Cara Membuat Infused Water Lemon untuk Diet & Jerawat

Cara membuat infused water lemonminuman kesehatan sangat simpel dan mudah. Siapa pun bisa melakukannya karena bahan-bahan yang dibutuhkan sangat sederhana. Infused water lemon merupakan salah satu minuman kesehatan yang dibuat dari campuran irisan jeruk lemon dan air putih.

Cara Membuat Infused Water Lemon untuk Diet & Jerawat - cara membuat infused water lemon

Selain infused water lemon, sebenarnya ada banyak infused water yang bisa kita temukan. Namun, infused water lemon yang paling laris dan populer terutama di kalangan praktisi atau penggemar kesehatan.

Sebagai minuman kesehatan, infused water lemon efektif untuk menetralisir dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Juga baik untuk mengatasi obesitas yang menjadi penyebab gangguan kesehatan berbahaya termasuk diabetes, stroke dan serangan jantung.

Cara Membuat Infused Water Lemon untuk Diet & Jerawat - cara membuat infused water lemon

Cara membuat infused water lemon simpel dan cepat

Setelah kedua bahan utama tersedia yakni jeruk lemon dan air putih. Simak bagaimana cara membuat infused water lemon di bawah ini:

  1. Pertama-tama, siapkan dua buah jeruk lemon baru yang masih segar kemudian cuci di air mengalir hingga bersih mengkilap.
  2. Ambil pisau dan talenan lantas iris jeruk lemon sesuai kebutuhan. Untuk hasil yang seimbang antara kadar air dan jeruk lemon, usahakan iris sebanyak 8 irisan.
  3. Siapkan air putih matang 200 ml, Anda bisa menggunakan air mineral atau air yang dimasak di rumah.
  4. Ambil botol atau gelas (sesuaikan saja dengan kebutuhan) setelah itu tambahkan air matang baru kemudian masukkan seluruh irisan jeruk lemon.
  5. Supaya nutrisi dari jeruk lemonnya terserap ke air putih, biarkan selama 120 menit atau minimal 60 menit saja.
  6. Bila rasa airnya sudah berubah dari tawar menjadi masam, tandanya infused water lemon Anda sudah siap. Tips tambahan, bila Anda tertarik untuk mendapatkan rasa masam yang lebih kaya, maka berikan waktu tambahan untuk merendam jeruk lemon di dalam air. Semakin lama direndam, akan semakin masam airnya.
  7. Di musim panas, Anda bisa menambahkan es batu ke dalam infused water lemon. Dengan cara ini, infused water lemon yang dikonsumsi akan terasa lebih dingin dan juga segar.
Cara Membuat Infused Water Lemon untuk Diet & Jerawat - cara membuat infused water lemon
1. cara merendam air lemon yang benar … pakai air hangat atau air dingin/es?
2. Rendam dengan kulit atau tanpa kulit?

Inilah yang biasa disebut sebagai tips membuat infused water lemon tanpa kulkas. Karena bila disimpan di dalam kulkas, artinya Anda tidak bisa minum infused water lemonnya dengan cepat setelah jadi. Harus menunggu selama beberapa jam agar airnya dingin.

Manfaat infused water lemonuntuk tubuh

Di atas telah dijelaskan secara gamblang, bagaimana cara membuat infused water jeruk lemon dan sekilas tentang manfaatnya. Selengkapnya tentang manfaat utama infused water lemon simak berikut ini:

  • Menyehatkan Kulit

Kadar antioksidan yang tinggi pada jeruk lemon dipercaya efektif untuk menghilangkan bintik hitam dan melawan penuaan. Apalagi bila Anda mengonsumsi infused water lemon secara teratur.

Wajah yang sering terlihat kusam karena kurang perawatan akan terlihat lebih sehat dan berseri. Selain diminum, infused water lemon juga bisa menjadi pengganti toner. Tuangkan infused water lemon pada kapas secukupnya lalu usapkan pada kulit wajah.

  • Mengatur Kadar Ph

Tiap sel tubuh manusia hampir 100% mengandung air, maka penting sekali untuk menjaga tingkat keasaman tubuh. Mengonsumsi infused water lemon bisa membantu mempertahankan tingkat keasaman dengan baik. Akibatnya, tubuh jauh dari obesitas maupun gangguan penyakit jantung.

Cara Membuat Infused Water Lemon untuk Diet & Jerawat - cara membuat infused water lemon
  • Menambah Energi

Bekerja terlalu lama bisa mengurangi kadar energi di dalam tubuh, akibatnya tubuh jadi mudah merasa lelah dan lemas. Untuk mengembalikan energi yang berkurang minumlah infused water lemon.

