Tanaman Hias untuk Teras Kecil? Inilah Tips nya

Rumah impian memiliki kriteria yang berbeda tergantung selera penghuninya. Beberapa dari mereka ada yang menyukai penggunaan perabotan yang banyak sehingga semua ruangan di rumahnya dibuat luas.

Tanaman Hias untuk Teras Kecil

Ada juga yang menyukai ruangan minimalis sehingga setiap ruangan dimanfaatkan sebaik mungkin termasuk bagian depan dengan meletakkan beberapa tanaman hias untuk teras kecil.

advertisement

Memang, tidak semua memperhatikan teras karena ada yang cukup puas dengan teras yang hanya diisi dua kursi dan meja. Tetapi bagian teras sebenarnya sangat potensial untuk dimanfaatkan agar tampilan rumah lebih cantik dan indah dipandang. Cara yang paling efektif adalah dengan menyulapnya menjadi taman kecil penuh tanaman hijau dan bunga warna-warni.

Cara menata bunga di teras rumah agar mudah tidak harus memiliki teras berukuran luas, lho, karena kalau tidak mengetahui triknya, teras luas sekalipun akan terlihat berantakan penataannya.

Inspirasi untuk Menata Tanaman Hias untuk Teras Kecil Minimalis

Jadi, teras yang kecil pun tidak akan menghalangi Anda untuk berkreasi. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah penentuan jenis tanaman hias dan pemilihan item dekorasi.

Menata tanaman di rak susun

Menggunakan rak susun sangat bermanfaat untuk teras depan rumah yang terbatas karena memberikan ruang lebih sehingga tidak menghalangi jalan lewat.

Sebaiknya pilihlah rak susun yang tidak terlalu tinggi, sekitar dua atau tiga susun saja. Penataan pot tanamannya pun diusahakan agak renggang untuk memberikan ruang daun yang tumbunya menjuntai ke samping.

Tanaman Hias untuk Teras Kecil

Memanfaatkan dinding teras untuk tempat tinggal tanaman

Cara menata bunga di teras rumah lainnya adalah dengan memanfaatkan dinding untuk membuat taman vertikal. Terdapat dua item yang dapat digunakan yaitu kayu dan besi penyangga.

Pot-pot tanaman kecil dapat diletakkan di besi penyangga yang tergantung menjulur sepanjang dinding. Selain itu, dapat pula ditempel dengan menggunakan kayu atau kawat sebagai penyangga.

Tanaman Hias untuk Teras Kecil

Menggunakan cinder blocks planter agar terlihat estetik

Agar tanaman hias untuk teras kecil yang Anda pilih dapat tertata dengan baik, maka manfaatkanlah cinder blocks planteryang memiliki bentuk kotak.

Cinder blocks ini terbuat dari semen yang dibentuk balok kotak berongga yang dapat digunakan sebagai wadah tanaman hias. Anda dapat menyusunnya sesuai keinginan dan juga mengecatnya dengan warna kesukaan.

Tanaman Hias untuk Teras Kecil

Mengganti pot dengan kantong tanaman agar irit tempat

Menggunakan pot sebagai tempat tanaman memang sudah umum, namun terkadang pot yang berukuran tertentu akan memakan tempat. Oleh sebab itu, menggantinya dengan kantong tanaman merupakan pilihan bijak untuk teras minimalis. Apabila dirasa kurang indah dengan hanya diletakkan, maka digantungkan saja menggunakan besi atau kayu. Pilihlah tanaman yang tidak terlalu berair.

Tanaman Hias untuk Teras Kecil

Menyulap depan pintu rumah agar terlihat meriah dengan tanaman

Cara menata bunga di teras rumahyang sempit dapat dilakukan dengan membuat semacam undakan atau tangga kecil yang hanya terdiri dari dua atau tiga susun. Apabila memungkinkan, maka jumlah susunannya dapat lebih banyak. Manfaat undakan tersebut adalah untuk meletakkan pot-pot tanaman hias di tiap tepiannya agar jalan menuju pintu terlihat menarik.

