Gusi Sering Berdarah? Inilah 7 Penyebab & 8 Solusinya!

Gusi sering berdarah tentu akan menyebabkan ketidaknyamanan. Orang yang mengalami gusi sering berdarah, bisa jadi diakibatkan kelainan dalam proses pembekuan darah yang dimilikinya. Selain itu, perilaku menggosok gigi seseorang yang terlalu keras bisa jadi merupakan pemicunya.

gusi sering berdarah

Penyebab Gusi Sering Berdarah

Ada beberapa penyebab yang bisa menyebabkan gusi anda sering berdarah, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Radang Gusi

Seseorang yang mengalami radang gusi, dapat mengakibatkan bagian gusinya mengalami pendarahan. Radang gusi sendiri disebabkan adanya plak gigi yang merembet ke daerah gusi.

advertisement

Plak tersebut kemudian akan menumpuk dan mengeras sehingga membentuk karang. Ketika karang telah terbentuk seperti ini, maka bagian gusi akan mengalami peradangan.

Setelah itu, bagian gusi akan menjadi rentan berdarah khusus apabila kita sedang menggosok gigi.

2. Periodontitis

Periodontitis adalah infeksi yang terjadi pada bagian gusi yang akan mengakibatkan terjadinya kerusakan pada gigi, jaringan lunak dan tulang penyangga gigi.

Periodontitis ini salah satu penyebabnya adalah adanya radang gusi yang tidak segera diobati. Jika seseorang terkena penyakit ini, maka pada bagian gusi dan giginya bisa bernanah.

gusi sering berdarah periodontitis

3. Kekurangan Vitamin

Jika anda kekurangan vitamin C dan K maka anda menjadi lebih rentan untuk mengalami pendarahan pada gusi.

Vitamin C mempunyai fungsi untuk mempercepat penyembuhan luka sedangkan vitamin K merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembekuan darah.

Apabila kita kekurangan mengkonsumsi kedua vitamin ini, maka jika kita mengalami pendarahan biasanya akan lebih lama sembuhnya.

advertisement

4. Leukemia

Gusi yang sering berdarah, merupakan salah satu tanda seseorang terkena Leukimia. Leukemia atau sering disebut dengan kanker darah, merupakan sebuah penyakit yang diakibatkan meningkatnya jumlah sel darah putih.

Sel darah putih di dalam darah ini kemudian, tidak hanya akan memakan mikroorganisme yang masuk ke dalam tubuh. Akan tetapi ia akan menghancurkan sel-sel darah lainnya, seperti juga trombosit.

Jika kita kekurangan trombosit, maka pembekuan darah yang terjadi di dalam diri kita akan sangat sulit sembuhnya.

5. Hemofilia

Hemofilia merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan gangguan dalam proses pembekuan darah. Penyakit ini hanya terjadi pada pria dan disebabkan oleh faktor keturunan.

Bagi seseorang yang terserang penyakit ini maka ketika mengalami pendarahan, pendarahan tersebut menjadi sulit berhenti. Salah satu gejala seseorang yang terserang penyakit ini adalah pada bagian gusinya sering mengalami pendarahan.

gusi sering berdarah hemofilia

6. Diabetes

Bagi anda yang terkena penyakit diabetes melitus, biasanya akan sering mengalami gusi berdarah. Hal ini dikarenakan seseorang yang mengalami diabetes, lebih mudah mengalami plak gigi.

Selain itu, kadar gula yang tinggi di dalam tubuh penderita penyakit ini juga akan menyebabkan orang tersebut lebih rentan mengalami pendarahan, termasuk di bagian gusi.

Di sisi lain, seseorang yang terkena penyakit pada gusinya akan membuat diabetes menjadi lebih sulit dikontrol.

7. Stress

Bagi anda yang mengalami stress berlebih, hal ini akan membuat kadar hormon kortisol menjadi meningkat.

Hormon kortisol yang berada dalam jumlah terlalu tinggi dapat menyebabkan terjadinya peradangan termasuk pada gusi anda. Oleh karena itu, bisa jadi pendarahan pada gusi anda disebabkan karena anda sedang mengalami stress berlebih.

Cara Mengatasi Gusi Sering Berdarah

Untuk mengatasi gusi yang sering berdarah, kita tentu harus mencoba mencari tahu penyebabnya. Setelah kita mengetahui penyebabnya, maka kita akan dengan lebih mudah mencari solusi untuk mengatasinya.

gusi sering berdarah

Misalnya saja jika penyebabnya adalah karena sakit diabetes, maka orang tersebut harus berusaha menstabilkan kadar gula di dalam tubuhnya.

Sedangkan jika pendarahan di gusi ini disebabkan oleh adanya plak yang berlebih, maka solusinya adalah dengan membersihkan plak tersebut.

Untuk mengurangi tingkat keseringan gusi berdarah, anda bisa mencoba untuk melakukan beberapa hal berikut ini.

  1. Menggunakan sikat gigi yang bulunya lembut, selain itu ketika menyikatnya lakukan secara perlahan.
  2. Gosoklah giginya anda setiap habis makan, agar meminimalisir munculnya plak baru pada gigi anda.
  3. Berkumur menggunakan obat kumur setiap hari, sehingga membuat bakteri yang ada di dalam mulut anda menjadi mati. Jangan gunakan obat kumur yang mengandung alkohol, karena hal tersebut justru dapat memperburuk keadaan.
  4. Minum air putih secara cukup minimal 2 liter sehari.
  5. Jangan mengkonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas dan dingin karena akan menyebabkan kerusakan pada gigi dan gusi.
  6. Melakukan konsultasi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk memeriksa bagaimana kondisi gigi dan gusi anda.
    Biasanya jika terdapat plak di dalam gigi atau gusi anda, dokter akan membersihkannya sehingga mengurangi terjadinya gusi berdarah.
  7. Jangan merokok, karena hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada gusi menjadi lebih parah.
  8. Mengkonsumsi vitamin dalam jumlah yang cukup.

Itulah beberapa penyebab gusi sering berdarah dan cara mengatasinya. Jalankan selalu pola hidup sehat sehingga dan rajinlah lakukan kontrol ke dokter jika kondisi tidak segera membaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *