6 Tanaman Background Aquascape Low Light yang Cocok

Tanaman Background Aquascape Low Light. Aquascape merupakan kegiatan seni yang menguji kreativitas tangan dalam memadukan beberapa jenis tanaman, air, ranting, bonsai didalam suatu wadah aquarium dengan ukuran tertentu. Kebanyakan partberukuran sedang tujuannya agar bisa dikombinasikan dengan elemen lain.

Tanaman Background Aquascape Low Light

Untuk bisa masuk kedalam aquarium, tentunya anda harus memilih tanaman yang memang sesuai dengan ukuran akuarium yang anda miliki. Tanaman membutuhkan CO2 untuk tetap bertahan hidup dan melakukan fotosintesis. Namun untuk tanaman aquascape ada yang tidak perlu membutuhkan banyak cahaya untuk tetap hidup didalam air yaitu tanaman background aquascape low light.

Klasifikasi tanaman aquascape ada beberapa jenis jika dilihat dari penempatan dan fungsinya. Ada tanaman background yang ditempatkan di bagian belakang, ada juga tanaman midrange yang biasanya menjadi fokus karena penempatannya ditengah.

Jenis tanaman aquascape yang lain adalah jenis tanmaan foreground yang ditempatkan dibagian depan, serta ada juga tanaman aquascape dengan fungsi karpet/alas aquascape.

Tanaman Background Aquascape Low Light

Memilih tanaman untuk aquascape mungkin bisa menjadi kreativitas anda dalam memilih, atau karena anda menyukai tanaman tersebut. Ada banyak tanaman yang bisa anda gunakan untuk menghias aquarium.

Bagi anda yang memiliki cahaya yang cukup minim pada aquarium, beberapa tanaman berikut mampu bertahan hidup meski tidak memiliki cahaya yang cukup terang.

Echinodorus Amazonicus

Berbentuk seperti rumput, dengan daun yang lebar merupakan ciri khas dari tanaman ini. Memiliki akuarium yang besar akan membutuhkan tanaman yang berukuran besar pula.

Pemilihan tanaman yang baik, adalah dengan tinggi dan besar proporsional sehingga enak untuk dipandang. Salah satunya dengan tanaman jenis ini, yang meskipun rendah cahaya dia tetap mampu bertahan hidup didalam akuarium yang sedikit CO2.

6 Tanaman Background Aquascape Low Light yang Cocok - tanaman background aquascape

Anubias Nana

Jika anda masih menjadi pemula dalam membuat aquascape, ada baiknya menggunakan tanaman ini sebagai background. Tanaman ini juga mudah didapatkan karena habitatnya ada di sungai. Oleh karenanya, tidak memerlukan perawatan khusus karena sifatnya yang mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Bentuk dari tanamannya juga cocok digunakan di semua sudut akuarium yang hendak anda gunakan.

6 Tanaman Background Aquascape Low Light yang Cocok - tanaman background aquascape

Ceratopteris Cornuta

Bentuknya seperti sayur seledri, tanaman ini cukup unik jika ada di dalam aquarium anda. Memiliki daun yang kecil โ€“ kecil. ini akan mudah digunakan ikan untuk tempat persembunyian. Tidak terlalu memakan tempat, karena bentuk gagangnya yang ramping sehingga tetap memberikan kesan akuarium yang luas.

6 Tanaman Background Aquascape Low Light yang Cocok - tanaman background aquascape

Ceratophyllum Demersum

Tanaman jenis ini sangat mirip dengan bulu kucing yang halus. Bagaimana tidak, daun โ€“ daunnya yang ramping ini memang sangat mirip dengan bulu โ€“ bulu yang halus. Tananaman ini juga tidak membutuhkan perawatan yang khusus sehingga mampu bertahan hidup di air pada umumnya.

6 Tanaman Background Aquascape Low Light yang Cocok - tanaman background aquascape

Bacopa sp colorata

Berwarna merah keunguan menjadi ciri khas bagi tanaman ini. Biasanya digunakan sebagai background akuarium yang akan mempercantik jika dipandang. Jenis tanaman ini hanya membutuhkan cahaya dan CO2 sedang. Jadi jenis ini bisa menjadi pilihan tanaman background aquascape low lightanda.

6 Tanaman Background Aquascape Low Light yang Cocok - tanaman background aquascape

Java moss

Layaknya rumput laut yang ada dilaut. Tanaman ini akan memberi kesan tersendiri kepada akuarium anda. Karena bentuknya yang cukup unik. Tidak memiliki spesifikasi daun. Tapi hanyalah ranting berwarna hijau yang menjalar kesana dan kesini. Tanaman ini juga cocok untuk menjadi tempat persembunyian bagi ikan โ€“ ikan yang anda pelihara.

6 Tanaman Background Aquascape Low Light yang Cocok - tanaman background aquascape

Baca juga: Tanaman Aquascape yang Bisa Didapatkan di Sawah

Demikian tanaman background aquascape low light yang bisa anda anda pilih sebagai hiasan yang ada di aquarium anda. Pilihlah tanaman yang memang mudah cara perawatannya. Terlebih bagi anda yang masih pemula, jangan sesekali memlih tanaman yang memiliki tingkat perawatan yang sulit. Hal ini dianjurkan agar tanaman yang nanti anda pilih tidak mati saat di tanam di aquascapeanda.