Contoh Biografi Diri Sendiri Lengkap Bahasa Indo & Inggris

Contoh biografi diri sendiri kali ini bisa membantu kamu khususnya yang masih sekolah atau kuliah untuk membuat perjalanan hidup, riwayat atau pengalaman pribadi.

Contoh Biografi Diri Sendiri Terlengkap Pakai Bahasa Indo dan Inggris!

Riwayat atau pengalaman ini dituangkan dalam sebuah tulisan, bisa berupa penulisan singkat maupun panjang dan padat hingga menjadi sebuah buku.

Isi dari biografi atau autobiografi bisa bermacam-macam, mulai dari momen-momen kesedihan, kegagalan, hingga momen bahagia dan menyenangkan. Bisa pula mengenai riwayat perjalanan hidup dari lahir hingga usia remaja/ dewasa.

Perbedaan biografi dan autobiografi

Mungkin kamu belum tahu apa sih sebenarnya perbedaan biografi dengan autobiografi. Sebetulnya kedua hal ini tidak jauh berbeda, hanya saja yang membedakan adalah dari siapa yang menulisnya. Biografi adalah cerita hidup yang ditulis oleh ‘orang lain’. Sementara autobiografi merupakan cerita hidup seseorang yang ditulis oleh ‘diri sendiri’.

Lebih jelasnya berikut ini perbedaan dari biografi dengan autobiografi dari segi:

  • Penulis:

Biografi ditulis oleh orang lain, sedangkan autobiografi ditulis oleh diri sendiri.

  • Tujuan penulisan:

Biografi biasanya ditulis dengan tujuan untuk memberikan informasi ke orang lain. Sedangkan autobiografi bisa dipakai untuk memberikan informasi maupun hanya sekedar mengekspresikan perasaan pribadi.

  • Gaya bahasa:

Gaya bahasa yang digunakan dalam penulisan biografi umumnya orang ketiga, sedangkan autobiografi orang pertama.

  • Ijin:

Dalam menulis biografi, terutama jika ingin menulis riwayat orang lain maka bisa mengajukan ijin maupun tidak. Sementara itu, karena autobiografi ditulis oleh diri sendiri, ijin tidak perlu digunakan.

  • Data:

Dalam menulis biografi, data yang dikumpulkan dari berbagai macam narasumber seperti berita, teman, keluarga, kenalan, dll. Sementara autobiografi ditulis berdasarkan pengalaman pribadi.

Contoh Biografi Diri Sendiri Lengkap Bahasa Indo & Inggris

Nah, kali ini kami ingin memberikan contoh-contoh serta bagaimana membuat biografi untuk diri sendiri. Biografi untuk diri sendiri ini bisa digunakan untuk memberikan informasi kepada orang lain. Entah itu untuk tugas sekolah maupun kuliah, melamar magang/ pekerjaan, maupun ingin memperkenalkan diri ke khalayak ramai lewat media sosial atau internet.

Cara membuat biografi untuk diri sendiri

Kalau kamu ingin menulis biografi untuk diri sendiri, maka bisa diawali dengan memahami struktur teks biografi yang terdiri dari:

  • Orientasi: Orientasi berisi tahapan pengenalan diri sendiri atau suatu tokoh yang menjadi gambaran awal.
  • Masalah/ peristiwa: Pada tahap ini bisa dituliskan peristiwa atau kejadian yang dialami oleh diri sendiri alias pengalaman hidup yang pernah kamu alami. Bisa banyak hal seperti momen menyenangkan, sedih, proses berkarir, pemecahan masalah, dan peristiwa lainnya.
  • Reorientasi: Tahap ini merupakan bagian penutup, kamu dapat mengisinya dengan pandangan pribadi mengenai perjalanan atau riwayat yang sudah kamu ceritakan.
    Jika kamu menulis tentang tokoh lain, maka kamu juga dapat menulis pandanganmu terhadap tokoh yang dikisahkan. Bagian ini hanyalah opsional saja.

Untuk lebih mudahnya, kamu dapat menulis biografi diri sendiri dengan 4 tips di bawah ini:

  • Ingat peristiwa/ momen penting

Coba ingat-ingat kamu memiliki peristiwa penting apa semasa hidup. Tuliskan momen atau peristiwa tersebut serta detailnya. Misalnya kapan hal itu terjadi dan siapa saja orang yang hadir atau berhubungan langsung dengan peristiwa tersebut.

