Sekolah Kedinasan di Jogja yang Bagus

Banyak lulusan SMA/ SMK dan Madrasah Aliyah yang tertarik untuk melanjutkan sekolah kedinasan di Jogja. Jogja dikenal sebagai kota pelajar yang memiliki fasilitas lengkap terutama bagi para mahasiswa dan mahasiswi.

sekolah kedinasan di jogja yang bagus rekomendasi para alumni dan pengusaha
sekolah kedinasan di jogja yang bagus rekomendasi para alumni, masyarakat sekitar dan pengusaha

Kenapa harus jogja? Karena Biaya hidup di Jogja dinilai lebih terjangkau daripada kuliah di Jakarta, Surabaya atau Bandung. Apabila merasa suntuk, kamu bisa berwisata saat weekend. Banyak spot wisata yang menarik dan instagramable.

advertisement

Rekomendasi 5 Sekolah kedinasan di Jogja

Sekolah kedinasan memiliki banyak daya tarik tidak heran jika sekolah ikatan dinas yang ada di Jogja pun banyak diminati termasuk oleh siswa/siswi yang berdomisili di luar Kota Yogyakarta. Dan inilah lima sekolah dinas Jogja paling populer:

Politeknik Akademi Teknologi Kulit Yogyakarta

Terapan ilmu yang dimiliki oleh Politeknik ATK Yogyakarta ini adalah teknologi pengolahan kulit juga desain dan teknologi kulit. Kamu akan dipersiapkan untuk menjadi tenaga ahli yang bekerja di industri pengembangan kulit. Pasalnya industri pengembangan kulit di tanah air sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat dan diyakini mampu meningkatkan struktur perekonomian di dalam negeri.

Sekolah Kedinasan di Jogja : Politeknik ATK
Sekolah Kedinasan di Jogja : Politeknik ATK

Akademi Angkatan Udara (AAU)

Termasuk salah satu sekolah kedinasan di Yogyakarta yang banyak peminatnya baik skala lokal maupun siswa yang berasal dari luar kota. Berbeda dari sekolah penerbangan yang mempersiapkan tenaga ahli untuk bekerja sebagai pilot maupun staf ahli penerbangan lainnya. Sekolah kedinasan ini mencetak calon perwira yang nantinya akan bergabung di satuan Angkatan Udara Indonesia.

Tidak heran jika model atau sistem pembelajaran yang ditawarkan sangat detail termasuk pengajaran materi dan latihan fisik ala militer. Tingkatan pendidikan yang dipersiapkan di AAU sangat beragam mulai dari prajurit karbol tingkat pertama yang wajib melaksanakan pendidikan sekurang-kurangnya selama 4 bulan.

Kamu yang ingin bekerja di Angkatan Udara bisa meraih impian tersebut dengan mendaftarkan diri di sekolah ikatan dinas ini. perhatikan tanggal pendaftaran dan persyaratan yang ditetapkan oleh instansi pendidikan.

sekolah kedinasan di jogja - AAU
sekolah kedinasan di jogja – AAU

Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN)

Merupakan sekolah kedinasan di Indonesia yang diprakarsai secara langsung oleh Badan Tenaga Nuklir Nasional. STTN sudah berdiri cukup lama sejak 2001 dan telah mencetak berbagai tenaga profesional dan ahli teknologi nuklir.

Jika kamu tertarik untuk kuliah Diploma III terlebih dahulu dan mendapatkan pekerjaan layak baru melanjutkan study ke S1, kampus ini merupakan pilihan terbaik. Tidak hanya menyediakan studi DIII, STTN juga berkomitmen untuk menambahkan studi DIV.

Program studi yang ditawarkan oleh sekolah kedinasan ini sangat beragam mulai dari program studi (prodi) teknokimia hingga elektromekanik. Kamu bisa pilih salah satu yang paling kamu kuasai.

sekolah kedinasan di jogja STTN
sekolah kedinasan di jogja STTN

Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta

Yogyakarta juga menawarkan sekolah kedinasan berbasis kesehatan yang dikenal sebagai Poltekes Kemenkes. Program studi yang ditawarkan di sini sangat bervariasi dan rata-rata mencetak lulusan DIII-DIV.

Kamu bisa pilih studi analis kesehatan, kebidanan, keperawatan gizi, program studi gizi, kesehatan lingkungan dan keperawatan. Karena diprakarsai oleh Kementerian Kesehatan R1, metode pembelajaran yang diterapkan di sini sangat profesional. Mengingat seluruh lulusan Poltekes Kemenkes akan disalurkan ke berbagai kota dan kabupaten di tanah air untuk memenuhi kebutuhan perangkat kesehatan.

Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta

Sekolah Tinggi Pertanahan Negara (STPN)

Rekomendasi sekolah ikatan dinas terbaik lainnya yang berada di Yogyakarta adalah STPN. Sekolah ini usianya cukup tua karena berdiri sejak 1963, tapi dahulu STPN dikenal sebagai Akademi Agraria.

Jurusan utama yang paling diminati di Sekolah Tinggi Pertanahan Negara adalah prodi perpetaan dan manajemen pertanahan. Kedua program studi tersebut diharapkan mampu membentuk lulusan terbaik yang akan menjadi tenaga pertanahan ahli.

Karena di Indonesia ada banyak sekali instansi pemerintahan maupun swasta yang membutuhkan lulusan dengan fokus studi ilmu pertanahan. Setiap tahunnya ada banyak lulusan SMA/ SMK/ MA yang mendaftarkan diri di sekolah ikatan dinas ini. Jika kamu berharap lolos dan kuliah di tempat idaman, terus pantau informasi termasuk tanggal pendaftaran.

Sekolah Tinggi Pertanahan Negara (STPN)
Sekolah Tinggi Pertanahan Negara (STPN)

Baca juga: Syarat Masuk Sekolah Kedinasan

Kuliah di sekolah ikatan dinas merupakan peluang emas yang bisa diterima oleh semua orang. Jika kamu berencana kuliah ikatan dinas di Yogyakarta pilih salah satu dari kelima kampus tersebut.

Karena seluruh sekolah kedinasan di Jogja tersebut sudah mendapatkan pengakuan dari pemerintah maupun perusahaan swasta. Tidak akan sulit bagimu mendapatkan pekerjaan yang bagus dan menjanjikan pasca lulus dari sekolah kedinasan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *