5 Tanaman Polybag yang Menguntungkan & Cepat Menghasilkan

Tanaman polybag yang menguntungkan dan cepat menghasilkan. Anda hobi bercocok tanam? Bercocok tanam atau berkebun sering dilakukan oleh masyarakat khususnya pedesaan karena mayoritas dari mereka memiliki lahan yang luas dan dapat ditanami berbagai macam tanaman.

Tanaman Polybag yang Menguntungkan
Tanaman Polybag yang Menguntungkan

Meski begitu, bercocok tanam ternyata tak hanya bisa dilakukan di lahan yang luas saja, namun dengan lahan yang minim pun bercocok tanam dapat dilakukan. Hanya dengan bermodalkan polybag saja, anda sudah bisa melakukan kegiatan bermanfaat yang dapat menyelamatkan bumi ini.

Namun tak hanya itu, kegiatan bercocok tanam ternyata juga bisa anda jadikan ladang bisnis menguntungkan. Dengan modal minim ternyata dapat menghasilkan untung berlipat, penasaran? Temukan apa saja tanaman polybag yang menguntungkan dalam artikel ini.ย 

Daftar Tanaman Polybag yang Menguntungkan dan Minim Lahan

Bawang Merah

Siapa bilang bawang merah hanya bisa ditanam di lahan yang luas, bahkan hanya dengan polybag, anda juga bisa menanam bumbu masak yang satu ini. Menanam bawang merah sendiri tentu sangat menguntungkan bagi anda, caranya pun tak sulit. Disamping untuk konsumsi pribadi, anda juga bisa menjual bawang merah hasil budidaya anda.

Karena sering terjadi kenaikan harga bawang merah yang melonjak tinggi, akan sangat menguntungkan jika anda dapat menjual bawang merah hasil budidaya sendiri dan untung yang didapat juga pasti tidaklah sedikit.

Cabe Rawit

Tanaman selanjutnya adalah cabe. Bagi anda pecinta makanan pedas tentu kehadiran cabe menjadi hal yang penting dalam masakan anda. Daripada menghabiskan banyak uang hanya untuk membeli cabe setiap harinya, bagaimana jika anda menanam cabe sendiri di rumah. Menanam cabe menggunakan polybag memang membutuhkan ketelitian dan teknik yang tepat.

Namun jika anda sukses membudidayakan cabe, untung yang bisa didapat saat menjual cabe-cabe anda tentu bisa berkali-kali lipat dari modal yang sudah anda keluarkan. Cabe merah keriting dan cabe rawit merupakan contoh cabe yang bisa anda tanam karena sudah pasti dibutuhkan oleh banyak orang.

Tomat

Buah yang satu ini juga banyak dibutuhkan banyak orang, sekedar untuk dikonsumsi dalam bentuk jus maupun dimakan langsung, dan tak jarang pula digunakan sebagai campuran dalam membuat sambal. Membudidayakan tomat dalam polybag sangat menguntungkan karena tomat dapat dengan mudah dikembangbiakkan dan dapat dipanen dalam waktu cepat.

Paprika

Tanaman polybag yang menguntungkan selanjutnya adalah paprika. Paprika dapat anda jadikan pilihan karena paprika memiliki harga yang cukup mahal di pasaran dan termasuk sayuran kelas menengah atas. Memang membudidayakan paprika gampang-gampang sulit, karena tanaman ini sensitif dengan alam dan sebaiknya harus anda jaga dengan baik jangan sampai terkena air hujan.

Namun jika anda sukses membudidayakan paprika dalam polybag, selain bisa anda konsumsi sendiri, untung yang anda dapatkan jika anda menjual paprika bisa berkali-kali lipat dari keuntungan anda menjual cabe.

Tanaman Polybag yang Menguntungkan

Herbal

Pernah berfikir menanam bumbu dapur seperti jahe, kunyit, daun mint, dan tanaman herbal lainnya di rumah? Membudidayakan tanaman herbal tentu sangat menguntungkan karena selain dapat tumbuh dengan cepat, tanaman ini sering anda gunakan sebagai bumbu dalam masakan. Jika anda jual pun keuntungannya cukup lumayan, karena anda hanya membutuhkan modal sedikit.

Tanaman Polybag yang Menguntungkan

Keuntungan Menggunakan Polybag

Jika anda masih merasa ragu apa saja keuntungan bercocok tanam menggunakan polybag, berikut keuntungan yang bisa anda dapatkan.

  • Perawatannya tidak sesulit menanam di lahan luas.
  • Biaya yang dikeluarkan lebih sedikit karena harga polybag lebih murah dibandingkan dengan harga pot.
  • Menghemat lahan dan ruang.
  • Mudah dipindahkan ke segala tempat.
  • Pengontrolan lebih jelas pada masing-masing tanaman.
  • Dapat menyediakan ruang tumbuh untuk akar dan dapat digunakan sebagai penopang bagi tanaman.
  • Dapat dibudidayakan kapan saja karena tidak mengenal musim.
  • Tanaman dapat terhindar dari banjir.
  • Tanaman dapat terbebas dari hama dan penyakit.
  • Nutrisi yang anda berikan pada tanaman dapat langsung diserap dengan mudah oleh akar tanaman.
  • Anda dapat dengan mudah mengatur komposisi media tanam.

Sayuran yang Mudah Ditanam dan Cepat Panen

Berikut ini adalah sayuran yang budidaya mudah dan bisa dipanen dengan cepat.

Sawi Hijau

Sayuran yang satu ini mudah ditanam dan dapat anda panen dengan cepat hanya dalam waktu 30 sampai 60 hari saja. Bahkan sawi hijau bisa anda tanam meskipun tidak terdapat sinar matahari yang cukup.

Bayam

Menanam bayam sangat menguntungkan disamping bermanfaat bagi tubuh, waktu panennya juga sangat cepat. Sayuran ini bisa anda panen hanya dalam waktu kurang lebih 25 hari setelah masa tanam, dan dapat anda panen setiap 5 hari berikutnya.

Kangkung

Hampir sama seperti sawi hijau, kangkung dapat anda panen kurang lebih 30 sampai 40 hari setelah masa tanam. Anda pun bisa memanen ulang tanaman ini, atau bisa langsung anda cabut sampai ke akarnya karena kangkung merupakan jenis sayuran rambat.

Lobak

Lobak juga termasuk salah satu sayuran yang mudah ditanam dan dapat dipanen dengan cepat, karena lobak tidak membutuhkan lahan yang luas karena sayuran ini memiliki akar dangkal. Lobak akan tetap tumbuh dengan baik meskipun anda tanam dalam wadah yang kecil, dan dalam waktu 25 sampai 60 hari sudah bisa dipanen.

Itu tadi 5 tanaman polybag yang menguntungkanyang bisa ditanam dan dapat anda jadikan ladang bisnis. Bagaimana, anda tertarik? Atau mungkin ada sebagian dari anda yang sudah mencoba dan sukses besar. Karena โ€œsharing is caringโ€, apa tips jitu anda agar budidaya tanaman polybag sukses besar dan mendatangkan untung yang berlipat? Baca juga: Tanaman Hias Daun Indoor dan Outdoor