Minuman kesehatan ini diyakini mampu memperbaiki mood sekaligus menambah energy yang hilang. Anda yang kebetulan memiliki riwayat anemia, wajib mengonsumsi infused water lemon atau infused water stroberi untuk menambah energi.

  • Mencegah dan Melawan Kanker

Dari hasil penelitian di temukan jika polifenol lemon efektif untuk mencegah obesitas sekaligus mengendalikan gula dalam darah. Sementara itu, jurnal penelitian menyebutkan jika lemon baik untuk mencegah penyebaran kolesterol jahat. Kolesterol jahat selama ini menjadi salah satu penyebab utama meningkatnya risiko kanker.

  • Menyehatkan Ginjal

Kandungan asam sitrat pada jeruk lemon sudah dipercaya sejak lama untuk menyehatkan ginjal dan mengurangi risiko batu ginjal atau gangguan ginjal lainnya. Karena ginjal termasuk organ tubuh yang sangat penting dan wajib dijaga kesehatannya.

Proses pembentukan batu ginjal terjadi apabila asam urat mengkristal atau jumlah kotoran yang menumpuk. Konsumsi infused water lemon setiap hari akan membantu menetralisir racun di dalam tubuh.

Cara Membuat Infused Water Lemon untuk Diet & Jerawat - cara membuat infused water lemon

Cara agar infused water lemon tidak pahit

Meski sudah dibuat mengikuti tata cara pembuatan, terkadang infused water lemon yang Anda buat masih terasa pahit. Padahal minuman kesehatan ini sudah menjadi teman sehari-hari sebagai pengganti air mineral. Supaya tidak terjadi lagi, ikuti tips berikut:

1. Usahakan konsumsi secepatnya

Agar minuman infused water lemon yang Anda buat rasanya masam dan segar tidak terasa pahit sama sekali pastikan untuk segera mengonsumsinya setelah 2 jam pembuatan. Jangan sampai Anda mendiamkannya terlalu lama bahkan disimpan di dalam lemari es hingga berhari-hari.

Lewat dari tiga hari, jeruk lemon pada infused water lemon akan mulai membusuk. Proses pembusukan inilah yang membuat infused water lemon terasa tidak segar lagi. Bila tetap diminum, tidak menutup kemungkinan bila Anda akan terkontaminasi dengan bakteri.

2. Buang bagian pahitnya

Kulit jeruk lemon memiliki kadar pahit yang sangat tinggi. Sayangnya, tidak semua orang mengetahui hal tersebut sehingga saat membuat infused water lemon mereka langsung menambahkan irisan lemon ke air putih. Padahal, kulit jeruk lemon harus dikupas dan dihilangkan terlebih dahulu.

Tips ini sangat simpel, tapi dalam pelaksanaannya masih dianggap sepele oleh banyak orang. Bila dibiarkan terus menerus, Anda tidak boleh berharap terlalu banyak jika infused water lemon yang Anda buat rasanya segar.

3. Gunakan lemon segar

Di supermarket atau pasar tradisional, ada banyak jeruk lemon segar yang bisa Anda temukan. Untuk menghasilkan infused water lemon segar dan enak, pastikan hanya menggunakan jeruk lemon matang dan segar.

Perhatikan kondisi jeruknya, apa tampak layu?  Menggunakan jeruk lemon layu hanya akan membuat infused water lemon terasa pahit bahkan mengeluarkan aroma yang tidak enak. Hal ini baiknya dihindari untuk menjaga kesehatan tubuh Anda dari kontaminasi makanan busuk.

Dimana anda bisa mendapatkan buah lemon segar? Anda bisa membelinya di supermarket atau pasar tradisional, namun harus pagi agar stok yang fresh masih tersedia. Selain itu juga apabila anda punya ladang/kebun sendiri ๐Ÿ™‚

Jika diperlukan, Anda wajib memahami bagaimana cara membedakan antara jeruk lemon berkualitas dan tidak. Jangan malu untuk bertanya pada pedagang atau mengidentifikasi jeruk lemon ketika berbelanja. Karena bagaimana pun juga yang akan mengonsumsi infused water lemon tersebut adalah Anda bukan orang lain.

Cara Membuat Infused Water Lemon untuk Diet & Jerawat - cara membuat infused water lemon

Berapa lama air lemon bertahan?

