Cara Membuat Aquascape Mini

Berbagai cara membuat aquascape mini sudah Anda lakukan, tapi hasilnya masih biasa-biasa saja. Kadang jauh dari kata nyeni. Betapa tidak, dari sudut pandang logika, aquascape mini terbentuk dari sebuah akuarium dengan ruang kecil dan batasan yang jelas.

cara membuat aquascape mini untuk pemula
cara membuat aquascape mini untuk pemula desain sederhana

Namun dari sudut pandang mata yang melihat, akuarium bisa menjadi sebuah pemandangan dengan nilai seni tinggi, terlihat cantik, memiliki ruang yang luas, bahkan terasa seperti melihat pemandangan di bawah laut yang indah.

Hal tersebut akan terjadi hanya jika kita bisa mengeksekusinya dengan baik.

advertisement

Begini cara membuat aquascape mini yang mudah dan berhasil buat pemula

Nah, bagaimana tips membuat aquascape yang indah seperti yang dipaparkan di atas? Apakah hanya orang yang punya sense of art yang bisa?

Tenang, semua orang bisa membuat aquascape mini yang cantik dan simpel, kok. Tak perlu bakat khusus untuk bisa menciptakan pemandangan air yang indah. Sebab ada banyak trik sederhana yang bisa dilakukan, di antaranya adalah:

1.      Mulai dengan cari inspirasi

Punya smartphone harus dimanfaatkan dengan baik. Salah satunya dengan mencari inspirasi atau ide desain aquascape. Ide ini akan mempersingkat waktu dan proses pembuatan. Sebab bisa meringkas beberapa langkah seperti:

  • Memperhitungkan tingkat kesimetrian.
  • Membuat titik fokus yang ingin diciptakan.
  • Pembagian daerah-daerah dalam aquarium.

Dengan mencari ide di internet, kita juga bisa dengan mudah menentukan topik pemandangan dalam aquarium yang sesuai dengan selera dan kebutuhan rumah.

Karena melalui internet kita akan menemukan banyak desain dari beberapa ahli dengan ciri-ciri masing-masing, kita tak perlu bingung membuat desain baru sendiri.

aquascape mini sederhana simple untuk pemula
aquascape mini konsep tebing
aquascape mini konsep bonsai
konsep Bonsai
aquascape mini konsep tebing sederhana bagus untuk pemula
konsep tebing
aquascape mini konsep air terjun
konsep air terjun

2.      Siapkan benda yang dibutuhkan sesuai dengan desainnya

Perhatikan dengan saksama desain yang dipilih. Tentukan komponen yang dibutuhkan untuk membentuknya. Seperti koral, pasir, batang kayu, batu, tanaman, dan yang lainnya. Dasaran aquascape yang bagus adalah yang HALUS dan PADAT yang memungkinkan sirkulasi nutrisi dan penetrasi akar. Siapkan semuanya dengan baik.

substrat atau dasar aquascape - pasir, koral, batu, kerikil
substrat atau dasaran

Jika sudah, kita bisa mulai meletakkan komponen tersebut secara urut dan rapi di akuarium yang kosong. Pastikan bahwa akuarium sudah dibersihkan dulu agar tidak ada bakteri.

advertisement

Mulailah dengan membuat bagian dasar dari aquascape. Misalnya dengan memasukkan pasir. Disarankan untuk menjaga ketebalan pasir di angka 2-3 cm dengan bentuk pasir sedikit lengkung di bagian tengah dan tinggi di bagian samping.

Lanjutkan dengan meletakkan pupuk, pasir permukaan, batang, batu, atau bahan lain yang sudah disiapkan. Atur dengan yakin dan jangan ragu ketika meletakkannya.

3.      Penanaman dan jenis tanaman aquascape

Proses penanaman dan jenis tanaman aquascape ini tidak bisa dipisahkan. Sebab untuk melakukan penanaman dengan benar kita harus tahu tanaman yang kita masukkan dalam akuarium tersebut. Bagaimana tanaman tersebut tumbuh dan perawatannya.