  • Catat tiap karakter

Mungkin dalam momen-momen yang ingin kamu tuliskan melibatkan karakter orang lain yang ingin kamu masukkan ke biografi diri sendiri. Jangan lupa untuk mencatatnya dan bagaimana karakter tersebut berpengaruh dalam momen atau perjalanan hidupmu.

  • Buat kerangka karangan

Untuk mempermudah penulisan biografi, buatlah suatu kerangka dasar secara rapi. Buat kerangka berdasarkan poin 1 dan 2 di atas secara rapi supaya menghasilkan cerita yang berurutan dari kecil sampai sekarang.

Buat kerangka karangan
  • Mulailah menulis

Terakhir, jelas kamu harus mulai menuliskan biografimu. Tentukan gaya penulisanmu misalnya kamu ingin menulis dengan gaya serius, humoris, bersemangat, atau dramatis. Tulislah dengan jujur karena biografi bukanlah karangan fiksi.

Kamu dapat menuliskan biografi dari masa kecil, dilanjutkan masa-masa remaja hingga masa kuliah sampai dewasa ini. Contohnya perjalanan hidupmu dalam menempuh pendidikan, hubungan, karir, dan peristiwa besar serta penting lainnya. Kamu dapat membangun tulisan yang disertai konflik dan ketegangan, supaya yang membaca tidak bosan dengan tulisanmu ya.

Contoh biografi diri sendiri yang singkat untuk tugas sekolah

Jika kamu diminta membuat biografi diri sendiri untuk tugas sekolah/ kuliah, maka biasanya diawali dengan perkenalan diri sendiri seperti tempat dan tanggal lahir, keluarga serta keadaan di masa kecil. Setelah itu dilanjutkan dengan momen yang tidak terlupakan dan ditutup dengan keadaan maupun cita-citamu saat ini. Berikut ini ada contohnya:

  • Contoh biografi singkat

Namaku adalah Sulistia Putri dan biasanya dipanggil Putri. Saat ini aku sudah menginjak usia 17 tahun dan sedang menjalani pendidikan di SMA Beringin Jakarta. Aku lahir di kota Yogyakarta pada tanggal 8 Maret 2003 dan aku merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara.

Keluargaku pindah ke Jakarta di saat aku berusia 5 tahun. Saat ini ayahku yang bernama Wirawan mengajar sebagai seorang guru di salah satu SMP ternama di Jakarta. Sedangkan ibuku sendiri juga bekerja di bidang pendidikan sebagai guru TK sama seperti ayah.

Saat memasuki pendidikan SD, aku teringat nasihat ayah yang mengatakan untuk mencapai pendidikan dan ilmu setinggi langit. Ayah dan ibuku memiliki gaji yang pas-pasan, namun mereka tidak pernah menyerah untuk membiayai sekolah dan pendidikan anak-anaknya.

Aku masih ingat sering dijuluki sebagai ‘Kutu Buku’ oleh teman-teman sewaktu SMP, karena setiap pulang sekolah pasti aku pergi ke perpustakaan untuk meminjam berbagai buku pelajaran dan pengetahuan. Aku ingin memberikan hasil yang membanggakan untuk kedua orang tua saya.

Aku percaya proses dan kerja keras tidak akan pernah mengecewakan hasil yang didapat. Saat SMP pun, aku berhasil memenangkan lomba Olimpiade tingkat SMP di Jakarta. Sebagai individu, aku sangat senang karena berhasil meraih kemenangan ini. Itu pun mempermudahku untuk masuk ke SMA sekarang tanpa perlu mengikuti tes.

Meski saat ini masih kelas 2 SMA, namun aku masih terus berusaha untuk menyeimbangkan diri antara membantu keluarga dengan studi. Impianku adalah mendapatkan beasiswa penuh untuk bisa masuk ke universitas Negeri sehingga ayah dan ibu tidak perlu lagi memusingkan biaya pendidikan anaknya. Semoga impianku ini bisa terkabul dengan segala kesempatan dan karunia yang diberikan oleh Allah SWT.

———–

Jika dicermati, urutan penulisan biografi diatas adalah:
Data Diri >> Profil Keluarga >> Riwayat Sekolah+Caption Pepatah >> Tujuan/Harapan

Contoh biografi yang panjang untuk anak kuliah

Contoh biografi yang panjang untuk anak kuliah

Kamu juga bisa menuliskan biografi yang cukup panjang untuk tugas kuliah ataupun sekedar mengekspresikan diri sendiri. Tidak jarang ada beasiswa maupun tempat magang yang juga mensyaratkan agar pelamarnya membuat sebuah biografi diri sendiri, berikut contohnya:

  • Contoh biografi panjang

Nama Saya Bella Nurhasanah, saya lahir pada tahun 1997 di Yogyakarta. Saya merupakan anak sulung dari dua bersaudara. Ibu saya bernama Santi Wirawati, seorang single mother yang sampai saat ini selalu berjuang membiayai kebutuhan hidup dan biaya pendidikan untuk anak-anaknya.

