12 Tanaman Aquascape Di Sekitar Kita yang Mudah Diperoleh

Bagi anda pecinta ikan hias, tentunya tidak lepas dari aquascape yang digunakan sebagai tempat atau wadah ikan tinggal. Tujuan akurium tersebut yaitu sebagai penghias dan menambah kesan alam di dalam ruangan.

Tanaman Aquascape Di Sekitar Kita

Oleh sebab itu, akuarium juga perlu anda perindah. Supaya akuarium anda terlihat indah dan menarik tapi masih mengandung unsur alam, tentunya anda membutuhkan tanaman air. Terutama tanaman yang mudah anda temukan. Oleh sebab itu, simaklah tanaman aquascape di sekitar kita berikut ini.

Tanaman Aquascape Di Sekitar Kita

Aquascape sendiri berarti kemampuan atau seni menghiasi dan memperindah akuarium. Unsur yang dibutuhkan untuk hal tersebut yaitu tanaman. Apakah anda tahu apa saja tanaman aquascape di sekitar kita? Jika belum, mari kenali sejumlah tanaman tersebut di bawah ini. Silahkan disimak.

Tanaman Xmas Moss

Selain disebut Xmas Moss, tanaman ini juga disebut sebagai chrismas moss atau nama ilmiahnya Vesicularia montagnei. Tanaman ini termasuk lumut air dan sangat mudah anda temukan di sungai, terkadang menempel di atas batu atau ranting pohon yang jatuh.

Bentuk Xmas moss sperti pohon natal dan tumbuh merambat. Dalam kalangan pecinta aquascape, Xmas moss menjadi salah satu jenis tanaman yang sering dicari.  Banyak yang nenggunakan tanaman ini sebagai tanaman karpet dan background aquascape.

Untuk perawatannya termasuk mudah dan hanya membutuhkan pencahayaan yang sedikit. Pertumbuhan tinggi dan lebarnya mencapai 10 cm. Hal tersebut termasuk lambat Sehingga cocok bagi pemula.

 Xmas moss tanaman karpet aquascape

Tanaman Ceratopteris cornuta

Ceratopteris cornuta termasuk tanaman aquascape di sekitar kita dan mudah ditemukan. Anda dapat menjumpainya di tepi sungai atau rawa. Asal tanaman ini dari Asia, termasuk Indonesia. Dalam akuarium, tidak membutuhkan perawatan yang khusus. Hanya saja membutuhkan cahaya dan CO2 pada tingkat sedang. Perawakan yang tinggi dengan bentuk daun menjari, menjadikan tanaman ini bisa anda letakkan di depan maupun sebagai background.

Ceratopteris cornuta

Tanaman Echinodorus tenellus

Jika anda tinggal di deket rawa, maka tentunya akan sangat mudah menemukan tanaman Echinodorus tenellus. Daun hijau terang,  penjang meruncing dan merentang lebar membuat pecinta akuarium mencari tanaman ini.

Tanaman ini sangat cocok diletakkan di bagian depan atau foreground. Selain itu, perawatannya tidak merepotkan karena bisa tumbuh baik pada cahaya dan kadar CO2 sedang. Tingkat pertumbuhannya juga tidak cepat dan cocok bagi anda yang pemula.

Echinodorus tenellus tanaman foreground depan aquascape

Tanaman Hygrophila polysperma

Masyarakat biasa menyebut Hygrophila polysperma sebagai sunset hygro dan anda bisa menemukannya di daerah tepi sungai. Keunikan tanaman ini yaitu bentuk daun seperti telur tapi lebih panjang. Selain itu, daunnya dapat berwarna warni jika terkena cahaya yang kuat dan nitrat rendah.

Dalam aquascape, tanaman ini sangat cocok sebagai pengisi dengan layout yang didominasi oleh batang. Anda bisa meletakkannya di midground dalam akuarium. Namun anda harus rajin untuk memangkasnya, karena pertumbuhan tanaman ini sangat cepat.

Hygrophila-polysperma tanaman mid ground aquascape

Tanaman Hygrophila difformis

Tanaman aquascape di sekitar kita selanjutnya yaitu Higrophila difformis. Anda bisa menemukannya di dekat sungai bahkan kebun. Bentuk daunnya yang unik sangat cocok menghiasi akuarium anda. Selain itu juga tidak membutuhkan perawatan yang rumit dan khusus, sehingga sesuai dengan pemula. Namun anda tetap harus mengontrol suhu yaitu berkisar 18-25 derajat celcius. Karena, jika suhu meningkat dan tinggi maka pertumbuhannya akan meningkat.

Hygrophila difformis

Tanaman Bucepalandra black phantom

Perlu anda ketahui bahwa tanaman aquascape yang satu ini berasal dari Indonesia, yaitu Kalimantan. Habitatnya berada pada daerah perairan terutama tepi sungai.

