Pengertian Surat Lamaran Pekerjaan

Pengertian surat lamaran pekerjaan serta fungsinya biasa kita pelajari di mata pelajaran bahasa Indonesia. Kemudian pembahasan semakin meluas setelah kita meneruskan study ke perguruan tinggi dan mengambil jurusan sastra.

Pengertian Surat Lamaran Pekerjaan

Sesungguhnya, tanpa dipelajari secara mendalam beberapa orang mungkin sudah bisa menebak apa definisi dari surat lamaran kerja. Dan pada siapa surat tersebut ditujukan.

Pengertian Surat Lamaran Pekerjaan Secara Sederhana

Bila didefinisikan secara sederhana, surat lamaran pekerjaan merupakan surat resmi atau formal yang dibuat oleh seseorang yang sedang mencari atau membutuhkan pekerjaan. Surat tersebut dibuat dengan kesadaran penuh dan dikirimkan pada lembaga, badan atau perusahaan.

Surat lamaran sengaja dikirimkan untuk menunjukkan eksistensi pencari kerja. Sementara, dari kacamata perusahaan surat lamaran merupakan batu lompatan. Dimanfaatkan guna mengenal secara singkat calon pekerja potensial yang mereka butuhkan untuk mengisi posisi atau jabatan yang kosong.

Meskipun ditujukan untuk perusahaan, surat lamaran biasanya di alamatkan secara khusus untuk staf HRD. Karena pengurusan perekrutan tenaga kerja diatur sepenuhnya oleh HRD dengan pengawasan dan persetujuan dari perusahaan.

Fungsi Surat Lamaran Pekerjaan

Surat lamaran kerja tidak dibuat secara sembarangan tapi memiliki fungsi dan tujuan. Simak semua fungsinya di bawah ini:

  1. Bukti Resmi Telah Mengajukan Permohonan Kerja

Ketika seseorang mengirimkan lamaran pekerjaan baik ke BUMN atau perusahaan swasta, artinya dia memiliki kesadaran penuh untuk mendapatkan pekerjaan. Surat lamaran yang dikirimkan akan menjadi bukti tertulis dan digunakan oleh perusahaan sebagai tanda awal dedikasi Anda sebagai pekerja (khusus jika Anda diterima bekerja).

Anda tidak bisa membatalkan permohonan lamaran pekerjaan karena surat tersebut bersifat normal. Selanjutnya, surat lamaran pekerjaan akan diteliti dan dipelajari oleh instansi atau perusahaan. Yang perlu Anda lakukan cukup menunggu keputusan mereka. Jika Anda cukup layak untuk dipekerjakan, mereka akan menghubungi Anda segera.

pengertian surat lamaran pekerjaan dan fungsinya sebagai seleksi karyawan
  1. Bahan Seleksi Efektif Bagi Perusahaan

Anda mungkin cerdas dan berhasil memenangkan banyak penghargaan bergengsi. Di rumah ada banyak sekali piala dan piagam penghargaan. Tapi, apa semua itu diketahui oleh orang lain termasuk perusahaan tempat Anda ingin bekerja?

Inilah fungsi utama surat lamaran pekerjaan yakni sebagai media seleksi paling efisien dan efektif. Perusahaan bisa melihat seberapa bagus kualitas yang Anda miliki dari CV dan berkas lamaran kerja lainnya.

Mengingat, satu lamaran pekerjaan yang diiklankan perusahaan. Bisa menarik ratusan bahkan ribuan pencari kerja. Melalui surat lamaran pekerjaan, perusahaan akan menjaring dan menyeleksi profil pelamar. Mereka yang memenuhi persyaratan biasanya akan dihubungi untuk tahapan selanjutnya.

  1. Alat Komunikasi Antara Pemberi dan Pencari Kerja

Bisa Anda bayangkan berapa banyak pengangguran yang ada di dunia, jika perusahaan tidak mengiklankan lowongan pekerjaan? Dan bisa pula Anda bayangkan, berapa posisi atau jabatan yang kosong karena tidak ada orang yang mengisi tempatnya?

