5 Jenis Ikan Aquascape yang Kuat dan Bisa Dicampur

Sekarang, banyak yang tertarik dengan dunia aquascape. Menghiasi akuarium supaya terlouhat indah dan menarik. Bagian yang tidak boleh terlewatkan didalalmnya yaitu ikan.

5 Jenis Ikan Aquascape yang Kuat dan Bisa Dicampur - ikan aquascape yang kuat

Tapi pasti anda menginginkan ikan yang memiliki warna unidan tidak mudah mati. Supaya anda tahu jenis ikan aquascape yang kuat, cobalah simak penjelasan jenis ikan di bawah ini.

Apa Saja Ikan Aquascape yang Kuat?

Ikan aquascape merupakan jenis ikan yang digunakan untuk menghiasi akuarium. Jenis yang diincar biasanya memiliki warna cerah dan menarik. Selain itu juga memiliki ketahanan yang baik terhapada lingkungan dan ikan jenis lainnya. Dalam kata lain, bisa hidup lama. Apakah anda tahu jenisikan aquascape yang kuat? Jika belum, Mari simak bersama ulasan dibawah ini.  

Ikan Neon Tetra

Ikan aquascape yang kuat pertama yaitu neon tetra dengan nama ilmiah Paracheirondon innsi.ย  Ikan ini memiliki panjang sekitar 2cm dengan kombinasi warna tubuh yang menarik.

Neon tetra memiliki warna merah dibagian dorsal belakang. Namun warna tersebut tidak dilanjutkan sampai ke leher dan berhenti di perut. Sedangkan warna perutnya putih silver. Untuk bagian punggungnya juga tidak kalah menarik yaitu terdappat garis biri tua yang indah.

Banyak aquascaping yang mencari ikan jenis ini. Selain warnanya, ikan ini memiliki kelebihan lain yaitu dapat hidup bergerombol dan tidak akan tumbuh besar. Sehingga anda cukup menyediakan akurium yang kecil saja.

ikan neon tetra aquascape

Ikan Cardinal Tetra

Jika anda sedang mencari ikan yang umurnya panjang, maka jenis cardinal tetra sangan cocok untuk anda. Selain itu, yang menjadi perhatian lain yaitu warnanya yang indah dan terang.

Pada tubuh bagian bawah, terdapat warna merah terang dari sirip belakang sampai perut. Yang tidak kalah menariknya yaitu palang neon terang di tubuh yang terletak di atas garis merah tua. Hanya saja, cardinal tetra memiliki harga lebih mahal dibandingkan dengan neon tetra.

Pertumbuhannya juga bisa sampai cukup besar sampai 4cm. Oleh sebab itu, dianjurkan anda menyiapkan akurium yang cukup besar. Dianjurkan juga akuarium diisi 10-15 ekor cardinal tetra, karena mereka sangat menyukai hidup berkelompok.

Ikan Cardinal Tetra

Ikan Discus

Ikan aquascape yang kuatdan tidak kalah menarik dari ikan diatas yaitu jenis ikan discus. Ikan ini berasal dari perairan Amazon dengan warna cerah.

Yang paling banyak tersedia yaitu warna putih belang oren yang akan menambah warna tersendiri. Hal tersbutlah yang membuat para aquascaping tidak ingin melewatkannya. Discus juga lebih menyukai lingkungan dengan pH rendah.

Lingkungan tersebut hampir sama dengan aquascape yang diinjeksi CO2. Sehingga anda tidak perlu khawatir ikan oleng atau mati. Namun sayangnya, anda harus menyediakan akuarium besar supaya ukuran discus yang besar tidak menjadi pengahalang pergerakan ikan lainnya. Anda juga tidak perlu khawatir, karena discus bisa dikombinasikan dengan ikan lainnya seperti jenis tetra dan rainbow.

ikan discus diskus

Ikan Rainbow

Jenis ikan yang selalu populer Bagi kalangan aquascape yaitu ikan rainbow. Jika anda penikmat aquascape, maka anda harus ikut mengoleksinya. Ukuran tubuhnya yang kecil ditambah dengan warna alami membuat kesan tersendiri. Setengah tubuhnya pada bagian belakang memili warna Oren cerah, dan setengah tubuh bagian depannya memiliki warna biru silver.

Rainbow terkenal jenis ikan aquascape yang kuatkarena dapat hidup dalamnlingkungan kadar pH rendah. Hal ini biasanya berhubungan dengan injeksi CO2 dan jenis substrat yang digunakan. Jenis ikan rainbow populer yaitu dwarf neon rainbow, theardfin rainbow, dan blue spotted eye.

ikan rainbow

Baca juga : Tanaman Aquascape yang Mudah Didapat Disekitar Kita

Itulah jenis ikan aquascape yang kuat baik pada lingkungan pH rendah maupun hidup berkelompok dengan ikan jenis lainnya. Namun anda juga harus menyiapkan ekosistem aquascapeyang cukup nyaman untuk tumbuh dan pergerakan mereka.