Hari Baik Mencari Rezeki Lengkap dgn Amalan & Dalilnya

Hari Baik Mencari Rezeki. Setiap manusia perlu untuk mencari rezeki untuk kelangsungan hidup. Kelangsungan hidup pokok manusia terdiri atas sandang, pangan dan papan. Apabila kebutuhan pokok tersebut dapat dipenuhi maka dapat memenuhi kebutuhan lainnya.

Hari Baik Mencari Rezeki Lengkap dgn Amalan & Dalilnya - hari baik mencari rezeki

Dalam mencari rezeki, ada kalanya beruntung atau kurang beruntung. Beruntung adalah ketika rezeki yang didapatkan dapat memenuhi segala kebutuhan. Dan yang kurang beruntung adalah rezeki yang didapatkan belum memenuhi kebutuhannya. Akan tetapi, banyak sedikitnya rezeki harus disyukuri.

Mencari rezeki tentunya tidak terlepas dengan hari yang diyakini baik untuk mencari rezeki. Hari baik mencari rezeki tersebut diimbangi dengan rezeki yang dicari harus baik, halal dan tidak merugikan orang lain. Pada dasarnya semua hari baik untuk mencari rezeki. Sebagai umat muslim hendaknya mensyukuri segala rezeki yang didapatkan.

Hari Baik Mencari Rezeki dan Jam Memulai Aktifitas

JabarilAkhmadYusupIbrahimNgijrail
MingguJam 67,8,910,11,121,2,34,5
SeninJam 1, 2, 34,57,8,9610,11,12
Selasa61,2,310,11,124,57,8,9
Rabu4,567,8,910,11,121,2,3
Kamis61,2,310,11,124,57,8,9
Jumat4,5610,11,121,2,37,8,9
Sabtu1,2,310,11,127,8,964,5
  • Jabaril artinya baik dan banyak penolong,
  • Ahmad berarti sangat Cocok dan Baik,
  • Yusup artinya bagus, jika erjadi kesialan ada yang membantu,
  • Ibrahim artinya kurang bagus/jelek, karena banyak kendala
  • Ngijrail artinya jelek, jika beraktifitas sering sial, jika berdagang kemungkinan rugi

Amalan Rezeki Datang Sendiri

Untuk mendapatkan rezeki yang berkecukupan. Ada amalan yang dapat Anda terapkan agar rezeki yang Anda dapatkan bisa datang dengan sendirinya. Rezeki yang datang dengan sendirinya merupakan rezeki yang tidak dapat diduga sebelumnya.

Rezeki yang didatangkan oleh Allah ini tidak hanya berupa materi saja. Melainkan dapat didatangkan melalui hal yang sepele. Seperti diberikan sehat, diberikan kebahagian, mempunyai teman yang baik dan lain sebagainya. Berikut amalan-amalan yang dapat mendatangkan rezeki dengan sendirinya:

Melakukan Sedekah

Sedekah adalah memberikan sedikit barang atau harta kepada seseorang yang lebih membutuhkan. Siapa bilang melakukan sedekah menjadikan seseorang bertambah miskin. Melainkan dengan Anda bersedekah Allah akan melipat gandakan  hasil sedekah Anda 100 kali lipat lebih banyak dari sebelumnya.

Apabila Anda tidak dapat bersedekah menggunakan materi, Anda juga dapat memberi sedekah melalui tenaga. Seperti membantu orang lain bahkan dengan tersenyum saja, sudah dapat dikatakan dengan sedekah.

Memperbanyak Syukur

Segala rezeki yang didapatkan perlu untuk disyukuri. Baik itu rezeki yang didapatkan banyak maupun sedikit. Karena Allah mencintai orang yang senantiasa bersyukur. Apabila Anda sering bersyukur, maka Allah akan memberikan kebahagiaan dan juga rezeki yang akan mendatangi Anda secara tiba-tiba tanpa terduga.

Memperbanyak Istighfar

Kalimat Astagfirullah hal adzim adalah kalimat untuk memohon ampunkepada Allah atas dosa-dosa yang telah dilakukan. Dengan Istighfar Allah dapat menurunkan rezeki yang tidak dapat Anda duga sebelumnya. Terkadang dengan dosa-dosa yang telah diperbuat dapat menutup pintu rezeki. Maka dari itu perlu beristighfar agar pintu rezeki tersebut dapat dibuka kembali.

Membaca Surat Al-Waqiah

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa dengan membaca surat Al-Waqiah dapat melancarkan rezeki. Karena surat Al-Waqiah dijadikan surat yang dapat medatangkan kekayaan. Karena pada ayat ke 56 memiliki kandungan Tauhid, iman dan bentuk kekuasaan Allah.

Dengan hal tersebut, surat Al-waqiah dapat dijadikan amalan untuk mendatangkan rezeki. Dalam membaca surat Al-Waqiah perlu dibaca secara terus menerus untuk lebih memudahkan Allah memberikan rezeki secara tidak terduga.

Hari Baik Mencari Rezeki Lengkap dgn Amalan & Dalilnya - hari baik mencari rezeki

Sifat Istri Yang Menghambat Rezeki Suami

Setelah mengetahui beberapa amalan yang dapat mendatangkan rezeki tanpa terduga. Maka ada juga beberapa sifat istri yang dapat menghambat rezeki suami. Berikut beberapa sifat istri yang dapat menghambat rezeki suami:

  • Tidak Pernah Bersyukur Dengan Rezeki Yang Didapatkan Oleh Suami

Sifat tidak bersyukur seorang istri dapat menghambat rezeki suami. Dengan sifat tersebut menandakan bahwa istri tidak memiliki rasa puas dengan rezeki yang telah diberikan suaminya.

  • Melalaikan Kewajiban Dalam Beribadah

Melalui ibadah yang dilakukan dapat membawa rezeki yang berkecukupan. Apabila istri tidak melakukan kewajiban beribadah. Maka rezeki yang didapatkan oleh suami akan terhambat.

  • Tidak Bersedekah

Sorang istri yang berat hati untuk melakukan sedekah. Atau bahkan tidak pernah sekalipun bersedekah, Dapat menghambat rezeki yang didapatkan oleh suami. Sedekag bisa dilkakuan dimana saja, misal di sedekah dengan pengemis, infaq di tempat ibadah, murah senyum dan ramah dsb.

  • Durhaka Kepada Suaminya

Istri yang durhaka adalah istri yang membantah perkataan suami, melawan suami bahkan tidak mengurus suaminya. Maka dengan hal tersebut dapa membuat rezeki suami tidak lancar. Selama pendapat/keinginan suami tidak bertentangan dengan agama, hukum, norma sosial dan logis maka istri wajib menurutinya.

  • Boros dan Suka Menghambur-Hamburkan Uang

Rezeki yang diberikan oleh suami hendaknya digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan tidak menghamburkan uang. Karena hal tersebut dapat menjadi salah satu penghambat rezeki suami. Perlu pemahaman mana yang bersifat keinginan, dan mana yang bersifat kebutuhan.

Hari Baik Mencari Rezeki Lengkap dgn Amalan & Dalilnya - hari baik mencari rezeki

Dalil Rezeki Tidak Akan Tertukar

Sifat istri yang dapat menghambat rezeki suami telah dibahas diatas. Maka saat ini adalah pembahasan tentang dalil yang menjadi patokan bahwa rezeki tidak akan pernah tertukar. Berikut dalilnya:

Baginda Rasulullah SAW pernah bersabda, yang berbunyi  โ€œ Tidak Ada satu pun mahluk hidup di dunia ini,  yang rezekinya akan tertukar satu dengan lainnya. Karena Allah telah mengatur rezeki untuk setiap mahluk-Nya.โ€ (H.R Abu Dawud)

Dalam hadis tersebut menjelaskan bahwa rezeki semua mahluk ciptaan Allah sudah diatur dan tidak akan pernah tertukar. Bahkan hewan yang hidup di hutan, Allah sudah mengatur rezekinya.

Demikian sedikit ulasan mengenai hari baik mencari rezeki. Karena rezekiakan datang dengan sedirinya apabila senantiasa bertaqwa kepada Allah SWT. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Baca juga: Hari Baik Pindah Rumah dan 7 Hal yang Perlu Dipersiapkan