5 Tanaman Hias Gantung Tahan Panas yang Mudah Perawatannya

Bosan dengan desain ekterior rumah yang itu-itu saja? Anda bisa coba pilih beberapa jenis tanaman hias gantung tahan panas berikut ini untuk mempercantik eksterior rumah dan pastinya akan membuat rumah Anda lebih adem dan nyaman.

tanaman hias gantung tahan panas

Rumah adalah salah satu komponen penting bagi kehidupan, bagaimana tidak? rumah adalah tujuan utama ketika merasa lelah, bosan, sedih ataupun senang. Beberapa dari orang menjadikan rumah sebagai istananya, artinya mereka berusaha untuk membuat rumah senyaman mungkin.

Anda bisa mendefinisikan secara bebas bagaimana maksud dari rumah yang nyaman. Sebagian orang mendefinisikan rumah yang nyaman adalah rumah yang indah dengan desain yang bagus dan enak dipandang. Ada juga yang mendefinisikan rumah yang nyaman adalah rumah yang banyak tanamannya.

Nah, ini nih yang akan dibahas. Tapi sebelumnya penulis mau tanya nih, apakah rumah anda sudah ada tanamannya? Percaya nggak pecaya, melihat warna alami dari tanaman bisa menurunkan tingkat stress pada seseorang loh.

Masalahnya, anda adalah orang yang super sibuk sehingga idak ada waktu untuk merawat tanaman, apalagi di musim panas yang harus rajin-rajin menyiram agar tidak cepat mati. Eits jangan jadikan ini sebuah alasan untuk tidak menghiasi rumah anda dengan tanaman ya. Berikut ini ada macam-macamtanaman hias gantung tahan panas yang bisa anda tanam di rumah anda.

5 Jenis Tanaman Hias Gantung Tahan Panas

Mengapa sih penting untuk memberikan rumah tanaman gantung? Sebenarnya memberikan tanaman hias apalagi yang menggantung di depan atau di belakang rumah bisa mempercantik rumah anda loh. Selain itu, juga sebagai sarana refreshing jika penat melanda. Langsung aja yuk ini dia 5 jenis tanaman hias gantung tahan panas

1. Tanaman Hias Lantana

Pertama, adalah tanaman hias lantana. Tanaman hias lantana ini pertama kali ditemukan di Amerika, yang mana mempunyai ciri khas bunga berwarna cerah seperti kuning, oranye dan merah jambu. Tanaman hias lantana tidak membutuhkan perawatan ribet. Anda cukup menyiramkan sehari sekali dengan air yang sedikit. Ini bisa membuat bunga lebih cepat untuk mekar.

Lalu apakah bisa tidak disiram sehari sekali ? jawabannya bisa, tidak menjadi sebuah masalah. Tapi, jangan sampai dibiarkan begitu saja ya (tidak disirami sama sekali) karena bagaimanapun air adalah sumber kehidupan tanaman. Seperti kita yang membutuhkan makan dan minum.

Tanaman hias gantung tahan panas dan hujan Lantana

2. Portulaca atau Krokot

Kedua adalah portulaca atau krokot. Mungkin sebagian dari anda sudah tidak asing dengan nama bunga krokot. Yap, tanaman satu ini biasanya tumbuh menjalar. Bisa di gantung, bisa juga di bawah. Bunga krokot banyak sekali jenis warnanya, ada yang ungu, merah muda, merah cerah, kuning dan banyak lagi lainnya.

Tanaman portulaca atau krokot tidak membutuhkan banyak air. Jadi, bagi anda yang sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk menyirami tanaman ini sangat membantu anda. Krokot atau portulaca hanya perlu sinar matahari yang cukup. Krokot sangat indah dipandang jika pagi hari, karena ada embun-embun yang menempel dan bunga warna warni yang bermekaran. Membuat hari anda menyenangkan.

tanaman hias gantung tahan panas dan hujan portulaca Krokot

3. Tanaman Hias Million Bells

Ketiga adalah tanaman hias million belss. Nama latin dari tanaman million beels adalah calibarchoa yang mana tanaman ini sangat tidak ribet. Anda tidak perlu membeli bibit untuk menanam tanaman million bells. Atau menebar bibit baru apabila ingin menambah jumlah million bells.