Kita tentu tidak mau melihat tanaman yang masuk dalam akuarium hanya cantik pada saat ditanam, tapi terlihat buruk atau bahkan mati dalam beberapa hari.

Untuk itu, jika baru pertama kali mencoba cara membuat aquascape mini, pilihlah jenis tanaman yang mudah dirawat, tidak mudah mati, atau bisa hidup meski tanpa tambahan CO2. Seperti jenis tanaman aquascape di bawah ini:

  1. Hygrophila Difformis
  2. Java Moss
  3. Amazon Sword
cara membuat aquascape mini menggunakan tanaman karpet Java Moss.jpg
cara membuat aquascape mini menggunakan tanaman karpet Java Moss
cara membuat aquascape mini menggunakan tanaman tipe midground atau background Higfila Diformis
cara membuat aquascape mini menggunakan tanaman tipe background Higrofila Diformis
cara membuat aquascape mini menggunakan tanaman tipe midground amazon swords
tanaman tipe midground amazon swords

Proses penanamannya biasanya dibagi dalam 3 bagian, yakni tanaman yang diletakkan di bagian bawah (foreground), tanaman yang diletakkan di bagian belakang atau background, dan tanaman yang diletakkan di bagian tengah (midground).

Peletakan tanaman ini harus disesuaikan dengan jenis tanaman aquascape-nya. Misalnya Amazon Sword yang lebih cocok ditaruh di belakang karena daunnya yang lebar.

4.      Ikan aquascape terindah

Buat pemula, cara membuat aquascape berukuran kecil ini bisa berhasil jika ada keterpaduan yang pas. Maka dari itu, setelah memilih tanaman kita harus memilih jenis ikan aquascape terindah dan sesuai dengan desain yang kita pilih.

Berikut adalah beberapa pilihan jenis ikan yang biasanya dimasukkan dalam aquascape minimalis:

  1. Neon tetra
  2. Cardinal tetra
  3. Red nose tetra
  4. Ember tetra, dll.
cara membuat aquascape mini di isi ikan neon tetra yang mengkilap dan suka bergerombol
ikan neon tetra yang mengkilap dan suka bergerombol

Namun, yang paling penting dalam memilih ikan aquascape terindah adalah memastikan bahwa ikan-ikan yang kita pilih sesuai dengan ikan yang ingin kita pelihara.

Yakni memastikan bahwa ikan yang dipelihara dan ikan aquascape terindah tersebut bisa hidup berdampingan.

5.      Pencahayaan: kombinasi warna lampu LED aquascape

Selanjutnya, untuk membuat tampilan akuarium cantik baik di siang maupun malam hari, kita butuh pencahayaan yang pas. Selain itu, kombinasi warna lampu LED aquascape juga berguna untuk tanaman yang ada di dalam akuarium.

Cahaya biru berfungsi untuk melebatkan daun, menyuburkan, dan menumbuhkannya. Cahaya merah memberikan manfaat berupa kekuatan batang tanaman dan proses pembungaan.

Menentukan kombinasi warna lampu LED aquascape memang cukup sulit, butuh trial error eksperimen, tapi kita tetap bisa berusaha untuk mendapatkan cahaya yang bagus untuk klorofil dalam tanaman yang kita tanam.

kombinasi warna lampu LED aquascape

Sebagai tambahan, ketika memasukkan air dalam akuarium, lakukan secara perlahan agar tidak merusak desain yang sudah dibuat. Terkadang ada beberapajenis tanaman yang butuh perlakuan khusus agar awet.

Baca juga: Tanaman Aquascape Di Sekitar Kita yang Mudah Diperoleh

Dengan memperhatikan poin penting dalam cara membuat aquascape mini di atas, pemula bisa mencoba berlatih dan mendapatkan akuarium yang indah sesuai keinginannya. Menciptakan suasana alam di rumah dengan lebih indah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *