12 Tanaman Hias Gantung Minimalis Indoor Outdoor Tahan Panas

Tanaman hias gantung merupakan tanaman hias yang ditanam dengan media pot kecil dan diletakkan secara tergantung. Tanaman gantung ini memiliki banyak ciri, seperti cepat mati jika sering terkena sinar matahari, memiliki pertumbuhan yang cukup lambat, serta mempunyai ukuran daun yang kecil dan terkesan jatuh sehingga dapat menutupi pot.

tanaman hias gantung

Selain itu, tanaman hias merambat ini memiliki banyak jenis mulai dari tanaman hias minimalis, tahan panas, hingga yang cocok digantung di ruangan indoor. Berikut jenis dan contohnya:

Tanaman Hias Gantung Minimalis

Jenis tanaman hias ini cocok digantung pada ruangan rumah yang memiliki desain interior minimalis. Apalagi, jenis tanaman ini juga cukup fleksibel dalam hal peletakkannya. Berikut 3 contoh tanaman hias merambat (gantung) minimalis:

Spanish Moss (Tillandsia Usneoides)

Contoh tanaman hias minimalis yang bisa Anda gantung di ruangan rumah, adalah Spanish Moss (Tillandsia Usneoides) yang di Indonesia dikenal dengan sebutan tanaman Jenggot Putih. Hal ini dikarenakan tanaman ini mempunyai daun runcing berwarna putih yang menjuntai panjang kebawah. Selain perawatannya yang mudah, tanaman Spanish Moss ini juga berbentuk cukup unik sehingga cocok dijadikan sebagai tanaman gantung di ruangan minimalis.

Spanish Moss (Tillandsia Usneoides)

Blaster Heart

Blaster Heart merupakan contoh tanaman hias minimalis yang bisa Anda gantung untuk mempercantik ruangan rumah. Di Indonesia, tanaman ini dijuluki Sirih Blaster Heart karena daun hijau menjalarnya memiliki bentuk mirip bentuk hati. Karena tak berbunga, perawatan tanaman hias ini sangatlah mudah. Selain itu, harga yang terjangkau juga menjadi daya tarik tanaman gantung ini.

Blaster Heart

Lili Paris (Clorophytum Comosum)

Lili Paris (Clorophytum Comosum) termasuk jenis tumbuhan hias daun yang tumbuh keatas dan mudah beradaptasi dengan cuaca dan tanah. Ciri-ciri tanaman hias ini seperti daun kecil yang memanjang dan meruncing dengan tulang daun berwarna putih serta hijau pada bagian tengahnya. Perpaduan warna yang cukup unik ini, memiliki kesan minimalis dan mampu menjadi daya tarik bagi pecinta tanaman hias.

Lili Paris

Tanaman Hias Gantung Tahan Panas

Selain ruangan, tanaman hias merambat ini bisa Anda gantung di taman kecil rumah. Karena salah satu ciri tanaman hias adalah cepat mati bila sering terkena sinar matahari, maka Anda harus menempatkan tumbuhan tersebut di sudut taman yang cukup terkena cahaya matahari. Tak hanya itu saja, Anda juga harus memilih tanaman hias yang tahan cuaca panas. Berikut contohnya:

Tanaman Hias Fuchsia

Contoh pertama yaitu tanaman Fuchsia yang memiliki bentuk menyerupai lonceng dengan warna yang sangat cerah. Meski bentuk dan warnanya sangat cantik, namun bunga tanaman ini cukup sulit untuk mekar dibandingkan dengan tumbuhan hias gantung lainnya. Oleh sebab itu, pastikan Anda tak lupa menyirami dan memberi pupuk.

Fuchsia

Tanaman Hias Gantung Petunia

Anda suka warna ungu? Jika iya, maka wajib menghiasi taman kecil rumah dengan tanaman hias Petunia. Sudah populer sejak lama, tanaman hias ini memiliki aroma wangi saat pagi hari bahkan baunya lebih wangi dibanding tumbuhan lainnya. Selain itu, Petonia juga bisa hidup lebih lama meski ditanam di wilayah dengan iklim tropis. Agar bunganya bisa mekar bertahun-tahun, jangan lupa untuk memberi pupuk dan menyiraminya.

