Cara Membuat Aquascape Air Terjun Minimalis untuk Pemula

Cara membuat aquascape air terjun. Memiliki hunian yang nyaman sangat diperlukan untuk manusia, termasuk pada hewan. Untuk hewan seperti ikan yang habitatnya hidup di perairan yang bebas tentu akan sangat nyaman apabila dia dipelihara dengan tempat yang tidak jauh berbeda dengan habitat asli.

Cara Membuat Aquascape Air Terjun

Dalam hal ini, pembuatan aquascape memerlukan kreativitas agar di hasil akhir memperlihatkan aquarium yang cantik dan indah yang sesuai dengan habitat asli ikan yang anda pelihara dirumah.

Aquarium haruslah layak menjadi tempat hunian bagi ikan. Pembuatan hiasan tambahan seperti aquascape air terjun akan membuat aquarium tambak seperti asli. Hal ini tentu akan membuat ikan seolah berada di habitat aslinya.

Cara Membuat Aquascape Air Terjun

Cara Membuat Aquascape Air Terjun

Membuat aquascape memang susah – susah gampang. Dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran dalam membuatnya. Karena memang ada bagian – bagian yang harus cukup jeli dalam pembuatannya.

Dengan memelihara ikan dengan tidak menghilangkan khas habitatnya itu akan membuat ikan tidak merasa stres saat harus pindah ke aquarium baru.

Bentuk dan jenis aquascapenya juga bisa disesuaikan dengan jenis ikan yang anda pelihara sehingga ikan dapat degan mudah beradaptasi. Pilih desain aquascape yang memang cocok dan nyaman untuk ikan tersebut.

Anda juga bisa membuat aquascape air terjununtuk mempercantik. Berikut yang harus anda siapkan untuk membuat  aquarium tersebut.

Menyiapkan Bahan

Selain perlengkapan utama aquarium, anda harus menyiapkan paralon dan selang aerator terlebih dahulu untuk membuat media. Jika anda memiliki minim budget, anda bisa memanfaatkan barang – barang bekas yang layak untuk dipakai. Selain 3 hal itu, anda juga harus menyediakan pasir. Nantinya pair tersebut akan dijadikan sebagai air terjun tiruan.

Baca juga: Tanaman Aquascape yang Ada di Sekitar Kita

Peralatan

Alat yang digunakan dalam mebuat air terjun pada aquascape cukup menggunakan obeng saja. Fungsinya untuk melubangi paralon untuk lewat masuknya air seperti air terjun buatan. Atau anda juga bisa menggunakan solder untuk  melubangi paralon yang telah diukur sebelumnya sesuai dengan ukuran dari aquascape yang akan dibuatkan air terjun.

Cara Membuat Aquascape Air Terjun

Step by Step Cara Membuat Aquascape Air Terjun

Setelah bahan dan perlengkapan siap, pastikan kelengkapan dari semuanya telah tersedia sehingga anda dapat mengerjakan membuat aquascape air terjun tanpa kekurangan apapun. Langkah – langkah membuatnya adalah sebagai berikut :

Lubangi paralon menggunakan obeng atau solder. Gunakan alat yang menghasilkan panas yang tinggi sehingga mampu melubangi paralon dengan sempurna. Setelah itu, sambungkan paralon dengan pvc.

Setelah paralon dan pvc tersambung, sambungkan pula ke selang aerator kemudian ke aeratornya juga. Perhatikan aerator dan dasar paralon apakah sudah sejajar atau belum. Jika sudah sejajar, anda bisa langsung mengisi dengan air. Coba untuk hidupkan. Apakah air terjun bekerja atau tidak.

Jika berhasil, tunggu hingga pasir terangkat dengan sempurna seperti layaknya air terjun sungguhan. Tempatkan pasir pada wadah agar tidak berantakan dan tetap pada satu tempat itu saja. Pastikan jika wadah tidak membuat pasir berhamburan.
Baca juga: Cara Membuat Aquascape Tanpa Co2

Cara Membuat Aquascape Air Terjun

Demikian cara untuk membuat aquascapeyang terdapat air terjunnya. Anda bisa berkreasi sesuai dengan ide dan kreativitas anda sendiri untuk membuat air terjun yang berbeda dengan yang lain dan menyerupai air ternjun yang asli. Atau jika anda memiliki cara tersendiri untuk membuat aquascape air terjun itu akan lebih memuaskan diri anda terhadap hasil akhir.