Syarat Fisik Menjadi Dokter dan Perawat

Syarat fisik menjadi doktermaupun syarat akademik harus benar-benar dipenuhi dan diterapkan secara ketat. Karena profesi dokter berkaitan dengan nyawa seorang manusia, sehingga tidak bisa dilakukan secara sembarangan atau main-main.

Tahapan menjadi seorang dokter juga cukup panjang, selain harus menempuh pendidikan S1 Kedokteran juga harus menempuh berbagai tahapan ujian baik tertulis maupun praktek dengan standar yang sama secara nasional. Untuk dapat memulai praktek, seorang calon dokter juga harus mendapatkan ijin tertulis dari lembaha yang berwenang.

advertisement

Jenjang karir yang pasti dan kebutuhan yang terus meningkat menyebabkan gelar dokter menjadi salah satu tujuan yang masih terus dikejar oleh para pelajar. Selain itu juga dokter merupakan profesi mulia yang dapat menyelamatkan banyak nyawa.

Syarat Fisik Menjadi Dokter di Kampus Unggulan

Walaupun biaya yang tidak sedikit dalam menempuh pendidikan dokter tetapi hal itu tidak menyurutkan jumlah pelamar yang ingin masuk fakultas kedokteran. Bahkan biaya pendidikan di fakultas kedokteran menjadi salah satu yang paling mahal dibandingkan jurusan lainnya.

Melalui proses seleksi dengan saingan yang cukup banyak sehingga anak yang masuk dalam fakultas kedokteran adalah anak-anak pilihan yang harus mumpuni baik secara fisik maupun akademik. Karena pekerjaan dokter bukanlah pekerjaan yang mudah, diperlukan keakuratan diagnosis dan kondisi fisik yang prima.

Syarat Yang Harus Dipenuhi Untuk Menjadi Seorang Dokter

Walaupun dokter adalah profesi yang sangat didambakan banyak pelajar, tetapi untuk menjadi seorang dokter tidaklah mudah.

Mulai dari syarat untuk dapat masuk fakultas kedokteran yang harus dipenuhi, waktu dan tenaga yang harus dicurahkan selama menembuh pendidikan dokter serta berbagai ujian untuk dapat akhirnya membuka praktek sendiri menangani pasien.

Untuk mendapatkan calon dokter yang berkompeten syarat masuk menjadi dokterpun diperketat. Pasing grade masuk fakultas kedokteran bahkan menjadi salah satu yang tertinggi. Kemudian syarat apa saja yang harus dipenuhi menjadi seorang dokter? Akan anda temukan jawabannya disini.

Syarat Fisik Menjadi Dokter

Selain kemampuan analisis dan akademik yang optimal, seorang dokter juga harus memiliki fisik yang sehat baik secara jasmani dan rohani.

Pekerjaan dokter sering dihadapkan pada situasi dan kondisi yang benar-benar menguras tenaga dan pikiran. Sehingga kondisi fisik yang prima ketika merawat pasien adalah hal utama yang harus dipenuhi.

Secara lebih spesifik, syarat fisik yang harus dipenuhi unuk menjadi seorang dokter adalah:

1. Tidak buta warna

Banyak peralatan kedokteran yang menggunakan indicator warna. Sehingga seorang dokter tidak boleh memiliki buta warna baik parsial maupun total agar dapat bekerja secara maksimal dan tidak melakukan kesalahan yang dapat membahayakan keselamatan pasien.

tes buta warna untuk menjadi dokter

2. Sehat jasmani

Tentu saja seorang dokter harus memiliki kesehatan fisik yang baik ketika melakukan pemeriksaan. Jika perlu menjaga kondisi kesehatan fisik dapat dilakukan dengan olahraga teratur dan pola makan seimbang. Lakukan pengecekan ody check up rutin tiap 6 bulan sekali.

3. Sehat rohani

Seorang dokter juga harus memiliki mental yang kuat untuk menangani berbagai kondisi darurat. Kesalahan sedikit saja seperti panic dapat mengacaukan pikiran yang menyebabkan kesalahan penanganan yang tentu saja akan sangat membahayakan pasien. Pikiran harus tenang mengahdapi situasi tertekan.

