7 Tanaman Hias Mini Dalam Ruangan yang Mudah Dirawat

Ingin punya desain ruangan yang lebih cantik dan fresh? Beberapa jenis tanaman hias mini dalam ruangan ini bisa Anda jadikan pilihan terbaik. Tidak hanya akan membuat ruangan makin cantik tapi juga makin segar.

Tanaman Hias Mini Dalam Ruangan

Tanaman hias menjadi salah satu pilihan banyak orang untuk mendekorasi dan memberikan kesan sejuk serta segar dalam ruangan. Karena saat ini tanaman hias lebih banyak digunakan daripada hiasan lainnya untuk mendekor bagian-bagian di dalam ruangan supaya terlihat cantik dan elegan. Tanaman hias ini biasanya dipilih untuk memberikan dekorasi pada ruang tamu, ruang keluarga, ruang kerja, dan ruangan tertentu di kantor-kantor.

Nah salah satu yang banyak dipilih yaitu tanaman hias mini dalam ruangan. Karena bentuknya yang mini justru akan menambah kesan modern dan kekinian dalam ruangan Anda. Selain itu, tanaman hias mini ini sangat cocok digunakan di ruangan yang kecil maupun lebar, karena tidak akan memakan banyak tempat jika dijadikan sebagai hiasan di ruangan Anda. Jadi apa saja tanaman hias mini yang dapat Anda jadikan dekorasi di ruangan Anda? simak artikel berikut sampai selesai ya.

Keuntungan Memiliki Tanaman Hias Mini Dalam Ruangan

Keuntungan Memiliki Tanaman Hias Mini Dalam Ruangan

Apakah ruang tamu atau ruang kerja Anda masih terlihat biasa saja? Atau Anda bosan dengan suasana ruangan yang seperti itu-itu saja? Mungkin Anda perlu menambahkan dan mendekor ruangan Anda menggunakan tanaman hias mini. Selain sebagai dekorasi, ruangan Anda pasti akan terlihat sejuk, segar, hijau, nyaman dan tentunya membuat Anda dan orang-orang betah berada di ruangan tersebut. Tentunya tanaman hias mini dalam ruangan memiliki beberapa keuntungan seperti:

  • Suasana dalam ruangan akan terasa lebih sejuk, segar, nyaman dan lebih banyak oksigen
  • Mensirkulasi udara dalam ruangan
  • Ruangan akan terlihat cantik, elegan dan modern
Ciri-ciri Tanaman Hias Mini yang Cocok Didalam Ruangan

Ciri-ciri Tanaman Hias Mini yang Cocok Didalam Ruangan

Kemudian sebelum masuk dalam jenis-jenis tanaman hias mini yang cocok sebagai dekorasi ruangan. Anda perlu mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri tanaman hias mini yang bisa Anda rawat dalam suhu ruangan, antara lain:

  • Pilih tanaman hias mini yang tidak terlalu membutuhkan sinar matahari dalam proses pertumbuhannya
  • Beberapa memiliki struktur batang yang lunak, serta tidak berkayu
  • Ukuran tanaman pendek dan mempunyai masa pertumbuhan yang lambat
  • Umumnya merupakan tanaman hias daun

Jenis Tanaman Hias Mini Dalam Ruangan

Saat ini telah banyak jenis tanaman hias mini yang dapat Anda pilih untuk menghias ruangan Anda. Jenis-jenis tanaman hias mini tersebut juga mudah ditemukan di toko tanaman dan bunga di kota Anda. Nah untuk Anda yang masih bingung apa saja jenis tanaman hias mini yang cocok dijadikan dekorasi ruangan Anda, berikut tanaman hias mini yang dapat Anda jadikan referensi dekor untuk ruangan Anda:

Sukulen dan Kaktus Mini

Tanaman sukulen dan kaktus mini ini juga menjadi primadona banyak orang untuk dijadikan sebagai tanaman hias dan dekor di ruangan mereka. Sukulen dan kaktus mini ini memang jenis tanaman hias yang sangat cocok hidup di dalam ruangan, tanaman ini mampu menyimpan air, jadi tidak diperlukan penyiraman setiap hari, namun juga cocok untuk menghijaukan sekaligus memberikan kesan cantik dan elegan pada ruangan Anda.

sukulen tanaman hias mini dalam ruangan

Secara fisik ada perbedaan antara sukulen dan kaktus, dimana sukulen memiliki kelopak sepeti daun, sedangkan kaktus sendiri merupakan bagian dari sukulen yang mengganti jaringan daunnya menjadi duri. Anda tentunya dapat berkreasi sendiri dengan tanaman tersebut, dapat Anda taruh sebagai hiasan di ruang tamu, meja belajar, meja kerja, kamar mandi dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk perawatan sukulen dan kaktus mini ini cukup mudah. Anda hanya perlu menyirami tanaman saat media tempat tumbuhnya terlihat kering, bisa Anda lakukan 2 minggu sekali ataupun 3 minggu sekali, juga tergantung dengan cuaca. Kemudian sinari dan jemur tanaman lebih sering, yaitu 2 hari sekali pada jam 7 hingga 9 pagi. Anda juga bisa mengganti media tanam setiap 6 bulan hingga 1 tahun sekali.

