4 Tips / Cara Nego Gaji Saat Interview buat Fresh Graduates

Cara Nego Gaji saat Interview. Gaji tentu menjadi pertimbangan penting ketika Anda melamar kerja atau bahkan ketika sudah pada tahap interview. Ketika sudah sampai pada tahap interview inilah, biasanya Anda akan diberikan tawaran gaji.

cara nego gaji saat interview buat fresh graduate

Tentu saja, Anda akan mendapatkan gaji pokok sesuai upah minimum yang ditentukan. Namun, kenapa tidak jika memang Anda bisa mendapatkan lebih berupa tunjangan atau bonus berkala. Inilah fungsi melakukan negosiasi gaji saat tahap interview.

Tips dan Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Cara Nego Gaji Saat Interview

Melakukan negosiasi untuk soal gaji menjadi salah satu poin penting yang pasti ditanyakan saat interview. Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan ketika melakukan negosiasi gaji saat interview kerja. Berikut adalah beberapa hal penting terkait cara nego gaji saat interview kerja.

Cari Data dan Informasi Gaji

Pentingnya mempersiapkan diri sebelum melakukan wawancara atau interview adalah Anda bisa mencari lebih banyak informasi tentang perusahaan tersebut, termasuk juga informasi gaji.

Data gaji yang harus Anda ketahui juga termasuk upah minimum Regional dan Upah Minimum Kabupaten. Cari tahu juga kisaran atau standar gaji untuk jabatan atau posisi yang Anda inginkan. Daftar gaji sesuai posisi ini akan sangat berguna jika Anda melamar pekerjaan yang sesuai dengan pendidikan Anda.

Nilai UMK biasanya di atas UMP. UMK pada dasarnya berguna bagi para karyawan sebagai pengaman atau ambang batas minimum upah bagi karyawan yang masa kerjanya kurang dari satu tahun dan status single lias masih lajang!

Yang menjadi acuan dasar dari gaji kamu biasanya adalah UMK. Sementara UMP hanya akan digunakan apabila kota kabupaten domisili mu belum memiliki dewan upah, sehingga mereka harus mengacu kepada UMP untuk memberi upah kepada para karyawannya.

Negosiasi dengan Menunjukkan Data Penawaran Perusahaan Lain

Cara ini bisa Anda gunakan ketika Anda memang sedang melakukan proses negosiasi gaji dengan perusahaan lain. Usahakan tidak tampak membandingkan, namun tunjukkan penawaran yang perusahaan lain tawarkan kepada Anda.

Apalagi ketika gaji yang ditawarkan tidak sesuai dengan kualifikasi dan pendidikan Anda, atau lebih rendah jika dibandingkan dengan posisi serupa yang ditawarkan perusahaan lain. Negosiasi ini akan sangat membantu Anda untuk meningkatkan penawaran sesuai dengan kualifikasi Anda.

Namun sekali lagi, jangan terkesan membandingkan, gunakan pemilihan kata yang tepat agar tidak terkesan membandingkan. Jika perusahaan merasa kualifikasi Anda sesuai dengan gaji yang ditawarkan, maka negosiasi pun bisa berjalan lancar.

Cara Nego Gaji saat Interview #3
Pertimbangkan Tambahan Benefit

Apabila ketika dalam proses negosiasi pihak perusahaan tidak menyetujui penawaran yang Anda berikan atau gaji yang bisa diberikan tidak sesuai dengan ekspektasi Anda, mengajukan negosiasi lain berupa tambahan benefit juga bisa Anda gunakan. Hal ini bertujuan sebagai pengganti atas gaji yang kurang sesuai dengan ekspektasi Anda.

Tambahan benefit lain yang bisa Anda ajukan misalnya, bonus, tambahan cuti, ataupun fleksibilitas yang memungkinkan Anda bekerja di rumah. Benefit ini bisa menjadi pengganti gaji yang kurang sesuai ekspektasi Anda.

Fleksibel saat Melakukan Negosiasi

Satu hal pasti yang harus Anda lakukan ketika mengajukan negosiasi gaji adalah fleksibilitas. Ketika Ands terlalu ngotot dengan penawaran yang Anda berikan tanpa mempertimbangkan penawaran lain dari perusahaan, bukan tidak mungkin justru akan membuang kesempatan baik untuk Anda.

Tetap fleksibel saat melakukan negosiasi akan membantu Anda mendapatkan kesepakatan yang saling menguntungkan. Fleksibilitas ini salah satunya juga dengan mempertimbangkan penawaran berupa benefit yang diberikan oleh perusahaan seperti yang dijelaskan di atas.

Ketika melakukan tahap wawancara atau interview kerja, melakukan negosiasi gaji adalah tahap paling penting untuk mendapatkan hak yang sesuai dengan ekspektasi Anda. Apalagi jika Anda memiliki kualifikasi skill dan pendidikan yang mumpuni.

Tidak ada salahnya melakukan negosiasi gaji ini. Namun untuk melakukan negosiasi gaji ini, ada hal-hal penting yang harus Anda perhatikan seperti yang dijelaskan di atas.

Baca juga: 7 Cara Interview yang Baik Agar Diterima Kerja

Hal-hal tersebut harus Anda perhatikan agar ketika melakukan negosiasi tidak terkesan mengemis atau memaksa maupun terkesan angkuh sehingga membuat perusahaan mempertimbangkan ulang untuk mempekerjakan Anda. Itulah beberapa ulasan dan tips dari kami tentang cara nego gaji saat interview. Bersikap fleksibel bukan berarti pasrah, kala prioritas dalah diterima kerja terlebih dahulu. Toh nantinya ada kenaikan jenjang dan gaji juga mengikuti.