Primbon Hari Baik Bepergian Jauh Lengkap dengan 3 Tipsnya

Primbon Hari Baik Bepergian. Pada zaman maju seperti saat ini, berpergian kemana saja akan lebih mudah. Bahkan saat ini berbagai transportasi bisa dipesan melalui smartphone tanpa perlu lagi mencari atau memesan transportasi umum. Berbagai kemudahan inilah yang menjadikan masyarakat sering berpergian keluar rumah.

Primbon Hari Baik Bepergian Jauh Lengkap dengan 3 Tipsnya - hari baik bepergian

Pada zaman dahulu terdapat berbagai macam primbon yang berisi tentang hari yang baik, salah satunya adalah primbon hari baik untuk bepergian. Hari baik yang dimaksudkan adalah hari-hari tertentu yang dianggap baik dan nantinya pad saat diperjalanan tidak akan terjadi hal yang tidak diinginkan.

Namun primbon pada masa sekarang sudah jarang sekali digunakan. Masyarakat cukup dengan tetap menjaga keselamatan saat berkendara dan mentaati rambu lalu lintas. Maka dapat dikatakan akan terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Tips Perjalanan Jauh Naik Motor

Menggunakan motor pada saat melakukan perjalanan jauh memang mengasyikan. Selain hemat dengan biaya Anda juga dapat menghemat waktu apabila jalanan yang ditempuh tidak terjadi kamacetan.

Akan tetapi, resiko kecelakaan lebih besar apabila Anda menggunakan motor saat bepergian jauh. Ada bebrapa tips agar perjalanan jauh menggunakan motor Anda aman dan selamat sampai tujuan. Diantaranya adalah:

  • Memastikan sepada motor dalam kondisi baik. Sebelum Anda melakukan perjalanan jauh, cek terlebih dahulu kondisi motor Anda. Usahakan motor Anda memiliki kondisi yang baik agar selama diperjalanan tidak terjadi kecelakaan. Cek dulu kondisi mesin, ban, rem dan lain-lain.
  • Melengkapi dengan surat/identitas, seperti SIM, STNK dan KTP
Primbon Hari Baik Bepergian Jauh Lengkap dengan 3 Tipsnya - hari baik bepergian

Selain itu pastikan juga motor Anda sudah memenuhi standart berkendara. Seperti spion lengkap, menggunakan helm saat berkendara dan lain sebagainya.

  • Membaca doโ€™a sebelum memulai berkendara. Membaca doโ€™a sebelum memulai perjalanan Anda sangat penting. Hal tersebut berguna agar perjalanan jauh Anda dilindungi oleh Tuhan dan dapat selamat sampai tujuan.
  • Tidak membawa barang yang berlebihan. Saat Anda melakukan perjalanan jauh hindari membawa barang yang berlebihan. Pastikan untuk membawa barang bawaan yang seperlunya. Cukup dengan membawa tas ransel agar praktis dan nyaman saat Anda melakukan perjalanan jauh.
  • Istirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan jauh. Sebelum Anda berangkat, pastikan tubuh Anda dalam keadaan sehat dan sudah beristirahat secara cukup. Hal ini sangat penting dalam berkendara untuk perjalan jauh. Karena apabila keadaan badan kurang fit maka akan menurunkan daya konsentrasi Anda dalam berkendara.
  • Beristirahat saat mulai merasa lelah. Apabila Anda merasa lelah ditengah perjalanan jauh Anda. Maka segeralha untuk menepi dan mencari tempat untuk beristirahat. Dengan beristirahat, badan Anda akan  terasa lebih fresh dan siap untuk kembali melanjutkan perjalanan jarak jauh Anda.

Tips Berkendara Saat Hujan

Saat Anda sudah mengetahui tips untuk perjalanan jauh menggunakan motor, saat ini ada beberapa tips berkendara saat hujan. Dengan turunnya hujan, jalanan akan menjadi licin. Sehingga perlu kewaspadaan tinggi agar tetap aman.

Primbon Hari Baik Bepergian Jauh Lengkap dengan 3 Tipsnya - hari baik bepergian

Berikut tipsnya:

  • Periksa kondisi ban kendaraan Anda. ย Saat musim hujan sudah datang, pastikan karet ban kendaraan Anda tidak tipis. Karena pada saat hujan jalanan akan menjadi licin. Ban yang karetnya sudah tipis digunakan pada saat hujan dapat memicu terjadinya kecelakaan. Pastikan juga tekanan udara pada ban Anda dalam batas normal.
  • Periksa lampu kendaraan. Memeriksa lampu mobil sangat penting agar perjalanan Anda selamat sampai tujuan. Karena pada saat hujan keadaan sekitar akan menjadi gelap karena mendung. Oleh karena itu kendaraan Anda harus menyalakan lampu saat terjadi hujan.
  • Periksa mesin. Pastikan mesin Anda dapat berfungsi dengan baik sebelum memulai perjalanan. Karena pada saat hujan mesin membutuhkan perhatian yang lebih dan selalu dicek secara rutin.
  • Jaga jarak aman. Saat Anda berkendara pastikan Anda menjaga jarak kendaraan Anda dengan kendaraan lainnya. Hal ini berguna unutk meminimalisir kecelakaan.
  • Kurangi laju kecepatan kendaraan Anda. Saat hujan hendaknya Anda mengurangi kecepatan kendaraa agar tergindar dari kecelakaan. Jalan yang licin menjadi penyebab utama terjadinya kecelakaan.

Tips Berkendara Di Malam Hari

Setelah Anda mengetahui tips berkendara saat hujan, ada beberapa tips untuk berkendara pada malam hari. Karena malam hari jalanan menjadi gelap dan rawan dengan kecelakaan. Berikut tips berkendara pada malam hari:

  • Cek lampu kendaraan. Kerena Anda akan melakukan perjalan malam. Maka hal yang wajib Anda periksa adalah lampu kendaraan. Pastikan lampu kendaraan lengkap dan nyala.
  • Mengatur kecepatan sesuai jalan yang dilalui. Hindari menambah kecepatan kendaraan pada saat ramai.
  • Tetap waspada pada kondisi lingkungan sekitar. Perhatikan lingkungan sekitar agar terhindar dari kecelakan.
  • Beristirahat saat mulai mengantuk. Apabila pada saat berkendara malam Anda merasa ngantuk. Maka segeralah untuk menepi dan beristirahat. Karena mengemudi dalam kondisi mengantuk dapat memicu terjadinya kecelakaan.
Primbon Hari Baik Bepergian Jauh Lengkap dengan 3 Tipsnya - hari baik bepergian
Kacamata Night Vision, Berfungsituk meningkatkan penglihatan di kegelapan,
Harga berkisar antara 20-100rb tergantung merk

Hari Baik Bepergian dan Jam nya

JabarilAkhmadYusupIbrahimNgijrail
MingguJam 67,8,910,11,121,2,34,5
SeninJam 1, 2, 34,57,8,9610,11,12
Selasa61,2,310,11,124,57,8,9
Rabu4,567,8,910,11,121,2,3
Kamis61,2,310,11,124,57,8,9
Jumat4,5610,11,121,2,37,8,9
Sabtu1,2,310,11,127,8,964,5

Itulah beberapat ulasan mengenai primbonhari baik bepergian dan tips-tips saat Anda berkendara. Pastikan untuk selalu mengecek secara rutin keadaan mesin Anda. Semoga bermanfaat. Baca juga: Hari Baik Pindah Rumah dan 7 Hal yang Perlu Dipersiapkan