Tanaman Hias untuk Teras Kecil

Mengatur posisi berdasarkan warna atau jenis tanaman

Menata dan mengatur agar terlihat rapi sebaiknya dilakukan berdasarkan jenis tanaman atau warnanya. Sebagai contoh, apabila Anda menyukai perpaduan hijau dengan warna terang, maka kelompokkan bunga-bunga berwarna terang menjadi satu. Apabila ingin terlihat lebih beragam maka posisikan bunga yang memiliki warna berbeda secara sejajar selang-seling atau vertikal.

Tanaman Hias untuk Teras Kecil

Menggunakan pergola kayu ide yang sangat bagus!

Bosan meletakkan tanaman di lantai teras? Bagaimana jika mencoba menumbuhkannya di atas teras? Tenang, caranya mudah, salah satunya adalah dengan membuat pergola di teras. Tidak perlu pergola yang besar dan panjang, tetapi yang sesuai dengan ukuran teras. Bagian atas pergola dapat dijadikan media perambatan untuk tanaman rambat sekaligus penyangga untuk menggantungkan tanaman.

Tanaman Hias untuk Teras Kecil
Tanaman Hias untuk Teras Kecil

Meletakkan tanaman di bawah meja kaca teras

Cara unik lainnya adalah dengan meletakkan tanaman hias untuk teras kecil di susun kedua alias di bawah alas meja. Agar terlihat cantik, sebaiknya pilihlah meja yang beralaskan kaca. Selain itu, bentuk meja lainnya adalah meja kayu panjang yang bagian tengahnya berongga sehingga dapat dijadikan tempat untuk pot tanaman hias berukuran kecil.

Beberapa Jenis Tanaman Hias Teras Atas yang Cocok Digantung

  • Anggrek

Bunga yang berwarna cantik ini memang cocok dijadikan tanaman gantung penghias teras atas rumah. Agar dapat terus tumbuh dan tidak layu, pastikan anggrek selalu mendapatkan sinar matahari yang cukup sehingga gantunglah di bagian yang tidak tertutup. Saat akan menyiraminya, turunkan terlebih dahulu dan jangan gunakan air terlalu banyak karena akan menyebabkan cepat layu.

Tanaman Hias untuk Teras Kecil
  • Sirih Marble

Tanaman hias teras atas yang menyegarkan dipandang adalah sirih marble. Keunikan dari sirih marble adalah bentuk corak daunnya yang tidak beraturan dengan perpaduan warna hijau tua, hijau muda dan semburat putih. Agar terlihat cantik, sebaiknya gantungkan sirih marble berjajar namun agak renggang agar daunnya yang menjuntai tidak saling berhimpitan.

Tanaman Hias untuk Teras Kecil
  • Petunia

Menyulap teras bagian atas rumah agar nyaman sebagai tempat bersantai dapat memanfaatkan tanaman petunia sebagai hiasan. Petunia memiliki bunga berbentuk menyerupai terompet dengan warna-warna bervariasi yang sangat menarik seperti merah, pink, ungu, putih, dan kuning. Anda bisa menggantungkan Petunia yang memiliki warna berbeda agar teras terlihat lebih hidup dan membuat betah.

Tanaman Hias untuk Teras Kecil
  • Kaktus anggur

Kaktus anggur atau disebut juga Sedum morganianumjuga cocok dijadikan tanaman hias teras atas. Bentuk kaktus anggur sangatlah unik karena menyerupai buah anggur namun bentuknya agak memanjang.

Tanaman ini bergerombol dan memiliki warna hijau muda. Bunganya akan tergantung indah saat mekar, dan warnanya pun beragam seperti merah, putih, atau kuning.

Tanaman Hias untuk Teras Kecil

Memiliki teras yang tidak terlalu luas bukan lagi penghalang bagi Anda yang ingin menghiasinya dengan tanaman. Sudah banyak tanaman hias untuk teras kecilyang dapat dipilih dari mulai yang warna bunganya cerah dan beragam hingga tanaman berdaun hijau yang menyegarkan dipandang. Sekarang tinggal bagaimana cara Anda menatanya agar terlihat rapi? baca juga: Tanaman Hias Daun Indoor dan Outdoor


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *