3 Cara Hiasan Dinding Kamar dari Kertas Origami yang Mudah

Kertas origami memiliki warna-warna cerah yang menarik sehingga cocok digunakan sebagai hiasan dinding kamar dari kertas origami. Ditambah lagi, kertas origami di pasaran harganya murah dan mudah untuk dicari.

Hiasan Dinding Kamar dari Kertas Origami

Kalau kamu tertarik untuk menghiasi kamar dengan bahan material ini maka ada beberapa ide atau inspirasi hiasan dinding menarik yang mudah untuk dibuat. Ikuti caranya di sini!

Langkah buat hiasan dinding kamar dari kertas origami sendiri

Kertas origami yang ketebalannya tipis sangat mudah untuk dibentuk. Cara buatnya jadi lebih mudah. Di sini kita akan coba beberapa bentuk hiasan dinding sebagai berikut:

Hiasan dinding bentuk kupu-kupu warna-warni paling cantik

Kalau kamu suka hiasan yang super indah dan cantik, maka bisa coba menyiapkan beberapa bahan ini untuk membuat hiasan dinding berbentuk kupu-kupu:

  • Kertas origami dengan warna-warna berbeda
  • Pensil
  • Penggaris

Selanjutnya perhatikan dan coba langkah berikut ini untuk membuat hiasan dinding kamar dari kertas origami kupu-kupu:

  1. Untuk kupu-kupu akan lebih baik mengambil kertas origami yang ukurannya sedang sampai kecil yang dibentuk menjadi beberapa buah. Untuk ukuran kupu-kupunya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.
  2. Lipatkan kertas origami menjadi 2 bagian dan buat pola atau gambar bentuk kupu-kupu di atas kertas origami memakai pensil. Gambarlah pada bagian putihnya.
  3. Gambar pola yang rapi khususnya di bagian sayap kanan dan kirinya harus seimbang. Setelah jadi, guntinglah pola tersebut. Buatlah beberapa buah kupu-kupu dari kertas origami yang ada.
  4. Setelah jadi, tempelkan kupu-kupu tersebut ke dinding memakai double tape. Pasanglah double tape di bagian tengah kupu-kupu. Atur posisinya.
Hiasan Dinding Kamar dari Kertas Origami kupu kupu warna warni

Selain menggambar, kamu juga bisa membuat kupu-kupu dengan pola lipatan. Ikat bagian tengah kertas origami dengan tali atau pita berwarna. Buat menjadi rangkaian kupu-kupu di dinding yang sedang terbang.

Hiasan Dinding Kamar dari Kertas Origami yang Mudah

Hiasan dinding tema alam dengan bentuk tumbuhan atau dedaunan

Tidak hanya kupu-kupu, tapi kamu bisa menghiasi kamar dengan hiasan berupa tumbuhan atau dedaunan dari kertas origami. Bahan yang perlu dipersiapkan, yaitu:

  • Kertas origami dengan warna-warna berbeda
  • Lem kertas
  • Gunting
  • Pola daun atau tumbuhan

Selanjutnya ikuti langkah berikut untuk membuat hiasan dinding dedaunan atau tumbuhan:

  1. Ambil pola bentuk daun yang sudah kamu gunting. Kamu bisa gunakan pola daun menyirip.
  2. Gunakan pola tersebut untuk mencetak beberapa kertas origami berwarna. Misalnya pola bentuk daun untuk mencetak kertas origami warna hijau muda, untuk kertas origami warna kuning bisa dibuat menjadi daun menjari dan seterusnya.
  3. Setelah selesai mencetak dan menggunting beberapa pola dengan kertas origami, maka sekarang tinggal ditempelkan ke dinding. Buatlah rangkaian dedaunan yang gugur.
  4. Tempelkan dengan hati-hati memakai double tape di dinding kamar. Kamu juga bisa menambahkan pepohonan.

Kamu juga bisa merangkai dedaunan tersebut dengan menggantungnya menggunakan benang atau pita berwarna yang tebal.

Hiasan Dinding Kamar dari Kertas Origami yang Mudah
Hiasan Dinding Kamar dari Kertas Origami yang Mudah

Hiasan dinding berbentuk paper flower dari origami

Kertas origami bisa dijadikan bahan untuk membuat paper flower berukuran kecil. Kamu bisa buat beberapa buah untuk ditempelkan pada dinding kamar dengan bahan-bahan sbb:

  • Kertas origami ukuran 20 cm x 20 cm
  • Capit kecil atau pinset
  • Pulpen atau pensil
  • Penggaris
  • Double tape atau lem

Setelah itu mulai membuat bunga mawar dari kertas origami dengan langkah berikut:

  1. Ambil kertas origami berwarna dan lipat hingga berbentuk kotak persegi kecil-kecil.
  2. Gunakan pulpen atau pensil untuk menebalkan lipatan kotak persegi kecil-kecil yang ada. Setelah itu lipatlah kembali.
  3. Lipat origami menjadi bentuk segitiga sehingga terbentuklah potongan garis. Buka lipatan dan lipat lagi ke empat sudut tapi ke dalam.
  4. Tekuklah kertas tersebut sehingga menjadi bentuk seperti mangkok mawar yang cantik.
  5. Terakhir, untuk memberikan kesan bunga mawar dari origami agar kelihatan lebih natural maka bisa diberi efek lengkung. Caranya dengan menggunakan pensil, kemudian beri lengkungan di tiap sisi kelopak mangkoknya.
  6. Tempelkan beberapa bunga mawar yang sudah dibuat dengan menggunakan double tape atau lem yang rekat.
Hiasan Dinding Kamar dari Kertas Origami yang Mudah

Selain lem, kamu juga bisa coba menggantungnya dengan benang. Ikat bagian tengah bunga mawar dan buat jadi rangkaian hiasan dinding seperti tirai dari bunga origami. Tidak hanya bunga mawar, tapi kamu juga bisa membuat rangkaian jenis bunga lainnya seperti bunga sakura dari kertas origami warna merah muda.

Hiasan Dinding Kamar dari Kertas Origami yang Mudah
Hiasan Dinding Kamar dari Kertas Origami yang Mudah
Hiasan Dinding Kamar dari Kertas Origami yang Mudah
Hiasan Dinding Kamar dari Kertas Origami yang Mudah

Baca juga: Hiasan Dinding dari Kain Flanel

Itulah beberapa ide menarik yang bisa dicoba untuk membuat sendiri hiasan dinding kamar dari kertas origami. Memang kertas origamiini berbentuk kecil, namun bisa kamu gunakan untuk hiasan dinding desain rangkaian yang bagus.

Selain kertas origami, juga dapat menggunakan kertas lain seperti kertas karton berwarna atau kertas kado dengan pola lucu. Selamat mencoba.