4 Jenis Ikan yang Tidak Boleh Di Aquascape (Ikan Agresif)

Ikan yang Tidak Boleh di Aquascape. Apa itu aquascape? Merupakan suatu seni mendekorasi akuarium menjadi pemandangan yang cantik dengan beberapa komponen didalamnya. Tidak seperti akuarium biasanya, aquascpae ini didekorasi sedemikian rupa sesuai dengan tema yang diinginkan.

jenis ikan yang tidak boleh di aquascape

Tema yang diangkat akan dibuat semirip mungkin dengan aslinya di alam. Ada beberapa konsep aquascape, antara lain natural, bonsai, iwagumi, air terjun, dsb. Komponen didalam aquascape berupa tanaman, batu, kerang, dan ikan hias. Apa saja jenis ikan yang tidak boleh ada di aquascape? Sebelunya berikut syarat ikan yang ada dalam aquascape:

  • Ikan yang mudah beradaptasi terhadap lingkungan baru dan ramah. Sifat agresif pada ikan justru akan mengganggu bagi ikan lainnya.
  • Bukan ikan pemakan tanaman, karena aquascape pasti aka nada tanaman didalamnya. Namun jika pemakan alga justru sangat dibutuhkan utnuk memebersihkan alga yang akan mengotori aquascape.
  • Ikan yang memiliki ukuran tubuh yang kecil, karena akan banyak komponen aquascape.

Baca juga: Cara Membuat Aquascape Air Terjun

Jenis Ikan Yang Tidak Boleh Di Aquascape

Ikan hias tentunya sangat bermacam-macam jenisnya, mulai dari warna, corak, bentuk, dan ukurannya pun berbeda. Didalam aquascape akan terdapat banyak jenis ikan yang cantik, lalu ikan apa saja yang tidak boleh ada di aquascape?

Ikan Parrot

Ikan cantik dengan beragam warna ini, jika dilihat dari segi ukuran tubuh yang kecil akan sangat cocok di aquascape. Namun, ikan kecil ini sangatlah agresif dan tentunya tidak cocok untuk aquascape. Hal ini karena akan menganggu ikan-ikan lainnya dan ekosistem yang anda buat pun akan hancur dibuatnya.

Jenis Ikan Yang Tidak Boleh Di Aquascape

Ikan Mas Koki

Ikan legendaris ini tentunya sangat popular dikalangan pecinta ikan hias. Memiliki bentuk tubuh yang unik dan corak warna yang beragam nan cantik, tak heran jika ikan ini begitu digemari. Harga ikan ini pun beragam, mulai dengan harga yang murah hingga mahal bisa anda dapatkan.

Apakah ikan ini cocok di aquascape? Tentu tidak. Ini merupakan jenis ikan yang tidak boleh ada di aquascape. Karena ikan ini memiliki pertumbuhan yang cepat dan ukuran tubuhnya pun bisa berkembah berkali lipat. Sedangkan syarat ikan aquascape adalah yang berukuran kecil. Selain itu, ikan mas koki juga memiliki sifat yang agresif dan tentunya tidak cocok untuk aquascape.

4 Jenis Ikan yang Tidak Boleh Di Aquascape (Ikan Agresif) - Ikan Yang Tidak Boleh Di Aquascape

Ikan Komet

Mirip dengan ikan mas koki, ikan ini ternyata merupakan nenek moyangnya. Jadi sifat ikan ini tentunya sama dengan ikan koki dan pastinya tidak cocok untuk menjadi penghuni aquascape anda.

4 Jenis Ikan yang Tidak Boleh Di Aquascape (Ikan Agresif) - Ikan Yang Tidak Boleh Di Aquascape

Ikan Lemon

Seperti namanya yaitu lemon ikan ini berwarna kuning dan sangat cantik untuk menjadi ikan hias. Namun tidak untuk aquascape anda, karena ikan ini juga termasuk ikan yang agresif. Tetapi jika anda tetap ingin memeliharanya cobalah dengan aquarium biasa.

4 Jenis Ikan yang Tidak Boleh Di Aquascape (Ikan Agresif) - Ikan Yang Tidak Boleh Di Aquascape

Jenis ikan diatas memang merupakan ikan yang tidak boleh di Aquascapedan termasuk kedalam ikan hias. Hindari menisis aquascape nda dengan ikan diatas karena karakteristik sifatnya yang agressif maupun karena ukuran ikan yang terlampau besar untuk aquascape anda.

Baca juga: Jenis Ikan Aquascape yang Bergerombol

Sedangkan jenis ikan yang boleh dalam aquascape seperti ikan molly, guppy, balck ghost, platy, neon tetra, dan masih banyak lainnya. Selain memperhatikan jenis ikan yang ada dalam aquascape, anda juga harus menyeimbangkan ekosistem didalamnya.

Baca juga: Tanaman Aquascape yang Bisa Dicari di Sawah

Pemilihan tanaman dan penghuni lain seperti udang, kerang atau lainnya juga harus disesuaikan dengan tema yang dipilih. Nilai estetika atau keindahan juga sangat diperlukan agar aquascapeanda terlihat cantik. Rawatlan aquascape secara rutin agar tetap bersih dan indah.