Cara Membuat Infused Water Jeruk Nipis

Selain buah lemon, jeruk nipis juga bahan yang paling sering digunakan untuk membuat infused water. Cara membuat infused water jeruk nipis bisa menggunakan hanya buah jeruk saja atau dikombinasikan dengan beberapa bahan lain.

Cara Membuat Infused Water Jeruk Nipis
Cara Membuat Infused Water Jeruk Nipis

Rasa jeruk nipis sangat segar dan kandungan vitamin C-nya baik bagi kesehatan tubuh. Meski begitu, tingkat keasaman yang dimiliki buah satu ini termasuk tinggi sehingga jika tidak hati-hati saat membuatnya, rasa air akan sangat asam sekaligus pahit.

Cara membuat infused water jeruk nipis yang tepat

Berikut ini kami beritahukan tips membuat infused water dari jeruk nipis yang benar dan supaya tidak terasa pahit:

  • Pertama-tama ambil beberapa buah jeruk nipis
  • Cuci bersih jeruk nipis kemudian potong-potong tipis menjadi beberapa bagian
  • Jika masih ada buah yang tersisa peras sari buahnya agar rasa jeruk nipis pada air mineral lebih terasa
  • Masukkan potongan-potongan buah yang sudah diiris tersebut ke dalam botol berisi air mineral. Tutup rapat dan simpanlah ke dalam kulkas, biarkan sekitar 3 jam. Kamu juga bisa langsung menggunakan air mineral dingin.

Biasanya infused water jenis buah ini bisa bertahan lama bahkan 24 jam. Cara agar jeruk nipis tidak pahit, maka lebih baik buang kulitnya saat memotong jeruk nipis. Karena jika kamu masukkan potongan jeruk nipis masih dengan kulitnya, air akan terasa pahit. Namun, bagi kamu yang tahan akan rasa pahitnya maka tidak perlu dikupas, karena bagian kulitnya mengandung banyak antioksidan.

Sebagai tips, selain memasukkan potongan jeruk nipis, maka air mineral bisa ditambahkan pula air sarinya. Jika hanya dipotong dan dimasukkan ke dalam air mineral, maka air sari tak akan bisa keluar secara maksimal.

Resep infused water jeruk nipis dengan kombinasi bahan lainnya

Kamu bisa memilih untuk membuat infused water hanya dengan potongan jeruk nipis saja. Tapia ada juga beberapa kombinasi resep infused water jeruk nipis dengan bahan lainnya, sbb:

Jeruk nipis dicampur daun mint

Cara buat infused water jeruk nipis juga bisa dicampur dengan kesegaran daun mint. Mint dapat memberikan rasa semriwing serta dingin di mulut. Tidak susah membuatnya, kamu hanya perlu mengambil beberapa daun mint lalu dicuci sampai bersih. Kemudian masukkan ke dalam air mineral dan simpan dalam kulkas selama 2-3 jam.

Cara Membuat Infused Water Jeruk Nipis

Jeruk nipis dicampur dengan potongan mentimun

Selain daun mint, kamu juga dapat membuat infused water jeruk nipis yang ditambah beberapa potongan mentimun. Caranya cukup dengan menggunakan 15-20 potong timun atau sesuai selera saja. Setelah itu, tinggal dicampur dengan satu buah jeruk nipis dan simpan dalam lemari es. Tambahan potongan mentimun ini akan menambah kesegaran dan khasiat pada infused water.

Jeruk nipis yang dicampur dengan lemon dan jeruk manis

Agar khasiatnya semakin maksimal, maka kamu bisa mencampurkan jeruk nipis dengan buah-buah asam lainnya seperti lemon dan jeruk manis. Caranya amat mudah, tinggal ambil 1 buah jeruk nipis, lemon dan jeruk manis. Potong semuanya tipis-tipis dan kamu bisa memilih untuk dikupas kulitnya agar tidak pahit atau biarkan saja. Masukkan semua ke dalam botol berisi air mineral. Setelah itu, simpan ke dalam kulkas hingga siap diminum.

Saat membuat infused water jeruk nipis, lebih baik gunakan wadah atau botol yang tertutup. Karena jika dibiarkan terbuka, kandungan vitamin C-nya lama kelamaan bisa menguap dan hilang.

Cara Membuat Infused Water Jeruk Nipis
Cara Membuat Infused Water Jeruk Nipis tanpa Kulkas

Aturan minum infused water jeruk nipis

Aturan meminum infused water pada umumnya tergantung dari jenis bahan yang digunakan. Ada yang kesegarannya tidak tahan terlalu lama seperti buah apel yang cepat coklat.

Untuk jenis jeruk nipis sendiri, jika disimpan di dalam kulkas maka bisa tahan hingga 2 hari, sehingga bisa diminum kapan saja selama jangka waktu tersebut. Namun jika didiamkan saja di suhu ruang maka hanya bisa bertahan selama 24 jam atau 1 hari. Lebih baik setelah menunggu selama 2-3 jam sampai air sarinya keluar semua, bisa langsung diminum.

Ramuan infused water ini dapat diminum paling tidak 1 minggu sekali untuk mendetoks tubuh serta membuat kulit lebih sehat. Konsumsinya 1 hari sekali 1 gelas dan rasakan sendiri manfaat dari jeruk nipisnya serta bahan lain.

Manfaat jeruk nipis sendiri amat banyak, seperti dapat membantu menjaga kesegaran tubuh dan kandungan vitamin C-nya dapat membantu kulit lebih terlihat cerah dan putih. Ada banyak orang yang memakai suntik vitamin C supaya kulitnya lebih putih, namun akan lebih baik mencoba yang alami. Manfaat lainnya, infused water dapat mengatasi dan mencegah dehidrasi karena bermanfaat menggganti ion tubuh.

Demikian cara membuat infused water jeruk nipis yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh serta kulit. Coba buat dan rasakan sendiri kesegaran serta manfaatnya! Baca juga: Cara Membuat Infused Water Lemon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *