7 Jenis Ikan Aquascape Pemakan Alga Terbaik

Ikan Aquascape Pemakan Alga. Apakah anda memiliki aquascape di rumah? Jika iya, tentunya alga akan tumbuh didalamnya dan mengotori aquascape Anda. Membersihkannya secara rutin tentunya menjai rutinitas yang sangat membosankan, terlebih jika kita sibuk kerja cari duit pasti akan terbengkalai.

ikan aquascape pemakan alga algae yang bagus dan murah

Solusi masalah tersebut yaitu dengan memasukkan algae eater.Ikan aquascape pemakan alga ini akan memakan alga yang tumbuh di aquascape Anda. Hal ini tentunya akan membuat aquascape anda bersih dan bebas dari alga yang menganggu.

Jenis Ikan Aquascape Pemakan Alga (Algae Eater)

Ada beberapa jenis ikan yang tergolong pemakan alga ini. Selain fungsinya sebagai pembersih, ikan ini pun hadir dengan warna-warna sisik yang menarik. Sehingga bisa menjadi pemanis aquascape Anda tentunya. Berikut jenis-jenisnya:

Bristle Nose Pleco

Ikan yang memiliki kumis seperti lele ini memiliki sisik berwarna coklat, abu-abu, albino, dan hitam. Ini berasal dari perairan amazon dan termasuk ikan pemakan alga. Anda juga bisa member kan ini sayuran rebus dan cacing sesekali.

Bristle Nose Pleco

Siamese Algae Eater

Siamase ini merupakan ikan pemakan alga terbaik, karena alga yang menempel akan habis dilahapnya. Termasuk ikan kecil berbadan memanjang ini tergolong ikan yang ramah. Namun ada tips saat memilih ikan ini di aquascape anda, yaitu jangan memberikan makan ikan ini sebelum dia memakan habis alga di aquascape anda.

Siamese Algae Eater

Ikan Otocinclus

Ikan aquascape pemakan alga ini berasal dari Brazil dan mirip dengan ikan lele serta harganya mahal loh. Walaupun harga ikan ini mahal karena import, ini sangat cocok untuk pembersih aquascape Anda. Jenis alga yang disukai kan ini yaitu alga hijau dan alga coklat.

Ikan Otocinclus

Chinese Algae Eater

Bagi anda yang memiliki aquascape dengan ukuran besar, ikan CAE ini sangat cocok karena memiliki ukuran tumuh 15 cm. Warna sisik ikan ini berwarna kuning sehingga sering disebut ikan lemon.

Jenis Ikan Aquascape Pemakan Alga

Ikan Corydoras

Ikan yang cantik dengan corak yang menarik ini merupakan ikan pemakan alga yang memiliki ukuran yang kecil. Selain memakan alga ikan ini juga memakan sisa-sisa makanan yang tentunya ikan menjadi timbunan kotoran didasar aquascape. Jenis ini akan cocok bagi anda yang ingin memiliki ikan pembersih semua kotoran aquascape.

7 Jenis Ikan Aquascape Pemakan Alga Terbaik - ikan aquascape pemakan alga

Mollies

Jenis ikan ini merupakan ikan omivora atau pemakan segala. Molies akan memakan apapun yang diberikan, seperti pellet, cacaing, sayuran, dan masih banyak lagi. Untuk pembersih aquascape, anda jangan member makan ikan ini jika alga sudah banyak mengotori aquascape anda. Tentunya mollies lah yang akan memakannya.

ikan mollies pembersih dan pemakan algae

Platy

Sama halnya dengan Molles, ikan platy juga termasuk ikan yang memakan apa saja. Warna dan corak ikan ini juga indah dan menarik, sehingga cocok untuk koleksi aquascape anda. Yang terpenting untuk menambahkan ikan ini pada aquascape anda yaitu iakan yang ramah.

ikan platypembersih dan pemakan algae

Jenis ikan apapun yang dipilih untuk pembersih aquascape tentunya harus mempertimbangkan keseimbangan didalam aquascape tersebut. Jangan sampai memilih ikan yang agresif terhadap ikan lain, tetapi pilihlah ikan yang ramah dan bisa dibauran dengan ikan lainnya. Keindahan corak dan warna sisik ikan juga bisa menjadi pertimbangan karena akan menjadi koleksi yang bagus.

Baca juga: Tanaman Aquascape Disekitar kita

Selain mengandalkan kemampuan ikan aquascape pemakan alga, Anda juga harus rajin membersihkan secara keseluruhan aquascapetersebut. Dalam jangka wktu satu atau tiga bulan sekali akan sangat cocok membuat ikan anda segar kembali.