Petunia

Tanaman Hias Lantana

Tanaman Hias Lantana merupakan salah satu contoh tanaman hias gantung tahan panas yang berasal dari wilayah tropis Amerika. Di Indonesia, tumbuhan gantung ini sering dijadikan sebagai penghias taman rumah karena mampu memikat perhatian kupu-kupu dengan warna-warna cantik bunganya seperti merah jambu, kuning dan orange. Perawatannya juga mudah, cukup menggunting ranting yang menjalar secara teratur. Agar bunganya cepat mekar, jangan lupa menyirami dengan sedikit air setiap harinya.

lntana

Tanaman Hias Million Bells

Contoh terakhir, ialah tanaman hias Million Bells yang memiliki nama latin calibrachoa dan masih kerabat dari tanaman Petunia. Istimewanya, meski perawatan tak terlalu ekstra namun bunga Million Bells akan tetap mekar.

Cukup menanamnya di tanah berair dengan sedikit pupuk, kemudian menggantungkan di spot taman yang cukup terkena sinar matahari. Tanaman hias ini juga cukup unik, karena tidak menebarkan benih-benih barunya. Jangan lupa memilih pot yang cantik, biar tampilan bunganya semakin menarik.

Million Bells

Tanaman Hias Gantung Indoor

Nah buat Anda yang tak memiliki desain interior minimalis, masih bisa memilih contoh tumbuhan hias gantung dibawah ini untuk menghias sudut ruangan rumah. Berikut contoh tanaman hias indoor, yang bisa mempercantik ruangan.

Acalypha Gantung

Termasuk keluarga tanaman berbunga Euphorbiaceae, Acalypha memiliki bunga yang sangat unik dengan warna merah memanjang dan mempunyai bulu-bulu halus mirip ekor kucing. Tanaman hias ini memiliki ukuran yang mini sehingga cocok dijadikan sebagai tumbuhan gantung. Selain untuk hiasan ruangan, tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh seperti sebagai obat radang usus, kusta, disentri, dan masih banyak lagi.

Acalypha

Black Eyed Susan Vine

Bernama lain Thunbergia alata, tanaman hias ini dapat tumbuh di wilayah dengan suhu yang sangat dingin. Bagian tengah Black Eyed Susan Vine terkesan padat serta sedikit gelap, dengan daun dan bunga yang mengelilinginya.

Daun tanaman ini memiliki bentuk mirip love atau hati, dengan warna orange, putih, atau kuning. Tapi kadang-kadang juga berwarna ivory, salmon, dan merah. Untuk pertumbuhan bunganya sangatlah cepat, dengan perawatan yang mudah.

Black Eyed Susan Vine

Sedum Morganianum

Salah satu tumbuhan hias gantung ini, sudah sering ditemui di ruangan rumah. Sedum Morganianum memiliki julukan yang berbeda-beda di setiap negara, seperti ekor kedelai (Indonesia), donkey tail dan burroโ€™s tail (Inggris).

Tumbuhan ini juga termasuk tumbuhan berkeping dua atau Magnoliopsida yang disebut dikotil. Daun sedum memiliki bentuk seperti air mata yang tumbuh kebawah, sehingga menjadi tumbuhan gantung paling baik. Untuk tanaman yang sudah berumur dewasa, memiliki cabang sepanjang 2 meter dengan warna abu-abu kehijauan serta menyerupai tetesan air.

Sedum Morganium Ekor keledai

Tanaman Hias Gantung Begonia

Memiliki tinggi mulai dari 6 hingga 9 inchi, dengan lebih dari 10.000 pilihan warna serta perawatan yang mudah membuat Begonia menjadi tanaman hias yang sering ditanam di pot-pot gantung. Tumbuhan ini pas digantung di ruangan yang tak memiliki banyak perabot, karena Begonia berkesan penuh dan utuh. Meski berasal dari wilayah subtropis dan tropis, namun tanaman hias ini bisa tumbuh di area yang sedikit berbeda.

begonia

Tanaman Hias Gantung English Ivy

English Ivy adalah tanaman hias yang memiliki daun berbentuk seperti daun maple, yang tumbuh bergerombol. Tumbuhan ini juga dijadikan sebagai penutup tembok karena tumbuh merambat, selain untuk tumbuhan hias gantung. Nah bagi Anda yang ingin menghias interior rumah bertema vertikal garden dan green building, memilih tanaman hias indoor ini sangatlah tepat.

english ivy

Bagaimana, masih bingung cari tanaman hias gantung untuk ruangan rumah atau taman kecil? Pastikan  Anda sudah menentukan spot dimana tanaman hias tersebut akan digantung, sebelum memilih  jenis dan contohnya. Selain itu, sesuaikan dengan anggaran dana yang dimiliki.