15 Tanaman Hias Daun Indoor dan Outdoor yang Mudah Dirawat

Tanaman hias daun kini menjadi alternatif yang digunakan sebagian orang untuk membuat ruangannya menjadi lebih asri. Dengan memajang tanaman hias, maka ruangan Anda akan nampak hidup dan juga alami, selain juga lebih hemat biaya.

tanaman hias daun hijau merah kuning ungu

Tanaman ini juga tak hanya bisa digunakan di dalam ruangan saja, namun juga bisa diletakkan di luar ruangan, seperti di depan rumah atau di sepanjang jalan menuju rumah. Berikut ini adalah jenis-jenis tanaman hias yang bisa Anda jadikan referensi dalam mempercantik ruangan.

Tanaman Hias Daun Indoor yang Membuat Rumah Nampak Alami

Aglaonema atau Sri Rejeki

Sri Rejeki merupakan tanaman jenis talas-talasan, salah satu tanaman yang sangat familiiar bagi pecinta bunga. Tanaman satu ini memiliki banyak jenis warna, mulai dari hijau hingga ungu kemerah-merahan.

Anda bisa membudidayakannya dengan setek batang, biji, cangkok, atau cara lainnya. Tanaman ini tidak tahan dengan sinar matahari langsung, sehingga cocok diletakkan di dalam ruangan.

tanaman hias daun aglonema

Lidah Mertua

Lidah mertua atau dikenal dengan nama latin sansevieria merupakan marga tanaman hias yang cukup populer. Tanaman tetap dapat tumbuh dalam kondisi sedikit air dan cahaya matahari, sehingga cocok dietakan di dalam rumah atau ruangan. Selain itu, tanaman ini juga dinilai dapat menjadi penetralisir udara di dalam ruangan.

tanaman hias daun lidah mertua

Kaktus Mini

Tanaman satu ini juga sudah dikenal banyak orang, karena bentuknya yang kadang mungil dan lucu. Kaktus merupakan tanaman yang akarnya berukuran panjang, gunanya untuk mencari dan menyerap air. Kaktus ini mampu hidup tanpa air dalam jangka waktu yang lama, jadi bisa tahan lama berada di ruangan.

tanaman hias daun kaktus mini

Tanaman Hias Outdoor yang Rekomended

Bambu Hias

Tanaman satu ini tentu sudah diketahui banyak orang, sehingga sudah banyak pula yang menanamnya di luar rumah. Sebab bambu hias juga terkenal sebagai tanaman pembawa keberuntungan. Bambu hias memiliki batang kecil dan pendek, maksimal tumbuhnya hanya sekitar 3 meter saja.

tanaman as daun bambu hias

Pucuk Merah

Pucuk merah juga menjadi tanaman yang cukup populer, sehingga banyak ditanam di halaman gedung atau taman-taman. Warnanya yang berubah menjadi merah di pucuknya ini menjadi daya tarik tersendiri bagi peminatnya.

tanaman hias daun pucuk merah

Pohon Cemara

Jenis tanaman outdoor ini cocok ditanam di wilayah tropis, sebab Cemara cukup tahan dengan cuaca panas. Pohon ini sebenarnya memiliki 70 jenis tanaman dengan berbagai ukuran, dari besar hingga kecil.

Anda bisa memilih akan menggunakan jenis pohon Cemara seperti apa yang akan ditanam di halaman rumah. Adapun jenisnya yang cukup terkenal, yaitu cemara natal, cemara udang, cemara kipas, dan cemara inoki.

pohon cemara mini ukuran kecil

Jenis-jenis Tanaman Hias Daun Kecil

Tanaman hias suplir

Tanaman hias daun memang memiliki jenis yang macam-macam, termasuk yang daunnya berukuran kecil, seperti suplir. Tanaman ini memiliki bermacam jenis varietas, dan dengan daunnya yang kecil-kecil Suplir memberikan suasana yang segar.

