawat tanaman gelombang cinta

Jika anda sudah mengetahui bagaimana budidaya dari tanaman hias daun lebarini maka anda juga harus mengetahui bagaimana cara merawat gelombang cinta ini. Langsung saja simak ulasan dibawah ini.

– Gantilah pot secara berkala

Apabila tanaman gelombang cinta yang anda miliki sudah tumbuh subur maka sebaiknya anda mengganti pot tersebut secara berkala. Hal ini tidak lain karena ukuran gelombang cinta yang semakin besar juga membutuhkan ukuran pot yang lebih besar juga. Hal ini pun berguna agar tunas-tunas baru yang tumbuh bisa mendapatkan oksigen dan bisa tumbuh subur juga

– Memberikan asupan sinar matahari pada pagi

Seperti yang sudah kita ketahui apabila sinar matahari memang sangat penting bagi tumbuhan. Walaupun sinar matahari ini tidak terlalu menyukai sinar matahari maka sebaiknya anda tetap memberikan kebutuhan sinar matahari pada pagi hari. Hal ini berguna untuk membantu pembentukan zat hijau atau klorofil agar tetap aktif.

Anda bisa mencoba untuk mengangkat tanaman anda tersebut ke dalam ruang terbuka selama 15 menit hingga satu jam dibawah sinar matahari pagi. Untuk melakukannya disarankan 1 minggu sekali untuk mempertahankan warna hijaunya.

– Jangan lupa berikan pola penyiraman yang benar

Jangan lupa juga untuk merawat gelombang cinta ini sendiri anda harus memberikan pola penyiraman yang benar. Seperti untuk hari-hari biasa anda bisa menyiramkan sehari sekali. Tetapi apabila cuacanya sedang kemarau, anda bisa memberikan air sebanyak 2 kali sehari. Kendati demikian, jangan sampai proses penyiraman tersebut membuat wadahnya menjadi basah.

– Memberikan nutrisi pupuk

Agar tanaman gelombang cinta yang anda tanam tersebut bisa berkembang dengan baik maka jangan sampai lupa untuk memberikan nutrisi berupa pupuk untuk tanaman anda tersebut. Anda bisa menggunakan pupuk NPK dengan takaran sebanyak 2 gram/liter air. Jangan lupa untuk melarutkan pupuk NPK terlebih dahulu.

Mengenal lebih dekat nama latin Gelombang Cinta

Tanaman gelombang cinta atau nama latinya adalah anthurium/adenium ini sendiri merupakan tanaman hias tropis yang memang menjadi salah satu tanaman yang memiliki daya tarik tersendiri. hal ini tidak lain karena daun dari tanaman ini pun cukup unik. Terlebih lagi bunganya yang cukup indah. Anthurium ini sendiri merupakan bunga asli Indonesia.

Di Indonesia sendiri, anda bisa menemukan kurang lebih 7 jenis anthurium seperti anthurium cyrstalinum, anthurium pedato radiatum, anthurium andreanum, anthurium hibridum, anthurium makrolobum serta scherzerianum. Ukuran dari daun tanaman ini sendiri panjang meruncing. Permukaan hijau mengkilap juga menjadi ciri khas dari tanaman gelombang cinta ini.

Harga Tanaman Gelombang Cinta

Untuk anda yang tengah mencari harga tanaman gelombang cinta ini, anda tidak perlu khawatir karena tanaman yang satu ini kini dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Walaupun tanaman ini pernah menjadi tanaman yang mahal bahkan mencapai ratusan ribu, tetapi kini anda tidak perlu khawatir. Karena di pasaran tanaman ini dijual degan harga dibawah 50 ribu atau tergantung dengan ukuran gelombang cinta tersebut.

Ternyata bukan hanya itu saja, bunga gelombang cinta ini sendiri juga memberikan banyak manfaat loh seperti bisa menyegarkan udara didalam ruangan menjadi lebih segar, sebagai hiasan untuk rumah, sebagai hobi untuk mengisi waktu luang dan untuk penghilang stress.

Mudah bukan cara budidaya tanaman hias daun lebaryang satu ini. Selain itu, proses untuk perawatan tanaman ini pun juga mudah untuk dilakukan. Disamping itu, tanaman ini juga memiliki banyak manfaat. Baca juga: 15 Tanaman Hias Daun Indoor dan Outdoor yang Mudah Dirawat

advertisement