Semasa SMA, saya sangatlah aktif di lingkungan organisasi OSIS sebagai sekretaris serta bendahara saat kelas 2 dan kelas 3. Di lingkungan tersebut, saya dibentuk dan diajarkan untuk memiliki kerja sama yang baik dengan siswa-siswa lainnya serta bagaimana mengatur berbagai macam kegiatan kepanitiaan yang benar. Saya pun diajarkan untuk bisa memiliki pribadi yang toleran akan perbedaan pendapat.

Meski saya bergabung di organisasi siswa SMA, namun saya masih terus berupaya untuk fokus di dalam studi agar dapat memiliki prestasi yang baik. Saat SMA, saya mengikuti Olimpiade bahasa Inggris serta Matematika di tingkat Nasional. Alhamdullilah, saya berhasil meraih peringkat juara kedua serta juara harapan I di Olimpiade tersebut. Saya juga lulus dengan nilai terbaik saat SMA dengan meraih peringkat 2 terbaik di sekolah untuk Nilai Ujian Nasional.

Dan kini setelah saya memasuki Universitas Negeri, saya masih terus terlibat aktif di dalam organisasi kemahasiswaan. Event terbaru yang saya ikut terlibat sebagai panitia adalah Seminar Komunikasi bersama panitia UKM lainnya. Di sana kami telah sukses melaksanakan acara untuk 2 hari berturut-turut.

Memasuki semester 3 ini impian saya adalah bisa mendapatkan beasiswa penuh agar dapat meringankan beban ibu saya. Sampai sekarang pun saya membantu usaha dagang ibu saya sebagai pedagang di toko kelontong. Saya berusaha untuk menjual barang-barang ibu saya secara online. Tentunya saya tetap fokus belajar untuk mendapatkan nilai IPK yang terbaik dan di semester 1 serta 2, Alhamdullilah saya mendapatkan IPK di atas 3,5.

Saya berharap setelah lulus nanti, saya bisa mendapatkan pekerjaan di bidang komunikasi sesuai dengan jurusan kuliah saya saat ini. Semoga harapan saya ini bisa terkabul sehingga saya bisa membanggakan dan menyenangkan hati ibu saya yang sudah bekerja keras selama ini dari saya kecil.

Contoh biografi singkat untuk diri sendiri dalam bahasa Inggris

Contoh biografi singkat untuk diri sendiri dalam bahasa Inggris

Buat kamu yang merasa kesusahan menulis biografi diri sendiri dalam bahasa Inggris. Berikut ini kami bantu dengan memberikan contohnya secara singkat:

  • Contoh biografi singkat dalam bahasa Inggris

My name is Sita Nur Haryati and I was born on January 5th, 1998 in Bogor. I am the second daughter of Pratikto Haryadi, a teacher in Mekarsari High School and my mother Rumanah, who is a house wife. I have two younger sisters who are now 17 years old and 14 years old. I live at Jalan Margonda Raya no 62, Depok City, West Java.

I graduated from elementary school of SDN Babakan Bogor, Bogor City in 2010. And then I continued my study in SMP Negeri 1, Bogor City until I was graduate in 2013. After that I register in SMA Negeri 2, Bogor City and graduated in 2016. On 2016, I decided to study in one of the most famous Universities in Indonesia. I registered as a student in Universitas Indonesia (UI) and took English Studies Program in Faculty of Humanities. That’s why I moved from Bogor to Depok on the same year.

I also have been studying in Islamic Boarding School since 2017 until now. I study many things to improve my knowledge about Islamic religion.

Contoh Biografi Tokoh Dunia

Biografi Singkat dalam Bahasa Inggris Jef Bezos Orang Terkaya No1 Dunia
Biografi Singkat dalam Bahasa Inggris Jef Bezos Orang Terkaya No1 Dunia

baca juga: Kata-kata Positive untuk Diri Sendiri

Itulah beberapa contoh biografi diri sendiri baik dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang semoga bisa membantu kamu semua menulis biografi yang menarik dan bagus. Semoga bermanfaat ya.