Hari Baik Potong Rambut Menurut Islam dan Primbon Jawa

Rambut adalah salah satu bagian dari tubuh yang akan terus tumbuh dan akan menjadi panjang jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, untuk mendapatkan penampilan yang lebih rapi dan menarik seseorang biasanya akan memotong rambutnya.

Hari Baik Potong Rambut Menurut Islam dan Primbon Jawa - hari baik potong rambut

Namun, tahukah Anda bahwa ternyata dalam suatu masyarakat terdapat kepercayaan yang sudah dipercaya secara turun temurun yakni mengenai hari baik potong rambut.

Ya, ada kepercayaan yang masih tertanam dalam diri masyarakat tentang hari baik dan hari buruk untuk melakukan suatu hal. Termasuk pada saat akan memotong rambut. Hal ini karena aktivitas memotong rambut dianggap sebagai salah satu aktivitas yang sakral dan tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Tidak sedikit orang yang percaya mengenai hari baik potong rambut ini. Untuk lebih jelasnya berikut ini akan saya jelaskan mengenai hari baik untuk potong rambut dan beberapa hal lainnya yang berkaitan.

Beberapa Alasan Potong Rambut

Sebelum membahas mengenai hari baik untuk potong rambut, saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai beberapa alasan mengapa orang seringkali memotong rambutnya. Berikut ini beberapa alasannya.

Agar Penampilan Lebih Rapi

Alasan yang paling umum mengapa seseorang memutuskan untuk memotong rambutnya adalah agar penampilannya terlihat lebih rapi. Ya, rambut yang terlalu panjang akan membuat seseorang kuwalahan untuk mengurusnya. Oleh karena itu, biasanya orang akan memutuskan untuk memotong rambutnya agar terlihat lebih rapi.

Buang Sial

Tidak sedikit juga orang yang memutuskan untuk memotong rambutnya dengan alasan buang sial. Ini tidak jadi masalah, karena beberapa orang yakin ketika selesai potong rambut maka sial dan beban yang dihadapinya akan ikut terbuang bersama dengan rambut yang dipotong tersebut.

Rambut Rusak, Rontok dan Bercabang

Alasan lain mengapa seseorang memotong rambutnya adalah karena rambut yang sudah mulai rusak dan tidak terawat. Misalnya seperti kondisi rambut yang rontok, kering dan bercabang. Akan lebih baik jika rambut dipotong lebih pendek lagi agar lebih terawat dan rapi.
Itu dia beberapa alasan potong rambut yang biasanya akan dilakukan oleh seseorang.

Hari Baik Potong Rambut Menurut Islam dan Primbon

Nah, selanjutnya kembali lagi ke topik utama kita mengenai hari baik untuk potong rambut. Jadi, di artikel kali ini saya akan membahas tentang kepercayaan tentang hari baik potong rambut menurut islam dan menurut primbon jawa. Langsung saja mari kita simak ulasannya.

Hari Baik Potong Rambut Menurut Islam

Menurut hukum dalam agama islam yakni lebih tepatnya pendapat dari Imam Syafi’i. Hari baik untuk memotong rambut adalah hari Jum’at. Tidak hanya baik untuk memotong rambut saja, akan tetapi baik juga untuk potong kuku dan bulu di hari Jum’at.

Tak hanya itu, potong rambut di hari Jumat juga termasuk ke dalam amalan Sunnah. Walaupun menurut para imam yang lainnya, kita juga bisa melakukan hal yang sama di hari biasa. Namun lebih dianjurkan dilakukan pada hari Jumat.

Hari Baik Potong Rambut Menurut Primbon

Berbeda lagi dengan hari baik memotong rambu menurut primbon jawa. Jadi, berdasarkan primbon, setiap hariya memiliki nilai sendiri jika digunakan untuk memotong rambut. Menurut pandangan primbon mengenai hari baik potong rambut yang ada di dalam kita Hasyiyah Bajuri Ala Bin Qasim Al Ghuzzi berikut hari baik untuk potong rambut.
• Senin
Potong rambut di hari senin akan membuat seseorang menjadi lebih alim (pintar dan fadil (utama)
• Kamis
Potong rambut di hari kami akan membuat seseorang lebih banyak rezeki dan kekayaan.
• Jumat
Potong rambut di hari jumat akan membuat seseorang mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan santun dalam bertindak.

Jadi, menurut primbon ada 3 hari baik untuk potong rambut. Sedangkan hari yang lainnya membawa keburukan pada diri.

Dalam islam sebenarnya semua hari adalah hari baik. Hanya karena kepercayaan yang sudah dianut dan dipercaya selama bertahun-tahun dan turun temurun saja yang sulit dihilangkan.

Hari Baik Potong Rambut Menurut Islam dan Primbon Jawa - hari baik potong rambut

Merk Gunting Rambut yang Bagus

Nah, bagi Anda yang berniat untuk memotong rambut di hari yang baik menurut versi Anda. Pastikan Anda menggunakan merk gunting rambut yang bagus agar hasil potongan rambut sesuai dengan keinginan Anda.

Ada banyak merk gunting rambut yang bagus yang dapat Anda pilih dan gunakan untuk mencukur rambut. Satu hal yang penting pada saat Anda akan membeli gunting rambut adalah pastikan gunting rambut tersebut terbuat dari bahan full stainless dan tajam. Agar tidak cepat rusak dan tumpul. Dengan begitu Anda bisa mencukur rambut Anda dengan rapi, tidak terasa sakit dan bagus.

Hari Baik Potong Rambut Menurut Islam dan Primbon Jawa - hari baik potong rambut
Merk Alat Cukur yang Bagus: Sonar, Kemei, Wahl Pro, Flyco, Philips Family Hair, Nikai

Tidak hanya dapat menggunakan gunting rambut. Anda juga bisa menggunakan alat cukur yang lebih modern untuk potong rambut misalnya seperti alat cukur elektrik yang menggunakan listrik.

Ada beberapa varian, yakni yang menggunakan kabel maupun wireless (baterai/charge listrik). Usahakan memilih yang berbahan dasar stainless steel agar bebas karat dan lebih awet, meski harganya juga dikit lebih mahal. Dengan begitu potongan rambut Anda akan terlihat lebih baik.

Itulah penjelasan mengenai hari baik potong rambut dan hal lainnya yang berkaitan. Semoga bermanfaat, terimakasih. Baca juga: Hari Baik Pindah Rumah