Hari Baik Membeli Motor Menurut Hitungan Weton Jawa

Saat ingin membeli kendaraan seperti motor maka ada kepercayaan yang namanya menghitung hari baik membeli motor. Kepercayaan membeli kendaraan di hari yang baik berhubungan dengan rejeki, musibah dan keselamatan. Hal ini dapat dilakukan dengan perhitungan neptu weton Jawa yaitu menggunakan jumlah neptu hari biasa dan hari pasaran menurut perhitungan Jawa.

Hari Baik Membeli Motor Menurut Hitungan Weton Jawa - hari baik membeli motor

Memang sebuah musibah atau keselamatan itu juga berhubungan dengan cara kita berkendara. Akan tetapi tidak ada salahnya mencari hari baik untuk membeli motor atau kendaraan lainnya.

Apalagi jika kendaraan tersebut dipakai untuk usaha, maka Anda yang yakin dapat mencari hari baik yang membawa keberuntungan. Berikut cara menentukan hari baik saat akan beli motor.

Hitungan hari baik membeli motor menurut weton Jawa

  1. Pertama melihat jumlah neptu orang yang akan membeli kendaraan motor tersebut berdasarkan hitungan weton Jawa. Pedoman neptunya sendiri yaitu:
  2. Neptu hari biasa: Senin (4), Selasa (3), Rabu (7) Kamis (8), Jumat (6), Sabtu (9) dan Minggu (5).
  3. Neptu hari pasaran: Kliwon (8), Legi (5), Pahing (9), Pon (7) dan Wage (4).
  4. Contohnya Pak Wahyu lahir pada hari Minggu Legi dan ingin membeli motor pada Selasa Legi.
  5. Hitung terlebih dahulu jumlah neptu kelahiran Pak Wahyu sehingga didapat hasil 10 dari jumlah neptu Minggu 5 ditambah neptu Legi 5.
  6. Hitung jumlah neptu hari untuk membeli motor sehingga didapat hasil 8 dari jumlah neptu Selasa 3 ditambah neptu Legi 5.
  7. Totalkan jumlah neptu hari kelahiran Pak Wahyu dan jumlah neptu hari beli motor kemudian dibagi 7 dan sisanya akan didapatkan firasat hari membeli kendaraan. Dari perhitungan neptu di atas didapatkan angka 18 dari jumlah neptu hari lahir Pak Wahyu 10 + jumlah neptu hari beli motor 8.
  8. Setelah itu total angka 18 dibagi 7 dan didapatkan sisa 4 yang berarti SUMUR SINAMBA, dimana wataknya membawa keselamatan dan kenyamanan sehingga sangat hari baik bagi Pak Wahyu untuk beli motor benar adalah Selasa Legi.

Berikut ini firasat hari membeli kendaraan berdasarkan Weton Jawa lengkap:

  • Sisa 1 (WASESO SEGORO): Wataknya memberi keselamatan dan keberuntungan.
  • Sisa 2 (SATRIA WIBAWA): Wataknya membawa keselamatan.
  • Sisa 3 (TUNGGAK SEMI): Wataknya membawa kewibawaan sayang akan sering dapat masalah.
  • Sisa 4 (SUMUR SINABA): Wataknya membawa keselamatan serta kenyamanan.
  • Sisa 5 (SATRIA WIRANG): Wataknya bisa membawa musibah fatal sehingga begitu buruk.
  • Sisa 6 (BUMI KAPETAK): Wataknya membawa kesialan dan kerusakan sehingga begitu buruk.
  • Sisa 7 (LEBU KETIUP ANGIN): Wataknya hanya akan menghabiskan harga. 

Menurut watak hari di atas, maka hari paling baik saat membeli motor sebaiknya mencari yang sisa 1, 2, dan 4. Anda boleh percaya atau boleh tidak.

Tips membeli motor bekas

Jika sudah mendapat hari baik beli motor maka perlu juga untuk tahu cara beli motor, khususnya kalau Anda ingin beli motor second alias bekas:

  1. Cek kondisi mesinnya terlebih dahulu seperti bagian gasket, baut, dan lainnya.
  2. Cek suara mesin dan pastikan suaranya masih terdengar normal. Jika suara berisik tidak wajar, maka bisa jadi ada masalah pada mesinnya.
  3. Cek kondisi cat di bodi motor untuk melihat apakah motor pernah jatuh atau tidak.
  4. Cek bagian kaki-kaki untuk membedakan apakah motor bekas itu orisinil. Coba lihat bagian las-lasan seperti rangka garpu atau bawah tangka, apakah pengelasannya rapi dan tipis.
  5. Cek No rangka dan No mesin agar sesuai dengan yang ada di STNK dan BPKB.
  6. Usahakan agar tahun pembuatan motor tidak terlalu tua, misal jika sekarang tahun 2019, maka tahun motor hendaknya 2009 keatas (selisih 10tahun). Tujuan nya adalah apabila Anda butuh dana, maka BPKB masih laku dijadikan jaminan di Koperasi/Bank/Leasing

Jika ingin membeli motor baru, maka Anda juga perlu mengecek bagian-bagian tersebut, seperti pada mesin, kondisi cat tidak cacat, dan masih banyak lagi.

Cara ikut lelang motor leasing

Anda yang tertarik beli motor, bisa beli langsung di showroom motor baru atau bekas. Selain itu, untuk mendapatkan motor lebih murah dapat juga ikut lelang motor leasing. Caranya sebagai berikut:

  1. Mengecek jadwal lelang serta daftar objek kendaraan motor yang ditawarkan.
  2. Datanglah langsung ke tempat lelang untuk melihat dan mengecek motor yang diincar sebelum hari-H lelang.
  3. Membeli NPL (Nomor Peserta Lelang) dan biasanya satu NPL hanya bisa digunakan untuk beli 1 motor. Biasanya Anda juga akan diminta untuk setor jaminan.
  4. Sebelum mengikuti proses lelang, Anda akan diminta registrasi ulang saat di lokasi lelang pada hari-H.

Jika Anda sukses mendapatkan motor bekas atau motor leasing yang diinginkan, maka selanjutnya tinggal melakukan cara balik nama motor di kantor samsat. Biasanya dokumen yang dibutuhkan untuk syarat balik nama motor seperti STNK, KTP, BPKB dan kuitansi beli motor. Semuanya bisa Anda urus sendiri.

Demikian informasi mengenai hari baik membeli motor. Dengan mengetahui berbagai macam hal di atas, dari menghitung hari baik menurut weton Jawa hingga cara mendapatkan motor terbaik, niscaya Anda bisa memperoleh motor terbaik dan juga keselamatan Semoga ulasan kami tentang Hari Baik Membeli Motor bisa bermanfaat. Baca juga : Hari Baik Pindah Rumah