10 Tanaman Aquascape di Sawah yang Mudah Perawatannya

Kolam aquarium akan terlihat kosong Jika hanya berisi air dan ikan saja. Bahkan, akurium terlihat tidak menarik. Sebagai hiasan ruangan, akuarium tentunya juga membutuhkan hiasan didalamnya. Baik berupa batu warna-warni, pasir, ataupun tanaman.

Tanaman Aquascape di Sawah

Bagi andaย  pecinta aquarium, tentunya akan memburu berbagai jenis tanaman aquascape. Terutama tanaman yang mudah didapatkan di alam seperti sawah. Supaya anda memiliki gambaran jenis tanamannya, simaklah ulasan tentang tanaman aquascape di sawahberikut ini.

Apa Saja Tanaman Aquascape Di Sawah ?

Tanaman Aquascape adalah jenis tanaman yang diletakkan di dalam akurium dengan tujuan sebagai hiasan. Hal ini supaya lingkungan akurium terlihat lebih alami.

Banyak jenis tanaman yang dapat anda gunakan, bahkan anda bisa menemukan disekitar lingkungan anda seperti di sawah. Kira-kira apa saja tanaman aquascape di sawah ? Langsung Saja, silahkan simak ulasan berikut ini.

Tanaman Hydrocotile verticilata

Jika anda pecinta akuarium, tentunya tidak asing dengan tanaman aquascape di sawah ini. Di sawah, anda bisa mendapatkannya di sekitar petakan sawah yang tidak jauh dari air.

Pertumbuhan tanaman ini sangat cepat dengan bentuk daun seperti ginjal, hanya saja lebih bulat dengan belahan daun yang tidak dalam. Anda bisa meletakkannya di tengah aquarium, serta akan tahan lama cahaya dan CO2 rendah.

Hydrocotile verticilata

Tanaman Java Moss

Tanaman aquascape Java Moss sangat populer di kalangan pecinta aquarium. Karena tanaman ini sangat mudah ditemukan di berbagai tempat seperti di tepi sawah atau di dekat dengan tanaman padi.

Seperti halnya lumut, tanaman ini memiliki daun kecil dan runcing yang menempel pada batangnya. Untuk perawatannya tergolong mudah walaupun pertumbuhannya yang lambat.

Java Moss

Tanaman Hydrocotile tripartita

Tanaman Aquascape di Sawahini berasal dari Amerika, Namun tumbuh baik di Indonesia. Biasanya, Hydrocotile tripartita tumbuh di tepi sawah dan menggerombol. Pertumbuhannya juga cepat, padat seperti membentuk karper dengan daun hijau kecil berbentuk ginjal.

Perawatan tanaman ini tidaklah sulit. Hidup baik pada lingkunganย  pH 5-7, kebutuhan cahaya sedang, dan CO2 yang rendah. Perkembang biakannya juga mudah. Anda cukup memperbanyak dengan rhizoma.

Hydrocotile tripartita

Tanaman Pristia statiotes

Tanaman ini biasa disebut sebagai apu apu. Walaupun dianggap gulma oleh petani, apu apu sangat cocok digunakan untuk menghiasi akuarium anda. Selain bermanfaat sebagai pelindung kolam, Apu apu juga berfungsi sebagai pembersih dari pencemaran.

Pristia statiotes

Apu apu tumbuh mengambang di air yang tenang. Daunnya yang hijau berada di atas permukaan air, sedangkan akarnya menggantung di dalam air yang menambah kesan alam pada akuarium.

Pristia statiotes

Tanaman Marcilea crenata

Di Indonesia, Marcilea crenata disebut sebagai semanggi. Keuninkan tanaman ini yaitu pada bentuk daun majemuknya berjumlah lima yang memiliki belahan. Dari kejauhan daun tersebut berbentuk seperti kupu-kupu.

Walaupun biasa ditemukan tidak di dalam air, tanaman ini tetap cocok dijadikam sebagai hiasan akurium anda. Anda bisa meletakkan tanaman ini di fareground. Untuk memperolehnya juga mudah, Karena Banyak ditemukan di sekitar sawah.

Marcilea crenata

Tanaman Marcelia hirsuta

Tanaman aquascape di sawahini memiliki bentuk daun mirip dengan semanggi. Karena masih dalam satu genus Marcelia. Hanya saja, Marcelia hirsuta memiliki daun majemuk berjumlah empat serta Lebar daun tidak selebar daun semanggi. Bahkan dalam perkembangannya, tanaman ini memiliki bantuk daun yang berbeda-beda dengan tinggi yang berbeda pula. Dalam akurium, tanaman ini cocok diletakkan di daerah.

Marcelia hirsuta

Tanaman Azolla sp.

Azolla sangat Banyak ditemukan pada perairan sawah dengan tumbuh mengambang. Tanaman ini memiliki bentuk daun kecil dengan bentuk tidak beraturan dan akarnya mengambang di dalam air. Walaupun demikian, Azolla cocok dijadikam sebagai tanaman karpet di dalam akuarium. Selain memperindah akuarium, Azolla juga bermanfaat sebagai filter air.

Azolla sp

Tanaman Hydrocotile sibthorpioides

Seperti halnya tanaman Hydrocotile lainnya, spesies subthropides tumbuh cepat dengan daun hijau berbentuk ginjal. Hanya saja,ย  belahan daunnya lebih dalam dibandingkan dengan spesies verticilata dan ukuran daun lebih lebar dari tripartita. Tanaman air di sawah ini sangat cocok sebagai hiasan terutama sebagai dasar/rumput aquascape.

Hydrocotile sibthorpioides

Tanaman Limnocharis flava

Tanaman dengan nama ilmiah Limnocyaris flavaini disebut sebagai genjer kalau di Indonesia. Tanaman ini sangat mudah ditemukan di sawah, bahkan tumbuh liar di dalam perairan sawah.

Selain terkenal sebagai sayur, genjer juga bisa dimanfaatkan sebagai aquascape yang memperindah akurium anda.ย  Bentuk daunnya yang lebar dan pertumbuhannya yang tinggi, tanaman ini cocok anda letakkan dibagian belakang akurium.

Limnocharis flava

Tanaman Lindernia rotundifolia

Tanaman aquascape di sawah selanjutnya yaitu Lindernia rotundifolia yang berasal dari Asia termasuk Indonesia. Anda akan mudah menemukan tanaman ini disekitar maupun di dalam sawah.

Bentuk daun tanaman ini bulat telur dengan ukuran kecil Berwarna hijau gelap. Walaupun pertumbuhannya lambat, tanaman ini tidak membutuhkan perawatan yang sulit dan tentunya akan memperindah dasar aquascapeanda.

Lindernia rotundifolia

Baca juga : Cara Membuat Aquascape Air Terjun

Itulah macam-macam tanaman aquascape di sawah. Anda bisa mudah untuk mendapatkannya. Selain karena tumbuh liar, tanaman di atas sangat mudah tumbuh tanpa perawatan yang sulit. Jika anda membutuhkan tanaman aquascapetanpa mengeluarkan biaya, anda cukup mencarinya di sawah.