Jangen melakukan penyiraman terlalu sering, karena menyebabkan tanaman menjadi busuk. Selain itu juga jangan terlalu lama memaparkan tanaman secara langsung oleh matahari karena akan menyebabkan daun menjadi cepat busuk.

sukulen kaktus hias mini

Lidah Buaya

Tanaman hias mini selnajutnya adalah lidah buaya. Lidah buaya ini banyak dipilih orang sebagai hiasan ruangan mereka. Karena bentuknya yang simpel dan elegan, serta mudah ditemukan. Dan ternyata tanaman lidah buaya ini memiliki manfaat baik lho bagi ruangan Anda, salah satunya adalah membersihkan dan membantu mensirkulasi udara dari bau-bauan yang dihasilkan dari pembersih cat yang biasa digunakan.

lidah buaya tanaman hias mini dalam ruangan ynag mudah perawatannya

Perawatan tanaman lidah buaya ini dapat dikatakan sangat mudah sekali. Cocok bagi Anda yang tidak terlalu suka merawat tanaman tetapi memiliki keinginan untuk menghias ruangan menggunakan tanaman hias mini. Anda hanya perlu membeli beberapa tanaman lidah buaya beserta pot mini yang sudah tersedia di toko tanaman dan bunga, kemudian taruhlah di beberapa tempat yang Anda inginkan.

Pada dasarnya tanaman lidah buaya ini mudah tumbuh di berbagai media tanam dan merupakan tanaman yang memang bisa bertahan di media kering untuk waktu yang lama, tanamannya tidak mudah busuk dan layu. Anda hanya perlu melakukan penyiraman air ketika media tempat tumbuh tanaman tersebut sudah kering, kemudian tempatkan tanaman dibawah sinar matahari pagi sekitar 1-2 kali dalam satu minggu.

tanaman hias mini dalam ruangan lidah buaya

Bambu Rejeki

Tanaman hias mini berikutnya ini adalah Bambu Rejeki. Jangan berfikir ini merupakan tanaman bambu besar yang biasa Anda temukan ya, karena masuk dalma kategori tanaman hias mini, pastinya bentuknya pun juga mini dan tentunya sangat indah dan cantik ketika dipandang, mampu menyegarkan kembali mata dan fikiran kita ketika melihatnya. Selain itu tanaman ini juga dipercaya dapat membawa keberuntungan sehingga sering dijadikan symbol dekorasi dalam rumah.

bambu rejeki tanaman hias

Secara fisik, bambu rejeki ini berbentuk sekumpulan bambu berukuran kecil yang disusun sejajar dan rapat, dan dilengkapi dengan sedikit deadaunannya yang menjadikan bambu tersebut terlihat begitu cantik. Tentunya dapat Anda coba untuk dijadikan dekorasi ruangan Anda.Perawatannya pun hampir sama dengan perawatan tanaman hias mini diatas, karena tanaman ini juga mampu bertahan tanpa adanya air dalam waktu yang lama.

bambu rejeki tanaman hias

Spider Plant

Siapa sih yang tidak tahu tanaman spider plant ini? Tanaman hias mini yang biasanya menghiasai dekorasi rumah banyak orang dari dulu hingga sekarang. Karena tanaman ini memang tanaman yang tidak memerlukan banyak air dan sinar matahari dalam proses pertumbuhannya sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias mini dalam ruangan Anda.

7 Tanaman Hias Mini Dalam Ruangan yang Mudah Dirawat - tanaman hias mini dalam ruangan

Dari bentuknya, spider plant mudah sekali untuk dikenali, tanaman ini memiliki lebih banyak daun dan hampir tidak memiliki batang, daun tumbuh dari akar serta tumbuh memanjang serta merunduk seperti tangan laba-laba. Tanaman spider plant ini sangat mudah untuk diperlihara dan dijadikan sebagai tanaman hias mini dalam ruangan. Karena tanaman ini tumbuh di tempat teduh dan tanpa adanya sinar matahari secara langsung.

7 Tanaman Hias Mini Dalam Ruangan yang Mudah Dirawat - tanaman hias mini dalam ruangan

Baca juga: Tanaman Hias Daun Indoor dan Outdoor

Sirih Gading
Sirih Gading

Baca juga : Tanaman Hias Gantung Minimalis

Bunga Lily
Bunga Lily

Baca juga: Tanaman Hias Gantung Tahan Panas dan Hujan

Nah itu tadi beberapa tanaman hias mini dalam ruangan yang cocok Anda jadikan sebagai referensi mendekor dan menghias kamar/ruangan Anda. Bagaimana? Apakah sudah mempunya inspirasi? Semoga bermanfaat!