Cara Membuat Aquascape Iwagumi

Bagi para pencinta aquascaping, cara membuat aquascape iwagumi bukanlah hal yang asing. Ini merupakan salah satu jenis aquascape yang sangat populer dan dikenalkan pertama kali oleh Takashi Amano.

cara membuat aquascape iwagumi untuk pemula- level advance
cara membuat aquascape iwagumi untuk pemula- level advance

Banyak sekali orang  yang menyukai desain aquascape Iwagumi. Hal ini karena Iwagumi memiliki filosofi yang unik dan tampilan yang terlihat hidup serta pure. Selain itu, sisi menarik dari iwagumi juga terletak pada landscape-nya yang sederhana.

advertisement

Secara umum, gaya aquascaping iwagumi ditentukan berdasarkan tata letak batu, suasana yang sederhana, elegan, dan alami. Dengan begitu terciptalah aquascape yang indah dan menenangkan saat diletakkan di salah satu sudut rumah.

Meski dibentuk dengan konsep sederhana, membuat konsep iwagumi dalam aquascape tidaklah mudah. Perlu usaha yang besar dan tata cara yang benar supaya bisa didapatkan tampilan aquarium bernilai seni terbaik.

Ini Filosofi Iwagumi Sebelum Mulai Cara Membuat Aquascape Iwagumi

Cara Membuat Aquascape Iwagumi
Cara Membuat Aquascape Iwagumi

Iwagumi merupakan lanskap khusus yang ditemukan oleh seorang aquaris asal Jepang, Takashi Amano. Selain menjadi akuaris, Pria asal Niigita ini juga berprofesi sebagai fotografer dan desainer. Kecintaannya pada dunia akuarium mengantarkannya pada penemuan konsep desain akuarium yang dikenal hingga sekarang.

Iwagumi merupakan salah satu jenis seni menghias akuarium bertema alam. Konsep ini dibuat berdasarkan prinsip kebun batu ala Jepang.

Takashi Amano berhasil membuat desain dengan menggabungkan batu-batuan yang diposisikan sedemikian rupa dalam tangki akuarium dengan sangat hati-hati. Kemudian Amano juga bisa membuat sebuah dinamika aliran alami di dalam tangki akuarium tersebut.

Pengalamannya sebagai fotografer dan desainerlah yang membuat ini menjadi nyata. Dan menciptakan sebuah aquascape bernilai filosofi iwagumi yang tinggi. Berisi semangat, cinta, dan kesederhanaan.

Dalam desain akuarium ini, batu memerankan peran utama dalam menciptakan kesan sederhana tapi kuat dan indah. Dan yang paling sulit dalam membuat konsep akuarium ini adalah menciptakan harmonisasi dan kesatuan melalui kesederhanaan.

Prinsip tata letak iwagumi

Batuan yang digunakan dalam konsep iwagumi selalu berjumlah ganjil, mulai dari 3, 5, 7, 9, dan seterusnya. Batu-batu tersebut dipilih berdasarkan ukuran kemudian diletakkan sesuai dengan ketentuan.

Prinsip tata letak iwagumi yang utama adalah menghindari hal yang simetri. Jadi tata letak batunya sudah diatur supaya ada yang menjadi fokus utama dan ada yang berada di samping atau di belakangnya sebagai pelengkap.

Artinya, hasil yang didapatkan nanti adalah sebuah desain tak simetri dan alami layaknya tata letak batuan di alam.

Soal jenis batu yang digunakan, tidak ada ketentuan khusus untuk memilih salah satu jenis batu. Namun konsep ini mengajarkan untuk memilih kelompok bebatuan dengan warna serupa tapi berbeda dalam hal kontur dan tekstur.

Bahan untuk membuat Aquascape Iwagumi

Agar lebih jelas, berikut adalah beberapa batuan, ikan, dan tanaman yang bisa dimasukkan sebagai bahan untuk membuat aquascape iwagumi.

Cara Membuat Aquascape Iwagumi
Cara Membuat Aquascape Iwagumi dbahan-bahan yang diperlukan

Jenis batu untuk konsep Iwagumi

Berikut ini adalah beberapa batuan yang bisa digunakan dalam membuat akuarium ala Amano:

1.   Oyaishi

Oyaishi berperan sebagai batu utama karena berukuran besar dan indah. Posisinya adalah sebagai titik fokus pada akuarium. Batu ini diletakkan dengan 2/3 bagiannya terlihat dari atas. Sementara sisanya ditancapkan di dasar akuarium.

Untuk membuat tampilan alami, Oyaishi biasanya dibuat dengan tampilan miring.

2.   Fukuishi

Fukuishi biasanya diletakan di samping kanan dan kiri Oyaishi. Batuan ini memiliki warna dan tekstur yang menyerupai oyaishi tapi ukurannya lebih kecil. Tujuan dari batu ini adalah agar bebatuan dalam aquascape iwagumi terlihat seimbang.

3.   Soeishi

Bersama dengan fukuishi, soeishi bisa diletakkan di samping oyaishi. Keberadaan soeishi ini adalah untuk menonjolkan kekuatan batu utama.

4.   Suteishi

Batuan ini bisa dikatakan sebagai batuan pelengkap. Meski demikian, keberadaannya amat penting dalam cara membuat aquascape iwagumi karena dengan adanya batuan ini dapat tercipta rasa kebersamaan dalam sebuah akuarium.

Batuan ini sengaja diletakkan dan dibuat tidak terlalu menonjol dalam sebuah akuarium. Seringkali Suteishi ditutupi oleh tanaman.

Batuan-batuan di atas diatur di atas lapisan dasar berupa tanah dalam sebuah tangki akuarium. Penataannya harus dilakukan dengan hati-hati sehingga diperoleh desain yang bagus.

Baca juga: 12 Tanaman Aquascape Di Sekitar Kita yang Mudah Diperoleh

Jenis tanaman yang direkomendasikan

Tanaman yang digunakan dalam konsep ini memang terbatas. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga keseimbangan dan kesederhanaan dalam formasi bebatuan. Beberapa jenis tanaman yang sering dipakai adalah:

  1. Glossostigma elatinoides
  2. Hermianthus callitrichoides
  3. Dwarf hairgrass
cara membuat aquascape iwagumi dengan peilihan Glossostigma elatinoides   sebagai tanaman karpet nya
cara membuat aquascape iwagumi dengan peilihan Glossostigma elatinoides sebagai tanaman karpet nya

Baca juga: 10 Tanaman Aquascape di Sawah yang Mudah Perawatannya

Jenis Ikan yang direkomendasikan

Ikan yang dipilih untuk konsep ini haruslah bisa membentuk harmoni dengan komponen lainnya. Pilihan terbaiknya adalah ikan-ikan bertema minimalis dan tidak terlihat menonjol. Pastikan bahwa penambahan ikan dapat menciptakan kesan tenang dalam aquascape.

Berikut adalah beberapa ikan yang direkomendasikan:

  1. Harlequin rasbora
  2. Rummy nose tetras
  3. Cardinal tetras
Cara membuat aquascape iwagumi dan Pemilihan Ikan yang Tepat
Cara membuat aquascape iwagumi dan Pemilihan Ikan yang Tepat

Jangan gunakan ikan yang bisa mengganggu keseimbangan dalam aquascape.

Itulah langkah sederhana dalam cara membuat aquascape iwagumi. Ingat bahwa hal utama dari desain ini terletak pada batuannya. Jadi, pilih jenisnya dengan tepat dan berhati-hatilah dalam memasangnya.

advertisement
Tags: cara mendesain tata letak bebatuan aquascape indah dan alami

Hai, nama saya Ayra Maheswari, merasa sangat bersyukur bisa terlahir di dunia ini, dan cara bersyukur terbaik adalah dapat bermanfaat bagi orang lain. Sebar kebaikan & positivitas.

advertisement