Tanaman yang satu ini sangat cocok sebagai penghias akuarium terutama di jika anda letakkan di bagian depan. Untuk perawatannya tergolong mudah. Karena selama pertumbuhannya tidak membutuhkan cahaya dan CO2 yang tinggi.

Bucepelandra black phantom

Tanaman Microsporum pteroporus

Tanaman dengan sebutan Java fern dan termasuk ke dalam pakis-pakisan, dapat anda temukan di sungai dan bebatuan yang lembab. Daun yang lebar dan panjang, membuat tanaman ini cocok untuk diletakkan di akuarium baik di background, midground, maupun fareground.

Selain mudah diperoleh, juga tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Tanaman ini tumbuh baik pada intensitas cahaya rendah maupun tinggi, begitu juga arus airnya, serta tidak membutuhkan CO2 yang banyak. Hanya saja, pertumbuhannya sangat lambat, sehingga bisa awet menghiasi akurium. Anda juga tidak perlu rajin untuk memangkasnya.

Microsporum pteroporus

Tanaman Hemianthus callitrichoides

Hemianthus callitrichoides dikenal dengan sebutan dwarf baby tears atau cuba di kalangan penghobi aquascape. Walaupun asalnya dari  Kuba Amerika Utara, tanaman ini juga bisa anda temukan di Indonesia yaitu di daerah sekitar sungai.

Tanamn Aquascape di sekitar kita ini Bentuk daunnya kecil, padat, dan pendek membuat daya tarik sendiri jika diletakkan di dalam akuarium. Biasanya dwarf baby teras diletakkan di daerah foreground Karena pertumbuhannya yang lambat.  Namun sayangnya, perawatannya relatif sulit karena membutuhkan cahaya dan CO2 yang tinggi dalam mendukung pertumbuhan.

Hemianthus callitrichoides

Tanaman Egeria densa

Egeria densa termasuk tanaman aquascape di sekitar kita yang mudah ditemukan di perairan sungai atau bahkan di kebun. Tanaman dengan bentuk batang panjang tinggi ini memiliki banyak daun hijau dengan bentuk runcing. Hal tersebut menjadikan banyak yang menggunakan tanaman ini sebagai hiasan. Dalam perawatanya tidaklah sulit, karena dapat tumbuh dengan intensitas cahaya dan kebutuhan CO2 yang rendah. Anda bisa meletakkan tanaman ini sebagai background dalam akuarium.

Egeria densa

Tanaman Cryptocryn pontederifolia

Jenis tanaman aquascape yang satu ini dapat dengan mudah anda temukan di perairan rawa. Banyak yang memburu tanaman ini karena warnanya yang menarik. Saat pertumbuhan awal warna daunya hijau terang, dan semakin lama warna daunya berubah menjadi merah kecoklatan. Oleh sebab itu, akan memberikan warna tersendiri di dalam akurium.

Tanaman ini tumbuh baik pada cahaya dan CO2 yang rendah, sehingga anda tidak akan kesulitan selama perawatan. Selian itu pertumbuhan yang lambat, membuatnya cocok untuk diletakkan di midground.

Oleh sebab itu, akan memberikan warna tersendiri di dalam akurium. Tanaman ini tumbuh baik pada cahaya dan CO2 yang rendah, sehingga anda tidak akan kesulitan selama perawatan. Selian itu pertumbuhan yang lambat, membuatnya cocok untuk diletakkan di midground.

Tanaman ini tumbuh baik pada cahaya dan CO2 yang rendah, sehingga anda tidak akan kesulitan selama perawatan. Selian itu pertumbuhan yang lambat, membuatnya cocok untuk diletakkan di midground.

Cryptocryn pontederifoliia

Tanaman Homalomena

Tanaman yang cocok dijadikan aquascape yaitu homalemena. Anda dapat menemukan tanaman ini di lingkungan liar seperti tepi sungai, tepi danau, bahkan gunung. Akan sangat indah jika Homelomena anda letakkan di midground akuarium. Tanaman jenis ini sangat diminati terutama bagi pecinta aquascape dari luar negeri seperti Jepang.

Homalomena

Tanaman Epipremnum aureum

Epipremnum aureum memiliki nama lokal sirih gading. Anda dapat menemukan tanaman ini di sekitar bebatuan dekat sungai, hutan, maupun penjualan tanaman.

Biasanya sirih gading ditanam di tanah menggunakan pot. Walapun demikian, tanaman ini tetap cocok untuk anda jadikan hiasana akuarium. Hal ini karena pertumbuhannya yang merambat sehingga akan menambahkan kesan alam.

Epipremnum aureum

Baca juga: Tanaman Aquascape yang Ada Di Sawah

Ternyata cukup banyak jenis tanaman aquascape di sekitar kitadan mudah ditemukan. Dari perawatan yang mudah sampai perawatan yang sulit. Jika anda ingin mewujudkan keindahan alam aquascapenamun tidak membutuhkan biaya banyak, maka anda cukup mencari ke sungai, sawah, atau bahkan kebun dekat rumah.