Karena dibuat dari bahan-bahan yang menyehatkan banyak orang yang mengira jika infused water lemon bisa dikonsumsi dalam jangka waktu panjang. Padahal sama seperti makanan lainnya, infused water lemon juga memiliki masa kadaluwarsa.

Infused water lemon yang telah dibuat dan ditempatkan di dalam lemari es hanya bisa bertahan dalam waktu 3 hari saja.
Sementara untuk infused water lemon yang dibuat tanpa dimasukkan dalam lemari es, wajib dikonsumsi di hari yang sama.

Lewat dari batas waktu, infused water lemon tidak bisa disebut sebagai minuman menyehatkan lagi. Kandungan bakterinya justru mengubah minuman tersebut sebagai minuman yang membahayakan.

Sedangkan aturan minum infused water lemon disamakan dengan prinsip dasar minum air putih. Anda bisa mengkonsumsi infused water lemon sebanyak 2 liter setiap harinya.

Efek samping minum infused water lemon secara berlebihan

Apa pun yang dikonsumsi secara berlebihan akan memberikan efek negatif bagi tubuh, termasuk minuman kesehatan sekelas infused water lemon. Anda yang saat ini rutin mengonsumsi minuman ini, hendaknya lakukan sesuai dosisnya. Karena bila diminum lebih dari dosisnya, bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan berikut:

Meningkatkan kadar asam lambung

Penderita GERD atau asam lambung tinggi baiknya menghindari atau membatasi konsumsi infused water lemon. Karena kadar asam pada jeruk lemon sangat tinggi yang bila dikonsumsi berlebihan akan memperparah kondisi lambung. Bila tertarik untuk mencoba cara membuat infused water lemon sebagaimana yang dijelaskan di atas. Cobalah sesekali saja jangan secara rutin apalagi dengan dosis 2 liter per hari sebagaimana rekomendasi di atas.

Migrain / Sakit Kepala Sebagian

Manfaat infused water lemon tidak selamanya baik untuk kesehatan, pada beberapa orang konsumsi infused water lemon bisa menyebabkan migrain. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada 490 pasien migrain, 11% orang mengaku jika mereka mengalami gejala migrain yang menyakitkan pasca minum air lemon.

Pengaruh migrain ini terjadi karena kandungan tyramine pada jeruk lemon yang memicu migrain. Bila Anda sering mengeluhkan sakit kepala sebelah, maka hindari konsumsi infused lemon water secara berlebihan. Terutama di saat sedang beraktivitas atau bekerja. Jangan sampai karena infused water lemon, Anda tidak bisa bekerja dengan baik dan optimal.

Erosi Gigi

Terlalu sering makan jeruk lemon atau mengonsumsi infused lemon water bisa menyebabkan erosi gigi. Erosi gigi bila dibiarkan terus menerus akan membuat gigi menjadi lebih sensitif. Akibatnya, ketika makan makanan dingin dan panas Anda akan merasa nyeri.

Gigi merupakan bagian tubuh yang kaya akan kalsium dan kalium, bila berinteraksi secara langsung dengan asam gigi akan larut dengan mudahnya. Jika Anda benar-benar mengidamkan konsumsi infused water lemon tapi ingin menghindari efek samping infused water lemon.

Pastikan untuk minum air putih lebih dahulu barudilanjutkan dengan minum infused water lemon. Konsumsi air putih akan membantu menjaga gigi dari erosi terus menerus akibat konsumsi minuman asam. 

Sakit perut

Sakit perut bukan hanya disebabkan oleh makanan pedas saja, tapi juga disebabkan oleh minuman asam. Penelitian yang dilakukan di New York menemukan bila minum infused water lemon secara berlebihan akan menyebabkan rasa nyeri yang sangat tidak menyenangkan di dada.

Terutama bila Anda minum infused water lemon tersebut di pagi hari sebelum sarapan. Jangan terkejut bila secara alami tubuh Anda akan mulai merasakan sakit yang sangat hebat bahkan yang paling parah bisa memicu maag.

Dengan memahami empat efek samping itu, hendaknya Anda menyadari bagaimana pengaruh infused water lemon pada tubuh Anda. Jika pengaruhnya kurang positif, maka hindari konsumsi infused water lemon secara berlebihan. Minum secukupnya saja untuk menjaga kesehatan.

Demikian informasi tentang cara membuat infused water lemonberikut informasi lainnya. Semoga Anda bisa lebih sehat dengan infused water lemon bukan sebaliknya.