Cara Menanam Java Moss yang Detail

Cara menanam Java Moss merupakan salah satu teknik penumbuhan lumut dalam Aquascape yang terbilang mudah. Jika dilakukan dengan benar, lumut dapat tumbuh dengan kuat di sekitar tanaman Aquarium. Sehingga memberikan kesan hijau alami yang sejuk pada akuarium tersebut.

Moss ini sendiri merupakan lumut yang berasal dari Asia Tenggara dari famili Hypnacea. Tumbuhan ini sangat suka dengan iklim tropis dan bisa hidup di bebatuan, batang pohon, dan tepi sungai.

advertisement

Lumut ini sangat populer di kalangan akuaris air tawar sebab kunci penanamannya tergolong sederhana. Yakni terletak pada kualitas bahan dan pencahayaan air di mana lumut tersebut ditanam.

Selain itu, tanaman ini menjadi item favorit karena produk ini memiliki ketersediaan yang melimpah. Hampir ada di semua toko dan dibanderol dengan harga yang relatif murah.

Penasaran dengan langkah mudah menanam Java Moss ? Simak ulasan di bawah ini!

Cara menanam Java Moss dengan langkah tepat cepat!

Ada beberapa langkah yang harus dilewati untuk dapat menumbuhkan lumut ini dalam Aquscape. Mulai dari menyiapkan bahan dan alat seperti:

  1. Bahan lumut java
  2. Batu
  3. Pecahan genting
  4. Potongan ranting
  5. Benang atau senar transparan
  6. Gunting

Lalu, dilanjutkan dengan langkah menanam java moss berikut ini:

Cara Menanam Java Moss yang benar dan mudah
Cara Menanam Java Moss yang benar dan mudah

1.  Penanaman awal lumut

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat pondasi lumut dari media batu, pecahan genting, atau potongan ranting. Pastikan permukaan media ini rata sehingga bisa ditanami lumut dengan mudah.

Saat menanam lumut di atas media tersebut, perhatikan dengan benar. Jangan sampai ada yang tumpang tindih. Karena bagian lumut yang terletak di bawah bisa mengering akibat tidak terkena cahaya.

Susun lumut secara rata pada media yang sudah disediakan.

2.  Ikat lumut dengan zig-zag

Kemudian ikat moss dengan senar dengan bentuk zig-zag. Tujuannya adalah agar semua permukaan lumut dapat terkena benang semua. Sehingga posisinya aman dan tidak ada yang mengambang.

3.  Susun di atas pasir

Setelah media dan lumut siap, letakkan di atas pasir yang sudah dimasukkan terlebih dulu dalam akuarium. Susun sehingga terlihat rapi dan semua bagian lumut bisa menerima cahaya dengan baik. Sebab syarat moss bisa bertahan hidup dan rimbun adalah cahaya.

4.  Atur suhu pada aquarium

Suhu di dalam akuarium sebaiknya terjaga supaya moss dapat tumbuh dengan baik. Suhu yang direkomendasikan untuk rata-rata moss adalah kurang dari 29 derajat celcius. Khusus untuk java moss, ia bisa tetap tumbuh dengan suhu lebih dari 30 derajat sekalipun.

Selanjutnya, anda bisa mencoba cara menanam java moss dengan media lain seperti kawat ram untuk membuat konsep jembatan berlumut dalam sebuah aquarium.

Cara Menanam Java Moss di Kayu
Cara Menanam Java Moss di Kayu

Meski langkahnya terlihat mudah dan sederhana, ternyata tak banyak orang yang sukses menumbuhkan lumut ini dalam aquascape. Apa masalahnya?

Masalah umum dan penyebab java moss mati

Ada banyak masalah umum yang mungkin menyerangmoss ini sehingga tidak bisa berkembang dan mati. Di antaranya adalah:

1   Filter yang tersumbat

Ada banyak alasan kenapa filter bisa tersumbat. Salah satunya karena perkembangan moss yang sangat cepat. Untuk itu, lumut perlu sesekali ditipiskan.

2.  Ada ganggang yang tumbuh bebas

 Cara Menanam Java Moss yang Sukses Harus jauhi ganggang/algae
Cara Menanam Java Moss yang Sukses Harus jauhi ganggang/algae

Bersama dengan moss, ada alga yang bisa tumbuh bebas. Jika ada ganggang yang tumbuh di lumut, maka solusinya adalah mulai penanaman lumut dari awal.

Meski alga dapat mengganggu pertumbuhan moss, bukan berarti Anda bisa menghilangkan alga seutuhnya. Sebab alga juga berguna buat ekosistem.

3.  Pemilihan bahan yang kurang bagus

Terkadang masalahnya justru pada pemilihan bahan yang kurang bagus. Misal ada moss yang dibeli sudah berwarna coklat dan semakin coklat saat ditanam.

4.  Kurangnya kebutuhan asupan gizi

Yang sangat dibutuhkan oleh moss adalah cahaya. Pastikan bahwa penerimaan cahaya pada lumut berjalan dengan baik.

Itulah beberapa penyebab java moss mati. Kira-kira apa solusi supaya moss bisa tumbuh subur?

Pupuk cair untuk java moss

Sebenarnya, moss tetap bisa bertahan meski tanpa pupuk. Akan tetapi dengan memberi pupuk cair untuk java moss, potensi lumut ini berkembang dengan subur menjadi meningkat.

Anda bisa membeli pupuk cair yang tersedia di toko tanaman atau membuatnya sendiri menggunakan ampas kopi supaya lebih alami dan hemat.

Moss ini juga bisa bertahan dengan atau tanpa karbondioksida (CO2). Jadi sebenarnya, ini merupakan jenismoss yang sangat mudah ditanam.

cara menanam java moss yang efektif dengan pemberian pupuk cair ampas kopi
cara menanam java moss yang efektif dengan pemberian pupuk cair ampas kopi

Harga java moss

Pemilihan bahan adalah salah satu hal penting dalam cara menanam java moss. Untuk mendapatkan bahan ini, Anda bisa membeli lumut dengan harga java moss yang beragam.

Di situs jual beli online, produk ini dijual seharga Rp 16.000,- per 80 gram. Ada juga yang menjualnya di kisaran harga 30 โ€“ 40 an ribu rupiah.

Baca juga:
10 Tanaman Aquascape di Sawah yang Mudah Perawatannya

12 Tanaman Aquascape Di Sekitar Kita yang Mudah Diperole
h

Yang perlu diingat, agar penanaman java mossdapat berhasil, harus dipilih bahan yang berwarna hijau dan sehat. Untuk itu, Anda mungkin perlu beli langsung di toko terdekat agar kualitasnya lebih terjaga.

advertisement

Hai, nama saya Ayra Maheswari, merasa sangat bersyukur bisa terlahir di dunia ini, dan cara bersyukur terbaik adalah dapat bermanfaat bagi orang lain. Sebar kebaikan & positivitas.

advertisement