Hal ini mungkin tidak jadi masalah jika perusahaan tersebut menggunakan sistem nepotisme, di mana mereka yang memiliki hubungan kerabat bisa mengisi jabatan yang kosong. Akan tetapi, tidak semua perusahaan menggunakan prinsip nepotisme seperti itu. Mereka tetap membutuhkan orang-orang berkualitas untuk mengisi posisi penting.

Itulah alasan utama mengapa perusahaan atau instansi pemerintah membuka lowongan pekerjaan. Mereka berusaha untuk berkomunikasi dengan publik jika mereka membutuhkan seseorang untuk mengisi bangku kosong di perusahaan. Dan publik yang cerdas akan melihat lowongan pekerjaan tersebut sebagai peluang untuk mendapatkan pekerjaan.

Pada akhirnya, surat lamaran pekerjaan menjadi cara komunikasi dua arah terbaik. Tanpa mengirimkan surat lamaran kerja, Anda tidak akan pernah mendapatkan kesempatan kerja. Dan tanpa menerima surat lamaran kerja, perusahaan tidak bisa mendapatkan tenaga kerja yang terampil dan profesional.

Pengertian Surat Lamaran Pekerjaan dan bedanya dengan Daftar Riwayat Hidup Curriculum Vitae

Surat Lamaran Kerja VS Curicculum Vitae

Anda yang belum pernah melamar kerja mungkin tidak menyadari beda surat lamaran kerja dan CV dan mengganggapnya sebagai surat yang sama. Padahal ada banyak perbedaan dari kedua surat formal tersebut.

1. Curicculum Vitae

Sering juga disebut sebagai riwayat hidup merupakan surat yang berisi ringkasan lengkap dan sederhana tentang profil seseorang. Di CV, Anda tidak hanya menuliskan nama atau tempat tanggal lahir saja. Tapi juga menuliskan riwayat pendidikan dan riwayat pekerjaan.

Bila dibandingkan dengan surat lamaran kerja, proses pembuatan CV jauh lebih rumit dan kompleks karena harus menyesuaikan dengan data Anda. Tidak mungkin Anda menuliskan data pendidikan sembarangan untuk riwayat hidup Anda, bukan?

Karena meski hanya ijazah terakhir yang dilampirkan, kesalahan kecil penulisan detail pendidikan akan memberikan pengaruh terhadap lolos atau tidaknya seleksi administrasi Anda.

2. Surat Lamaran Kerja

Beda dari CV, surat lamaran kerja dibuat dengan jelas untuk menyampaikan permohonan melamar kerja. Di dalam surat lamaran kerja, biasa ditemui beberapa detail termasuk informasi pribadi pengirimnya. Seperti nama, alamat dan kontak telepon.

Di bagian akhir, disebutkan beberapa lampiran yang berfungsi untuk menyempurnakan lamaran kerja. Contohnya file fotocopy ijazah, pas photo, CV dan lainnya. Cara membuat surat lamaran kerja sebenarnya sudah dipelajari sejak kita duduk dibangku sekolah.

Namun, sama seperti teknologi. Konsep surat lamaran kerja juga ikut berubah tiap tahunnya. Penting bagi pencari kerja untuk rutin melihat contoh surat lamaran kerja terbaru sehingga CV dan surat lamaran kerja yang dikirimkannya dilihat dan dipertimbangkan oleh perusahaan.

Baca Juga

Penting sekali bagi seorang pencari kerja memahami pengertian surat lamaran pekerjaansebagaimana yang dijelaskan di atas. Meski terkesan sederhana dan sepele, kedua berkas ini bisa menjadi gerbang penentu. Apakah Anda bisa mendapatkan pekerjaan layak yang diidam-idamkan.