Suplir ini juga hanya memerlukan sedikit pencahayaan, sehingga tempat untuk suplir haruslah tempat yang teduh. Selain itu, Suplir juga tidak membutuhkan banyak asupan air.

tanaman hias daun suplir

Wali Songo

Tanaman hias dengan nama latin Schefflera Arboricola ini memiliki daun kecil yang menggerombol menyerupai jari-jari tangan. Warnanya didominasi oleh warna hijau dengan warna putih coklat di beberapa bagian. Tanaman ini dapat menyerap polusi udara, sehingga cocok untuk diletakkan di luar ruangan maupun di dalam ruangan.

tanaman hias daun wali songo

Sirih Gading

Tanaman satu ini memiliki daun yang cukup kecil, sehingga cocok ditanam di dalam pot dan diletakkan di dekat jendela atau dinding. Sirih gading ini dapat tumbuh di dalam dan di luar ruangan. Hanya saja, jika ingin ditanam di dalam rumah, Anda harus merawatnya dengan rutin. Sirih Gading juga memiliki kemampuan adaptasi yang baik, sehingga dapat tumbuh di tempat lembab, panas, maupun ruang ber-AC.

tanaman hias daun sirih gading

Tanaman Hias Daun lebar yang Indah

Gelombang Cinta

Tahukah Anda dengan tanaman ini? Ya, gelombang cinta adalah tanaman yang populer dan terkenal cukup mahal. Namun itu dulu, karena seiring kepopulerannya yang menurun, harganya pun sudah ikut turun. Tanaman ini asli Indonesia, dan cocok diletakkan di dalam ruangan. Karena bentuk daunnya yang unik, gelombang cinta masih diminati oleh banyak orang.

tanaman gelombang cinta

Kuping gajah

Kuping Gajah menjadi tanaman hias berwarna hijau dengan daun yang lebar. Terlepas dari daunnya yang indah, perawatan Kuping Gajah juga cukup mudah. Tanaman ini juga lebih cocok diletakkan di luar ruangan, sebab daunnya yang memang cukup lebar membutuhkan space lebih luas.

tanaman hias kuping gajah

Tanaman hias Calatea

Tanaman hias ini menjadi salah satu tanaman yang patut Anda coba untuk ditanam di luar rumah. Calatea memiliki warna hijau yang menyegarkan, dan dengan perawatan yang mudah, tanaman ini bisa tumbuh dengan baik.

tanaman hias daun outdoor calathea

Tanaman Hias Daun Merah yang Cantik

Tanaman Puring

Tanaman ini dulunya tidak dianggap bernilai, namun sekarang menjadi sangat populer dan memiliki harga yang cukup lumayan. Tanaman ini biasanya akan Anda temukan di rumah-rumah mewah.

Adapun warna dari tanaman Puring juga bermacam-macam, seperti merah, ungu, kuning, hijau, jingga, dan campuran warna lainnya. Adapun jenis tanaman puring yang banyak diincar di antaranya yaitu,  Puring Asmara Jingga, Puring Arjuna, Oscar dan lain-lain.

puring

Tanaman Keladi Red Star

Keladi Red Star adalah kelompok tumbuhan dari genus Caladium, yang salah satu varietasnya bisa dijadikan tanaman hias. Tanaman ini terkenal karena memiliki urat daun yang berbentuk bintang dan warna merahnya yang cerah.

Tanaman ini cukup mudah ditanam, dan akan cepat berkembang dengan media yang tetap dijaga agar tidak kering. Tanaman ini juga jangan dikenakan pada sinar matahari penuh, agar warna merahnya tetap cerah dan uratnya makin timbul. Satu lagi, usahakan jangan menyiram air pada daunnya, tapi siramlah pada medianya.

15 Tanaman Hias Daun Indoor dan Outdoor yang Mudah Dirawat - tanaman hias daun

Daun Kastuba

Daun katsuba memiliki warna daun yang merah menyala, sehingga nampak cantik jika ditempatkan di luar ruangan. Tanaman ini populer dengan nama bunga natal, dan terkenal pula dengan sebutan bunga racun. Dengan melakukan perawatan yang baik dan benar, daun katsuba akan tetap memiliki warna merah yang menyala.

daun kastuba

Andong merah

Tanaman Andong merah ini, selain memiliki warna merah yang cantik, juga kaya akan manfaat. Tanaman ini bisa Anda tanam di pot maupun di tanah secara langsung, dan ternyata Anda juga bisa menemukannya tumbuh liar di tanah terbuka. Perawatan tanaman ini juga cukup mudah karena tanaman ini juga tahan terhadap penyakit.

tanaman andong merah

Baca juga: Tanaman Hias Gantung Tahan Panas dan Hujan

Itulah tadi beberapa jenis tanaman hias daun yang bisa Anda jadikan referensi untuk memperindah rumah. Ada berbagai macam jenis tanaman dengan kriteria yang berbeda-beda, Anda bisa memilihnya. Sehingga Anda bisa segera menyiapkan ruang kosong untuk memberikan tempat bagi bunga hias yang cocok dan sesuai dengan suasana di dalam rumah. (infoceria.com)