Rekomendasi 4 Sekolah Tepat untuk Pilot yang Kompeten

Anda sedang mencari info Sekolah Tepat untuk Pilot? Saat ini di Indonesia sudah ada 11 sekolah yang menyediakan pendidikan untuk menjadi pilot pesawat terbang. Memilih sekolah yang tepat merupakan suatu hal yang sangat penting bagi kamu yang ingin menjadi pilot.

Sekolah yang Tepat untuk Pilot sekolah tepat untuk pilot

Di dalam sekolah ini akan diajarkan beberapa teknik mengemudi pesawat terbang yang akan dipandu oleh pilot profesional. Selain teori, akan diajarkan pula bagaimana cara mengemudikan pesawat secara langsung, baik menggunakan simulator pesawat terbang ataupun praktek lapangan.

Dalam memilih sekolah yang tepat untuk menjadi pilot, pastikan bahwa sekolah tersebut memiliki kerjasama dengan salah satu maskapai penerbangan yang ada di Indonesia.

advertisement

MoU atau kerjasama antara sekolah dengan pihak penerbangan merupakan suatu hal yang penting agar ketika telah menyelesaikan pendidikan di sekolah penerbangan tersebut, kamu bisa langsung bekerja di maskapai yang bekerja sama dengan sekolahmu.

Memilih sekolah pilot yang tidak bekerjasama dengan maskapai penerbangan, membuat kamu beresiko menjadi pengangguran ketika lulus. Saat ini banyak sekali orang yang memiliki lisensi pilot tetapi belum bisa mendapatkan pekerjaan yang dicita-citakannya tersebut.

List Sekolah Tepat Untuk Menjadi Pilot yang Recommended

Berikut ini adalah beberapa sekolah penerbangan yang tepat untuk kamu yang ingin menjadi pilot profesional.

sekolah tepat untuk pilot

1. Politeknik Penerbangan Indonesia Curug (PPI Curug)

PPI Curug Merupakan sekolah kedinasan yang berada dibawah naungan Kementrian Perhubungan Republik Indonesia. Bisa dibilang sekolah ini yang paling tepat bagi kamu yang ingin menjadi pilot.

Mayoritas lulusannya akan disalurkan kemenhub ke maskapai penerbangan yang ada. PPI Curug tercatat memiliki kerja sama dengan Garuda Indonesia, PT Dirgantara Indonesia dan AirNav Indonesia.

Sekolah ini berlokasi di sekitar Bandara Udara Budiarto, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Ia memiliki lahan yang cukup luas sebagai tempat berlatih, yaitu mencapai 545 ha. Fasilitas yang disediakan di PP Curug terbilang paling lengkap dibandingkan sekolah penerbangan lainnya.

Setiap tahunnya sekolah ini meluluskan sekitar 20 siswa yang akan disalurkan untuk bekerja sesuai jurusannya. Terdapat 4 jurusan yang ada di sekolah ini yaitu penerbangan, teknik pesawat udara, manajemen penerbangan dan keselamatan penerbangan.

advertisement

Untuk bisa masuk ke sekolah ini, persaingannya cukup ketat ya. Kamu harus bisa bersaing dengan puluhan ribu orang yang ingin mendaftar ke sekolah yang dibiayai pemerintah ini.

sekolah tepat untuk pilot

2. Bali International Flight Academy (BIFA)

Sekolah ini bisa dijadikan alternatif bagi anda yang tidak diterima di PPI Curug. Ada dua hal mengapa saya merekomendasikan BIFA, yang pertama adalah karena BIFA memiliki kerjasama dengan salah satu maskapai penerbangan yang masih aktif, yaitu Garuda Indonesia.

Maklum saja, sekolah ini memang didirikan oleh salah satu mantan Direktur Utama maskapai penerbangan berplat merah tersebut.

Alasan kedua memilih BIFA adalah karena sekolah yang berada di sekitar Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap.

Kompleks sekolah penerbangan yang dibangun di lahan seluas 7 hektar ini telah menggunakan standar internasional dalam pengoperasiannya. Beberapa fasilitas yang disediakan diantaranya adalah Computer Based Training, simulator pesawat terbang dan pesawat latih terbang.

sekolah tepat untuk pilot deraya flying school

3. Deraya Flying School (DFS)

DFS merupakan sekolah penerbangan yang sudah cukup lama berdiri, yaitu sejak tahun 1972. DFS memang tidak memiliki kerjasama dengan maskapai penerbangan yang ada di Indonesia, akan tetapi fasilitas yang disediakan di sekolah ini cukup lengkap.

Selain itu, banyak alumni dari DFS yang sukses mendapatkan pekerjaan di maskapai penerbangan yang masih aktif saat ini. Pengajar di sekolah ini memiliki berbagai macam latar belakang, ada yang merupakan pilot pesawat tempur, pengajar di Sekbang TNI AU ataupun seorang pilot senior yang masih aktif.

DFS memiliki Simulator pesawat Terbang Frasca 142 yang bisa digunakan untuk belajar menerbangankan pesawat secara simulasi. Setelah dirasa mahir, para siswa dari DFS kemudian dapat mulai mengemudikan pesawat sungguhan.

Tercatat, sekolah ini memiliki 8 buah pesawat yang biasa digunakan untuk latih terbang para siswanya. Sekolah ini berada di solo, yang hanya berjarak 10 menit dari bandara Adi Sumarmo. Biasanya para siswanya juga melakukan latih terbang di bandara tersebut.

sekolah tepat untuk pilot aero flying institite

4. Aero Flyer Institute (AFI)

Aero Flyer Institute (AFI) merupakan sekolah yang baru didirikan pada tahun 2006. Sekolah ini berada di bawah naungan Batavia Air, sehingga para lulusannya mempunyai peluang kerja yang besar untuk diterima di maskapai tersebut.

Sekolah yang berada di Komplek Bandara Udara Budiarto, Kabupaten Tangerang ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Tercatat AFI memiliki 11 pesawat latih dan 3 simulator penerbangan. Selain itu terdapat juga laboratorium dan perpustakaan yang dapat menunjang siswanya untuk menjadi seorang pilot yang handal.

Itulah 4 sekolah penerbangan yang saya rekomendasikan untuk anda yang ingin menjadi pilot. Memang masih ada 7 sekolah penerbangan lain yang bisa anda pilih, hanya saja menurut saya dari track record lulusannya keempat sekolah inilah yang paling tepat untuk anda pilih. Ingat, buat masa depan kok coba-coba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *