5 Manfaat Tanaman Lidah Mertua, Klasifikasi dan Perawatannya

Manfaat tanaman lidah mertuamenjadi perhatian penting bagi daerah perkotaan , ontohnya Pemerintah DKI Jakarta. Konon, tanaman hias ini mampu mengurangi polusi udara yang selama ini menjadi masalah tak terselesaikan di Kota Jakarta.  Dengan penanaman lidah mertua diharapkan racun yang menyebar di udara akibat asap kendaraan bermotor, asap rokok dan asap pabrik bisa dikurangi.

manfaat tanaman lidah mertua sensevieria

Lidah mertua dalam bahasa latin dikenal sebagai Sansevieria. Tanaman ini memiliki tampilan yang sangat unik, daunnya tebal dan runcing dengan corak menyerupai sisik ular. Selengkapnya tentang klasifikasi tanaman lidah mertua simak di bawah ini:

  • Kingdom: Plantae
  • Spesies: Sanseviera Trifasciata Prain
  • Divisi: Magnoliophyta
  • Family: Agavaceae
  • Kelas: Liliopsida
  • Genus: Sanseviera
  • Ordo: Liliales

Tanaman lidah mertua yang kita kenal bukan hanya satu spesies saja. Setidaknya ada 70 jenis tanaman lidah mertua yang bisa ditemukan di dunia termasuk spesies Sansevieria cylindrical, Sansevieria kirkii, Sansevieria dawei dan masih banyak lagi.

Khasiat dan Manfaat Tanaman Lidah Mertua

Utamanya, tanaman ini dikenal sebagai penyerap racun yang tersebar di udara. Akan tetapi, lidah mertua juga memiliki sejumlah manfaat seperti:

Mengobati batuk dan flu

Mengonsumsi obat lidah mertua dipercayai mampu mengobati batuk dan flu. Cukup ambil 25 lembar daun lidah mertua untuk direbus dan disaring airnya. Konsumsi air rebusan daun lidah mertua sebanyak 2x dalam sehari. Obat herbal ini juga efektif guna menurunkan risiko penyakit gula.

Tanaman herbal ini jauh lebih aman dan terjangkau daripada rutin mengonsumsi obat batuk atau flu dari apotek. Setidaknya, Anda hanya perlu mengambil daun lidah mertua dari pekarangan rumah.

tanaman lidah mertua untuk mengobati flu dan batuk

Mengurangi sick building syndrome

Di udara, ada banyak sekali racun yang berbahaya seperti nikotin atau karbon dioksida yang bila dihirup bisa menyebabkan sick building syndrome. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa meletakkan beberapa tanaman lidah mertua di dalam rumah terutama di dalam toilet.

Tanaman ini otomatis akan menyaring polusi yang tersebar di dalam rumah membuat udara selalu bersih dan segar. Sangat cocok untuk keluarga yang memiliki bayi atau balita di dalam rumah. Karena udara yang kotor merupakan cikal bakal dari penyakit.

mnfaat tanaman lidah mertua engurangi sakit tenggorokan, flu, batuk, iritasi mata

Menyerap gelombang radiasi

Keunikan lain dari tanaman hias ini adalah kemampuannya untuk menyerap gelombang radiasi yang dipancarkan oleh barang elektronik. Biasanya, kita tidak menyadari jika penggunaan gadget dan barang elektronik di rumah menimbulkan efek radiasi yang lama kelamaan membahayakan kesehatan tubuh.

Energi pelindung

Dari segi fengsui, tanaman hias lidah mertua diyakini memiliki energi pelindung. Lidah mertua digambarkan  sebagai ekspresi Qi yang proses pertumbuhannya ke atas sehingga dapat melawan energi negatif. Tanaman hias ini dianjurkan untuk ditempatkan di bagian selatan, timur maupun sudut tenggara. Cukup sesuaikan saja dengan kebutuhan desain interior rumah.

Sebagai aroma terapi

Beberapa tanaman hias memiliki aroma yang khas termasuk tanaman lidah mertua. Menjelang sore hari tanaman ini akan mengeluarkan aroma terapi yang sangat efektif untuk mengatasi stres.

Tanaman ini akan sangat cocok bila Anda termasuk orang yang suka dengan wewangian alami sebagai pengharum ruangan. Jadi tidak perlu membeli pengharum ruangan lagi, cukup manfaatkan aroma terapi alami dari tanaman lidah mertua.

Mitos seputar lidah mertua dan bagaimana cara merawatnya?

Sebenarnya tidak banyak mitos tanaman lidah mertua yang berkembang di masyarakat. Tapi beberapa orang percaya bila tanaman hias ini merupakan tanaman pembawa sial. Padahal bila ditempatkan di tempat semestinya, lidah mertua bisa mendatangkan energi pelindung yang akan memproteksi seluruh penghuni rumah.

Tanaman lidah mertua justru akan memberikan efek negatif bila seseorang menempatkannya di tengah keramaian. Bila bermaksud membeli lidah mertua untuk disimpan di dalam rumah, alangkah baiknya untuk menempatkannya di tempat yang lembap seperti kamar mandi.

Terlepas dari mitos sial yang melekat pada lidah mertua, faktanya masih banyak orang yang tertarik untuk menanam dan merawat tanaman ini. Mengingat manfaat yang diberikan oleh lidah mertua sangat banyak.

Cara Merawat SenseVieria/ Tanaman Lidah Mertua

Supaya tanaman lidah mertua Anda tumbuh sehat dan subur. Ikuti cara merawat tanaman lidah mertua berikut ini:

Tempatkan di tempat yang memperoleh cukup sinar matahari

Setiap tumbuhan memerlukan sinar matahari untuk membantu proses fotosintesis, begitu pula dengan lidah mertua. Lidah mertua yang ditempatkan di dalam rumah perlu memperoleh sinar matahari agar bisa tumbuh dengan subur. Lakukan penjemuran secukupnya saja minimal 1x dalam sepekan.

Sinar matahari yang hangat akan mengembalikan warna daun yang perlahan mulai memudar sehingga kembali menjadi sehat dan tebal seperti sebelumnya. Sedangkan, menjemur lidah mertua selama satu hari penuh dalam sepekan akan membuat lidah mertua kering bahkan mengalami perubahan warna.

Siram 1-2x dalam sepekan

Sama seperti manusia dan binatang, tumbuhan juga butuh air agar tidak layu dan mati. Untuk lidah mertua, Anda bisa menyiramnya maksimal 2x dalam sepekan. Kadar airnya tidak boleh lebih dari 30 ml dalam sekali siram. Pemberian mineral yang terlalu berlebihan justru akan mengundang penyakit pada tanaman yang lama kelamaan akan membuat tanaman membusuk.

Pilih media tanam terbaik

Proses perawatan lidah mertua akan menjadi lebih mudah bila tanaman ditanam di media tanam yang tepat. Tanaman hias ini bisa ditanam di berbagai media tanam seperti pasir malang maupun sekam bakar.

Jika kedua media tanam tersebut tidak tersedia, cukup gunakan tanah gembur saja dengan catatan tanahnya cenderung kering alih-alih terlalu lembap. Tanaman ini tidak bisa tumbuh dengan subur bila ditanam di tanah yang terlalu lembap.

Manfaatkan pupuk slow release

Proses perawatan terakhir adalah pemberian pupuk. Sama seperti kangkung, bayam atau cabai yang butuh pupuk agar bisa terus tumbuh dan berkembang sehingga bisa dipanen. Lidah mertua juga membutuhkan pupuk agar bisa bertahan hidup.

Jenis pupuk yang bisa digunakan adalah pupuk slow realease. Pupuk ini akan menjaga pertumbuhan lidah mertua sehingga tetap kuat dan subur, jadi daunnya tidak akan layu, membusuk atau mati. Temukan pupuk yang sesuai di toko tanaman hias.

manfaat tanaman lidah mertua pupuk slow release

Harga lidah mertua

Sebagai tanaman hias, lidah mertua termasuk spesies yang paling banyak dicari. Karena selain memiliki bentuk yang unik, tanaman ini juga kaya akan manfaat. Harga tanaman lidah mertua yang dijual di pasaran sangat bervariasi, mulai dari Rp 25 ribu.

Semakin rimbun dan tinggi lidah mertua maka akan semakin mahal harganya. Jika Anda merasa yakin mampu merawat lidah mertua dari awal, maka cukup beli yang ukurannya kurang dari 1 meter.  Sebagian besar penjual tanaman hias menawarkan lidah mertua setinggi 1 meter dengan harga Rp 225 ribu.

Baca juga: Tanaman Hias Gantung Tahan Panas dan Hujan

Demikianlah informasi tentang manfaat tanaman lidah mertuaberikut klasifikasi dan bagaimana cara merawatnya. Lidah mertua memiliki nilai fungsional yang sangat tinggi, jangan merasa ragu untuk memelihara tanaman hias ini. Bila keberatan dengan harganya yang cukup mahal, maka pilihlah tanaman lidah mertua yang berukuran mungil.