Cara Membuat Air Nabeez

Cara membuat air nabeez hampir sama dengan cara buat infused water buah lainnya. Hal ini karena air nabeez adalah air rendaman seperti infused water dengan bahan kismis atau kurma.

Cara Membuat Air Nabeez
Cara Membuat Air Nabeez

Air jenis ini rupanya menjadi minuman favorit kesukaan Rasulullah SAW. Beliau dulu juga merendam buah kurma atau kismis ke dalam air yang dimasukkan di wadah tertutup kemudian disimpan selama 12 jam sebelum diminum.

advertisement

Pada dasarnya air nabeez hampir sama dengan infused watersaat ini, hanya saja bahan yang dipakai bukan lemon, strawberry, apel, dan sejenisnya melainkan kurma atau kismis.

Ini dia cara membuat air nabeez yang tepat

  1. Pertama-tama kamu siapkan alat dan bahannya terlebih dahulu, yaitu: beberapa buah kurma atau kismis sesuai selera namun sebaiknya berjumlah ganjil, wadah atau botol tertutup, serta air mineral.
  2. Tuangkan air mineral ke dalam wadah atau botol, kemudian masukkan buah kurma yang sudah dibuang bijinya. Selain menggunakan buah kurma, kamu juga bisa memakai kismis.
  3. Carik-carik isi kurmanya, tutup wadah atau botol berisi air kurma tersebut. Diamkan selama 8-12 jam.
  4. Setelah disimpan selama beberapa jam (tidak lebih dari 12 jam), maka air nabeez sudah bisa kamu nikmati kesegarannya.
Cara Membuat Air Nabeez

Saat membuat air nabeez ini sebaiknya gunakan hanya satu buah saja, kurma atau kismis dan jangan mencampurnya. Untuk air buah kurma/ kismis ini sendiri memang bisa tahan selama 1-2 hari jika disimpan dalam kulkas, namun saat hari ke-3 air rendaman sudah berubah menjadi arak sehingga haram hukumnya untuk diminum.

Cara minum air nabeez saat puasa sebaiknya dibuat di malam hari, lalu diminum ketika sahur karena kandungannya dapat membantu menjaga energi saat berpuasa.

Air nabeez disarankan tidak hanya diminum saat bulan puasa, akan baik jika diminum setiap hari untuk memenuhi nutrisi. Air rendaman yang sudah direndam selama 12 jam sebaiknya harus segera diminum karena meski belum berubah jadi arak kalau terlalu lama akan menurun khasiatnya.

Manfaat air nabeez untuk ibu hamil dan menyusui

Ada banyak sekali manfaat air nabeez terbuat dari buah kurma atau kismis ini bagi ibu hamil, diantaranya yaitu:

Cara Membuat Air Nabeez
Cara Membuat Air Nabeez untuk Bumil

Menyediakan energi

Ketika ibu mengandung janin, maka mereka memerlukan tenaga atau energi lebih. Mengonsumsi air ini tiap hari bisa membantu menyediakan energi yang dibutuhkan dengan gula alami namun kalori yang rendah.

Menyediakan asam amino

Buah kurma khususnya mengandung protein serta asam amino sehingga sangat baik bagi pertumbuhan janin di dalam kandungan ibu hamil.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Air nabeez juga bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Terkadang ketika ibu sedang hamil, maka daya tahan tubuh mudah melemah. Sedangkan air nabeez mengandung zat besi yang fungsinya menjaga kestabilan protein, produksi sel darah merah serta membantu meningkatkan imun.

Menguatkan otot rahim serta memperkaya kualitas ASI

Manfaat air nabeez untuk ibu menyusui yaitu dapat memperkaya kualitas ASI berkat kandungan alami di dalamnya. Bahkan para ibu menyusui juga dianjurkan untuk minum air nabeez selama bulan puasa. Selain itu, bagi ibu hamil maka mengonsumsi atau meminum kurma sendiri dapat membantu menguatkan otot-otot rahim sehingga kandungan lebih kuat dan terjaga.

Mengatasi sembelit

Air nabeez kaya akan serat alami yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan termasuk mencegah terjadinya sembelit selama masa kehamilan. Perut juga mudah kenyang sehingga mengurangi kadar kolesterol, akhirnya dapat membantu menjaga berat badan tetap seimbang.

Manfaat air nabeez untuk kesehatan yang luar biasa

Selain manfaat bagi ibu hamil dan menyusui di atas, masih ada berbagai manfaat lain dari air luar biasa ini, seperti:

Cara Membuat Air Nabeez
  • Membantu proses detoks karena pada minumnya air rendaman infused water bisa membantu proses pengeluaran racun di dalam tubuh atau detoksifikasi.
  • Karena kandungan alkalinya maka air ini juga ampuh dalam membuang kelebihan asam di perut sehingga membantu mengendalikan asam lambung.
  • Berkat kandungan serat atau fibernya yang tinggi, maka air ini meningkatkan fokus pikiran sehingga tidak mudah lupa.
  • Infused water berbahan dasar kurma ini juga kaya akan kandungan kaliumnya yang berguna untuk menormalkan tekanan darah serta amat baik bagi kerja jantung.
  • Meminum air nabeez diyakini mampu melawan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Demikian info tentang cara membuat air nabeez serta manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan. Baca juga: Cara Membuat Infused Water Lemon untuk Diet & Jerawat

advertisement