Hari Baik Buka Usaha Dagang & 5 Contoh Usaha yang Prospektif

Dalam masyarakat Jawa, dikenal yang namanya hari baik buka usaha dagang. Jadi tidak hanya ada istilah hari baik untuk pernikahan, lamaran, mengkhitankan anak. Dalam hal membuka usaha baru pun terdapat perhitungan hari menurut weton primbon Jawa.

Untuk menentukan hari baik berdagang, maka digunakan hitungan neptu hari dari hari Senin sampai dengan Minggu serta neptu hari menurut perhitungan Jawa.

Hari Baik Buka Usaha Dagang & 5 Contoh Usaha yang Prospektif - hari baik buka usaha

Selain itu, dikenal juga yang namanya istilah watak hari dalam perhitungan Jawa, seperti:

  • Senin: Hari baik untuk semua keperluan.
  • Selasa: Awalnya baik, tapi yang baik pendek dan yang tidak baik panjang.
  • Rabu: Hari yang baik untuk semua keperluan, meski tidak sebaik hari Senin.
  • Kamis: Hari keras untuk usaha, akan banyak menemui kesulitan.
  • Jumat: Usaha akan banyak menemui kesusahan dan sakit hati.
  • Sabtu: Hari paling berat untuk memulai usaha dan akan banyak musibah.
  • Minggu: Hari netral untuk melakukan segala urusan.

Di atas merupakan watak hari untuk membuka usaha dagang secara umum. Selain mengetahui watak hari di atas, ada pula cara menghitung hari baik berdasarkan neptu hari dan neptu pasaran Jawa. Berikut ini detail cara menghitung hari baik yang bisa digunakan.

Cara menghitung hari baik buka usaha dagang menurut neptu weton Jawa

  1. Melihat daftar neptu hari menurut perhitungan Jawa terlebih dahulu yaitu: Senin (4), Selasa (3), Rabu (7) Kamis (8), Jumat (6), Sabtu (9) dan Minggu (5).
  2. Melihat daftar neptu pasaran menurut perhitungan Jawa yaitu: Kliwon (8), Legi (5), Pahing (9), Pon (7) dan Wage (4).
  3. Melihat daftar Pancasuda untuk menentukan kapan jatuhnya hari baik buka usaha dagang yaitu:
  4. Sri atau Sandang yang berarti rejeki berlimpah
  5. Lungguh atau Pangan yang berarti mendapat derajat
  6. Gedhong atau Bejo yang berarti kaya harta beda
  7. Loro yang berarti sakit-sakitan
  8. Pati yang berarti mati

Pancasuda sendiri adalah hasil hitungan jatuhnya kelebihan jumlah yang dihitung dibagi 5.

  • Dari daftar watak hari di atas, cobalah memilih hari baik, misalnya Senin. Lalu pilih hari pasarannya, memang awalnya tebak-tebakan terlebih dahulu, misalnya Legi. Jadi didapat SENIN LEGI. Jumlah neptu hari tersebut adalah 9 (dari neptu Senin 4 dan neptu Legi 5).
  • Hitunglah jumlah neptu weton hari orang yang mau buka usaha. Misalnya orang tersebut memiliki weton Kamis Pahing dan didapat jumlah neptu 17 (dari neptu Kamis 8 dan Pahing 9).
  • Jumlahkan kedua hasil neptu tersebut, yaitu Senin Legi dan Kamis Pahing sehingga didapat jumlah neptu 9 + 17 = 26.
  • Untuk mendapatkan hasil Pancasuda, silahkan hasil perhitungan di atas dibagi lima, sehingga 26 : 5 = 5 maka sisa 1.
  • Cek daftar Pancasuda dimana jika sisa 1 akan jatuh pada Sri yang berarti Rejeki Berlimpah. Maka hari baik untuk membuka usaha dagang bagi orang tersebut benar Senin legi.

Anda bisa mengecek hari baik lainnya menurut neptu weton masing-masing orang dengan cara di atas.

Contoh usaha modal 5 juta di kampung

Di bawah ini ada beberapa contoh usaha modal kecil yang bisa coba untuk dibuka:

  • Minuman jus buah dan coklat

Sekarang memang lagi ngetrend usaha minuman dengan buka gerai, misalnya khusus minuman jus buah atau coklat. Anda bisa coba buka di rumah dengan gerak kecil terlebih dahulu.

Hari Baik Buka Usaha Dagang & 5 Contoh Usaha yang Prospektif - hari baik buka usaha
  • Warung mie

Semua orang kebanyakan suka mie, Anda bisa memulai usaha warung makan mie pangsit. Banyak yang mengatakan cukup mudah mendapatkan untung hingga 3x lipat hanya dari modal belanja bahan-bahan pokoknya.

  • Sayur keliling

Contoh usaha keliling naik motor modal kecil yang bisa dicoba adalah berjualan sayuran. Anda bisa keliling kampung atau daerah kompleks perumahan sambil menawarkan dagangan sayuran Anda. Hari baik buka usaha dagang sayur keliling idealnya hari Senin atau selain hari minggu, dimana ibu-ibu di kampung sedang lbur semua dari segala aktivitas.

Hari Baik Buka Usaha Dagang & 5 Contoh Usaha yang Prospektif - hari baik buka usaha
  • Catering rumahan

Buat yang memiliki skill memasak, mulailah membuka usaha catering rumahan. Tidak perlu tempat yang besar, mulailah dari awal dengan membuka catering di rumah. Biasanya banyak karyawan kantor yang sering order catering atau acara-acara hajatan kampung yang butuh konsumsi.

  • Aneka makanan kering

Berjualan aneka makanan kering, apalagi di musim lebaran atau tahun baru. Sebagai pemula, modalnya tidak begitu besar. Anda bisa menerima pesanan untuk membuat aneka macam kue atau makanan kering.

Disarankan juga dalam membuka usaha, Anda gunakan manajemen resiko. Setiap usaha pasti ada resiko dan keuntungannya. Dengan cara dan manfaat manajemen resiko ini maka Anda bisa mengestimasi biaya yang dibutuhkan, evaluasi ekelbihan dan kekurangan dagangan anda, riset harga pasaran, serta memudahkan mengambil keputusan saat berdagang maupun dalam hal melakukan monitoring usaha dagang.

Demikian informasi tentang hari baik membuka usaha dagang, semoga membantu Anda yang sedang berencana meniti usaha dagang. Anda dapat menghitung menggunakan neptu weton terlebih dahulu, setelah mendapatkan usaha paling cocok yang ingin dibuka. Baca juga: Hari Baik Pindah Rumah