Walk in Interview Adalah (All About Walk in Interview)

Walk in interview adalah. Proses wawancara kerja sebenarnya tidak terlalu beda dengan wawancara biasa. Hanya saja jika pada walk in interview, Anda diharuskan proaktif mendatangi interview dengan persiapan yang matang karena harus bersaing melawan banyak pelamar lain.

walkin interview adalah apa yang dimaksud wawancara kerja wawancara user

Anda perlu memahami trik dan tips khusus agar mampu menaklukkan walk in interview dan bisa mendapat perhatian dari para pewawancara. Berikut hal-hal seputar walk in interview yang perlu Anda ketahui.

Seputar Walk in Interview yang Wajib Anda Ketahui

Bagi sebagian orang, walk in interview bisa dikatakan sebagai momok yang menghantui para pencari kerja. Gugup, bingung, tidak bisa konsentrasi, masalah-masalah tersebut tidak jarang dialami oleh para pencari kerja yang akan mengikuti walk in interview. Anda harus mampu mengatasi semua persoalan tersebut agar bisa tampil secara maksimal saat diwawancarai. Namun, tentu bukan hal mudah. Berikut ini hal-hal tentang walk in interview yang harus Anda ketahui agar lebih siap menghadapinya.

Teliti dan Pahami Sumber Informasi

Sejatinya, walk in interview merupakan salah satu alur rekrutmen karyawan yang harus ditempuh secara bertahap agar bisa masuk ke dalam sebuah perusahaan. Biasanya informasi seputar lowongan kerja dan panggilan wawancara langsung bisa ditemukan pada laman iklan secara online maupun offline.

Anda wajib meneliti sumber informasi mana yang mengadakan wawancara tersebut. Jangan sampai terkecoh dengan informasi abal-abal yang tidak menyampaikan secara jelas perusahaan mana yang akan melakukan rekrutmen dan bagaimana track recordnya. Anda juga perlu memahami posisi apa yang akan diisi dengan diadakannya wawancara langsung tersebut. Jangan sampai datang dengan kepala kosong tanpa tahu apa-apa.

walkn interview adalah apa yang dimaksud wawancara kerja wawancara user

Persiapkan Segala Administrasi yang Dibutuhkan

Jika Anda telah memastikan sebuah lowongan kerja valid untuk diikuti proses rekrutmennya, selanjutnya perlu mempersiapkan administrasi yang dibutuhkan, seperti CV dan resume. Anda perlu memperhatikan bagaimana tampilan CV dan resume, karena itu nanti yang akan menjadi โ€œwajahโ€ yang dilihat oleh pewawancara.

Anda bisa membuat CV dan resume yang menarik, namun tidak berlebihan. Anda juga perlu memastikan seluruh informasi yang dibutuhkan pewawancara seputar diri pelamar telah dicantumkan. Selain CV dan resume biasanya ada pula kelengkapan lain seperti fotokopi KTP dan lain-lain. Pastikan Anda meneliti semuanya dan jangan sampai ada yang terlewat.

Persiapkan Diri Secara Optimal Menghadapi Wawancara

Selain keperluan teknis, yang paling utama ialah Anda perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum mendatangi wawancara. Dengan persiapan yang matang, Anda akan lebih percaya diri untuk menghadapi para pewawancara.

Kalau perlu, Anda bisa mencoba mengenal lingkungan kerja yang akan dituju dengan cara datang melihat situasi pada hari sebelum wawancara. Tujuannya agar Anda bisa mendapat referensi dan gambaran akan seperti apa nantinya proses wawancara yang diadakan, dan andai sudah diterima akan seperti apa lingkup kerja Anda nantinya.

Walk in Interview Adalah (All About Walk in Interview) - Walk in Interview Adalah

Tips Menghadapi Wawancara Kerja

Semua persiapan yang telah dilakukan bisa saja sia-sia jika Anda tidak bisa menampilkan diri sebaik mungkin ketika wawancara berlangsung. Hal penting yang perlu Anda garis bawahi saat wawancara kerja adalah perhatikan attitude. Beberapa perusahaan bahkan lebih memperhatikan attitude dan manner daripada aspek kognitif. Oleh karena itu sangat penting menjaga attitude yang baik dan menimbulkan first impression yang menarik.

Tips pertama yang bisa dilakukan untuk menghadapi wawancara kerja adalah tunjukkan bahwa diri Anda disiplin dengan cara hadir tepat waktu. Jangan sampai terlambat. Datang awal lebih baik, karena berarti Anda bisa punya waktu lebih untuk mempersiapkan diri agar tidak terlalu grogi.

Tips kedua, saat berhadapan dengan para pewawancara tunjukkan ekspresi optimis dan semangat. Orang akan menilai berdasarkan kesan pertama yang didapatkan, oleh karena itu buat kesan pertama dengan tampilan yang fresh dan ceria.

Tips ketiga, anda perlu memahami pertanyaan-pertanyaan yang diajukan ketika wawancara. Anda perlu konsentrasi dengan ekstra, jangan sampai melamun saat diberi pertanyaan.

Jangan ragu menunjukkan kapabilitas diri dengan menjawab pertanyaan sedetail mungkin. Namun jangan berlebihan. Jika Anda berlebihan dalam menjawab, pewawancara malah akan berpikir Anda sok tau dan arogan.

Bersabar dengan Hasil Interview

Seperti yang diketahui bahwa pada walk in interview, jumlah pelamar biasanya lumayan besar. Tentu perusahaan membutuhkan waktu yang cukup untuk melakukan seleksi. Jika Anda telah melakukan persiapan sematang mungkin dan telah menunjukkan yang terbaik saat wawancara, maka selanjutnya harus bersabar menanti hasil.

Jika sudah lebih dari 2 minggu atau 10 hari kerja tidak ada kabar melalui email/sms/telpon dari pihak HRD, kemungkinan besar lamaran anda ditolak, atau ereka sudah menumkan orang yang mengisi pos itu. Yang perlu Anda lakukan adalah sabar, evaluasi dan melakukan langkah maju.

Walk in Interview Adalah (All About Walk in Interview) - Walk in Interview Adalah

Baca juga: 15 Pertanyaan Interview dan Jawaban untuk Fresh Graduate

Itulah hal-hal seputar walk in interview yang perlu Anda ketahui. Tidak semua orang sanggup menghadapi rasa gugup yang melanda menjelang wawancara kerja. Apalagi dengan iklim walk in interview yang mempertemukan hingga ratusan pelamar dalam satu tempat yang sama. Perasaan tertekan dan khawatir akan muncul. Namun, tetap tenang dan percaya dengan kemampuan diri menjadi kunci penting yang harus dimiliki tiap-tiap pelamar.