Jawaban Interview Kenapa Anda Ingin Bekerja Disini

Interview kerja merupakan bagian dari perkenalan sekaligus sebagai promosi diri kepada perusahaan. Para pelamar kerja seharusnya dapat mempromosikan diri sebaik mungkin agar dapat membuat perusahaan tertarik padanya.

Jawaban Interview Kenapa Anda Ingin Bekerja Disini

Sebagian besar pertanyaan yang menyangkut motivasi diri pasti diajukan oleh HRD, karena hal itu mencerminkan sikap serta kepribadian seseorang. Contohnya adalah pertanyaan “kenapa anda ingin bekerja disini?”.

Apabila kalian dihadapkan dengan pertanyaan demikian saat interview, maka berikanlah jawaban yang didasari atas motivasi kuat. Karena sebenarnya mereka menanyai kita dengan pertanyaan seperti itu bukan atas dasar ingin tahu alasan ketertarikan kita terhadap perusahaan, namun agar mereka paham seberapa jauh informasi yang kita miliki seputar perusahaannya dan seputar bagaimana budaya kerja kita kedepannya.

Untuk itu kita wajib memberi jawaban sebaik mungkin, karena jawaban inilah yang akan mencerminkan pengalaman, bakat, kemampuan, kesetiaan, serta kejujuran tingkah laku kita.

Tips Menjawab Kenapa Anda Ingin Bekerja Disini

Setiap orang pasti punya alasan atas jawaban “kenapa anda ingin bekerja disini”. Semua jawaban memang benar bila dilihat dari perspektif si pelamar kerja, namun belum tentu benar di mata HRD. Berikut beberapa tips untuk menjawab pertanyaan ini agar kita tidak terjebak dalam jawaban yang salah:

1. Hindari Jawaban Tanpa Makna

Jawaban tanpa makna merupakan jawaban yang tidak punya nilai. Biasanya seorang pelamar kerja yang baru pertama kali melakukan interview dan belum ada persiapan sama sekali akan menjawab dengan jawaban tersebut. Misalnya seperti ini:

“Karena saya butuh uang”

“Karena saya bisa menaikan karier dengan bekerja di perusahaan ini”

“Tampaknya perusahaan ini mampu memberikan banyak benefit bagi saya”

“Sepertinya perusahaan ini terlihat bagus dan punya tim yang solid”

“Karena saya profesional dan dapat bekerja dengan baik di perusahaan ini”

“Saya pantas untuk menempati posisi yang sedang dibutuhkan perusahaan”

“Karena orang tua menginginkan saya untuk bekerja disini”

“Saya baru saja dipecat dan sangat membutuhkan pekerjaan”

Sekali lagi hindari jawaban seperti itu, semuanya tanpa punya makna dan hanya sebatas keinginan yang ingin dicapai saja. Di mata para HRD jawaban seperti demikian sama sekali tidak menarik, yang mereka butuhkan adalah jawaban yang menitikberatkan pada alasan kalian tertarik pada posisi yang sedang dilamar, bukan semata pada kepentingan masing-masing.

Tips Menjawab Kenapa Anda Ingin Bekerja Disini
Urip Iku Urup “Hidup itu Nyala”

2. Kenali Lebih Jauh Perusahaan yang Dilamar

Lakukanlah riset tentang perusahaan yang akan dilamar. Mulai dari kultur / budaya kerja, produk yang mereka buat, tantangan yang dihadapi, visi misi perusahaan, dan tujuan / target kerjanya. Informasi ini bisa didapatkan dari website resminya, sosial media, ataupun dari orang yang pernah kerja disana.

Jika sudah tahu seluk beluk perusahaan dengan baik, maka akan mudah dalam membicarakan tentang diri sendiri. Selain itu, kita jadi tahu alasan kenapa kita adalah kandidat yang cocok bagi perusahaan tersebut.

Sehingga saat ditanyai dengan pertanyaan apapun kita dapat menjawab dengan baik karena sudah tau informasi perusahaan tersebut.

Tips Menjawab Kenapa Anda Ingin Bekerja Disini - mengetahui profil perusahaan.jpg

3. Cari Tahu Apa Kontribusi Kalian Terhadap Perusahaan

Agar kita betul-betul paham mengenai apa saja kontribusi yang dapat kita berikan terhadap perusahaan yang akan dilamar, maka perlu memahami beberapa hal:

  • Kenali potensi diri dan apa manfaatnya bagi perusahaan
  • Pahami job desk yang akan dilamar dengan baik
  • Perjelas tujuan karier serta proyeksi kedepannya
  • Perbanyak wawasan dari posisi yang akan dilamar
  • Cari info tentang profil staff di bagian yang ingin dilamar

Dengan memahami beberapa hal di atas, kita akan tahu apakah kita bisa berkontribusi terhadap perusahaan yang akan dilamar ataukah tidak.

Selain itu pahami juga rencana kita kedepannya, dan seharusnya tidak memberatkan perusahaan. Buatlah contoh jawaban rencana 5 tahun kedepan agar saat ditanyai pada saat wawancara kita tidak bingung memikirkannya lagi.

Tips Menjawab Kenapa Anda Ingin Bekerja Disini - kontribusi.jpg

Jawaban Interview Kenapa Anda Ingin Bekerja Disini yang Tepat

Berikut beberapa jawaban yang dapat kalian ungkapkan kepada pewawancara saat menjalani interview:

Jawaban yang Berisi Pengalaman Kerja

Bila kelebihan anda adalah pada pengalaman kerja yang dimiliki dan tentunya sesuai pada bidang yang dilamar, maka bisa memberikan jawaban yang berisi pengalaman kerja. Misalnya seperti ini:

“Saya tertarik dengan job yang ditawarkan perusahaan karena sebelumnya saya pernah menjadi progammer dalam bidang pembuatan software manajemen di perusahaan … selama 5 tahun. Dengan bakat serta pengalaman yang saya ingin mencoba untuk bisa menjadi bagian dari perusahaan ini.”

“Selama 7 tahun saya bekerja sebagai divisi marketing senior di perusahaan … . Bakat saya adalah pada psikologi marketing yang menyediakan data antara ketertarikan seseorang dengan produk yang dijual serta memberikan arahan dalam semua pembuatan konten promosi baik digital maupun non digital. Saya harap dengan pengalaman kerja yang dimiliki dapat berkontribusi bagi perusahaan ini.”

Jawaban Interview Kenapa Anda Ingin Bekerja Disini yang Tepat

Jawaban yang Berisi Kesukaan Kita

Tidak ada salahnya kita menyampaikan apa saja kesukaan kita. Hal ini justru akan memberikan citra yang baik bagi kita. Berikut contoh jawaban interview yang tepat:

“Saya tertarik bekerja di perusahaan ini karena merupakan salah satu leading company di Indonesia. Saya yakin banyak sekali tantangan yang akan saya hadapi, namun dengan bakat dan skill yang saya miliki justru saya merasa tertantang untuk dapat bekerja di perusahaan ini.

“Divisi pembuatan karya digital merupakan posisi yang cocok sesuai dengan keahlian yang saya miliki. Sejak kecil saya sangat menyukai desain dan menggambar, dan saya pun sudah memenangkan banyak perlombaan mulai dari tingkat SD hingga SMA. Disini saya tertarik untuk bisa bergabung menjadi bagian ini.”

Jawaban yang Berisi Kesukaan Kita

Jawaban yang Berisi Kemauan Belajar

Jawaban ini cocok bagi para fresh graduate yang belum memiliki pengalaman sama sekali atau hanya sekedar magang di perusahaan selama beberapa waktu saja.

Mayoritas para interviewer kurang tertarik pada pelamar kerja yang belum memiliki pengalaman, namun bila kita dapat mengemas dengan jawaban yang bagus tentu mereka akan melirik potensi kita. Berikut contohnya:

“Saya tertarik untuk ikut ambil peran dalam bidang kesehatan di Indonesia, saya siap untuk ditempatkan di Jawa maupun luar Jawa karena sekaligus sebagai sarana saya belajar dan mendapatkan lebih banyak pengalaman”

“Perusahaan ini memiliki tim yang profesional, saya ingin bergabung di posisi ini karena perusahaan memberikan ruang untuk berkarya sehingga saya bisa lebih banyak belajar dari mereka”.

Baca juga:
Daftar Pertanyaan yang Paling Sering Ditanyakan HRD saat Interview

Itulah beberapa jawaban interview kenapa anda ingin bekerja disini. Silakan dipelajari dan dapat dipraktikan saat nanti kalian interview. Usahakan jawablah pertanyaan saat wawancara dengan santai, rileks tapi tetap fokus. Karena bila kita gugup semua yang sudah dipelajari akan hilang sia-sia.