Tidak masalah jika anda tidak menyiraminya setiap hari. Hanya cukup dengan pupuk,sedikit air dan sinar matarhari yang sekiranya diberikan agar tanaman ini tidak layu dan tetap mekar. Tanaman hias million bells akan menambahkan keindahan pada rumah anda karena bunganya yang warna warni dalam satu pot.  

Million Bells

4. Tanaman Hias Marigold

Tanaman hias gantung tahan panasselanjutnya adalah marigold. Jika mendengar nama latinnya anda akan cukup asing. Tapi jika bertemu langsung, penulis yakin kalau anda tahu bunga ini. bunga ini cukup terkenal karena bunga yang berwarna orange dank has menumpuk yang unik. Sehingga banyak dicari oleh pecinta tanaman hias.

Marigold biasanya dipasang di dalam ruangan, bisa juga untuk hiasan meja. Untuk tanaman gantung di depan rumah juga oke karena marigold adalah salah satu tanaman yang tahan panas. Jadi Sekarang tidak ada alasan lagi untuk mempercantik rumah anda bukan ?

marigold

5. Tanaman Hias Gantung Tahan Panas Paling avorit : Petunia

Bentuk tanaman hias petunia hampir sama dengan bentuk tanaman hias million bells loh. Tanaman ini pada zaman dahulu sangat digemari oleh banyak orang. Pertama karena perawatannya yang mudah yaitu tahan panas. Kedua karena bunga petunia adalah bunga yang menebarkan bau harum di pagi hari.

Dan  bisa dibilang lebih harum dibandingkan dengan bunga yang lainnya. ketiga, sangat cocok dengan iklim Indonesia yang tidak mempunyai curah hujan yang tinggi dan jarang terjadi badai. Karena bunga ini akan sangat rentan terhadap badai. Anda hanya perlu rajin memberikan pupuk agar bunga ini bisa mekar sepanjang hari.

Petunia

Nah, itulah 5 jenis tanaman hias gantung tahan panas yang bisa anda jadikan referensi agar rumah anda terlihat lebih cantik. Tapi ingat ya, tidak ada bunga yang hidup tanpa diberikan air sedikitpun. Karena air adalah sumber kehidupan.

Di sisi lain, tidak ada alasan untuk anda tidak menanam tanaman hias di atas. Karena walaupun anda tidak mempunyai lahan yang luas  anda bisa menggantungnya entah itu di depan rumah, di belakang rumah atau di meja. Anda juga tidak ribet untuk menyiraminya setiap hari kan?

tips agar tanaman hias gantung tahan panastidak cepat mati dan cepst berbunga

Tips Agar Tanaman Hias Gantung Tidak Cepat Mati

Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa anda lakukan agar tanaman hias tidak mati. Jadi, apa saja tipsnya? simak penjelasan di bawah ini :

1. Siram Sedikitnya Satu Kali Sehari

Pertama adalah siram tanaman sedikitnya satu kali sehari. Menyiram tanaman tidak membutuhkan waktu berjam-jam sehingga anda bisa menyempatkannya di sela-sela waktu senggang anda. Bisa selepas bekerja, bisa sore hari dan waktu lainnya.

2. Memberi Pupuk Setidaknya Satu Minggu Sekali

Kedua adalah memberikan pupuk setidaknya satu minggu sekali. Ibaratnya pupuk ini adalah sumber energi tambahan bagi tanaman. Anda bebas memilih apakah memberi pupuk organikoganik, pupuk serbuk maupun pupuk cair.

3. Menjauhkan Tanaman Dari Sumber Sirkulasi Udara

Jangan sekali-kali menaruh tanaman di dekat sumber sirkulasi udara contoh AC, hal ini bisa menyebabkan tanaman cepat mati. Selain itu tanaman hias menjadi lebih sulit untuk berbunga

4. Bersihkan Debu-debu Yang Menempel Pada Tanaman

Memberishkan debu-debu yang menempel pada tanaman juga penting. Agar tanaman tidak mudah layu dan terkena penyakit.

5. Memberikan Pencahayaan Yang Cukup Pada Tanaman

Terakhir adalah memberikan pencahayaan yang cukup pada tanaman. Apalagi pada beberapa tanamandi atas yang mana tidak akan bisa hidup tanpa pencahayaan matari yang cukup.

Jadi, itulah beberapa jenis tanaman hias gantung tahan panas  dan beberapa tips untuk merawatnya. Jadi sekarang segera beli tanamantersebut di toko bunga dan buatlah rumah anda menjadi indah. Sekian terimakasih.