4. Tinggi dan berat badan seimbang

Pekerjaan dokter memerlukan kecepatan dan ketepatan, termasuk juga gesit dalam menangani pasien. Sehingga postur tubuh dokter juga penting, walaupun bukan hal yang paling utama syarat fisik sebagai dokter namun tetap harus dipenuhi. Syarat tinggi badan seorang dokter yaitu 150 cm untuk wanita dan 155 cm untuk laki-laki.

tubuh proporsional sesuai body mass index

5. Memiliki pendengaran dan penglihatan yang bagus

Dokter harus memiliki pendengaran dan penglihatan yang bagus. Hal ini agar ketika melakukan pemeriksaan dan memberikan diagnosis tepat dan akurat. Karena pengamatan kondisi pasien dilakukan dengan panca indra termasuk juga indra pendengaran dan penglihatan yang bagus.

apakah masuk kedokteran ada tes keperawanan

Tes keperawanan belum memiliki dasar klinis secara ilmiah. Belum ada penelitian yang bisa membuktikan wanita masih virgin atau sudah pernah berhubungan. Bahkan seseorang juga tidak bisa menentukan keperawanan dengan akurat hanya dengan visual/melihat bentuk hymen/ selaput dara wanita

apakah gigi berlubang bisa masuk kedokteran

Gigi tanggal, gigi palsu, gigi berlubang tidak menjadi syarat dalam lulus penerimaan mahasiswa kedokteran. Fakultas kedokteran unggulan adalah UI, UGM, Unair, Unpad, Unibraw, Unhas, dan Unsri.

apabila kamu memutuskan untuk masuk swasta, pilih yang sudah punya rumah sakit/poliklinik, dan memiliki track record yang baik di masyarakat, seperti Atmajaya (jakarta), UMY (jogja)

Syarat Akademik Menjadi Dokter

Selain memiliki fisik yang prima, tentunya seorang dokter harus memiliki kemampuan akademik yang bagus.

Dokter harus bisa melakukan analisis penyakit dengan tepat terhadap gejala dan kondisi pasien. Sehingga bisa diberikan penanganan dan pengobatan yang tepat kepada pasien.

Kesalahan diagnosis dan pemberian obat atau penanganan dapat mengakibatkan hal yang fatal bahkan mengancam nyawa manusia. Agar dapat masuk dalam fakultas kedokteran, selain nilai rapor dan ujian yang bagus beberapa kemampuan akademik lain yang harus dipenuhi yaitu:

syarat akademik menjadi dokter dan perawat atau masuk jurusan kedokteran

a. Menguasai ilmu sains

Kedokteran adalah ilmu eksak yang secara khusus mempelajari makhluk hidup. Perlu ketepatan dan akurasi dalam melakukan penanganan pasien. Untuk itu calon dokter harus memahami ilmu sains, antara lain:

  • Fisika
  • Matematika
  • Biologi
  • Kimia

b. Mahir berbahasa asing

Banyak ilmu kedokteran yang menggunakan pengantar dalam bahasa inggris. Sehingga agar mampu mengikuti ritme belajar, seorang calon dokter harus mahir berbahasa inggris baik secara aktif/lisan maupun pasif/tulisan.

c. Logika yang bagus dan cara berfikir sistematis

Kemampuan logika dan cara berfikir yang sistematis sangat diperlukan bagi calon dokter agar dapat mendiagnosa penyakit secara tepat dan melakukan tindak penanganan yang runtut dan sistematis.

Masih banyak orang yang bingung perbedaan kedokteran dan keperawatan. Karena di beberapa fakultas, dua jurusan ini masih disatukan dalam fakultas kedokteran.

logika berpikir masuk fakultas kedokteran

Perawat dan dokter bekerja bersama dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Namun keduanya memerlukan pengetahuan dan skill yang harus dikuasai.

Jika dokter bertugas melakukan diagnosis dan mengambil tindakan penanganan pada pasien, perawat bertindak melakukan perawatan dan tindakan sesuai instruksi dokter. Ataupun melakukan perawatan sebelum dilakukan tindakan lebih lanjut oleh dokter.

Baca juga:
Syarat Masuk Jurusan Farmasi

apakah masuk kedokteran harus pintar?

Maka jawabannya adalah tentu saja. Seorang dokter tidak boleh hanya sekedar pintar secara IQ, namun juga EQ, SQdan integritas. Ada banyak kemampuan penting yang harus dimiliki oleh seorang dokter agar sukses saat bekerja di lapangan

apakah masuk kedokteran harus dari jurusan ipa?

Pertanyaan Retoris, Tentu saja. Karena dalam kedokteran, dibutuhkan pemahaman tentang ilmu biologi dan fisiologi. Menngerti konsep tentang virus, kuman, pathogen, sel, toksin, dan lain sebagainya

Baca juga:
Drakor tentang Dokter/Perawat yang Seru Ditonton

Tidak hanya syarat fisik menjadi dokter yang harus dipenuhi, seorang dokter juga harus memiliki akademik yang bagus dan mental yang kuat untuk menghadapi berbagai kondisi. Mahasiswa jaman now dituntut memiliki hardskill dan softskillyang memadai untuk bersaing.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *