6 Sekolah Kedinasan yang Jarang Diminati

Faktanya ada beberapa sekolah kedinasan yang jarang diminati oleh siswa atau siswi tanah air. Saking sepi peminat, sekolah tersebut bahkan terpaksa hanya menerima beberapa peserta saja. Berbanding terbalik dengan beberapa sekolah kedinasan terpopuler seperti STAN, IPDN, Akpol dan lainnya.

Perlu digaris bawahi kata Sepi / Jarang Diminati bukan berarti kualitas pendidikan tidak bagus. melainkan kurang publikasi atau Letak nya tidak di Jawa sebagai pulai terpadat. Disini 1 kursi siswa diperebutkan 2-5 pendaftar, dibanding sekolah tinggi kedinasan lain yang 1 kursi siswa diperebutkan ratusan pendaftar.

advertisement

Daftar sekolah kedinasan sepi peminat

sekolah kedinasan yang jarang diminati, peluang diterima besar
sekolah kedinasan yang jarang diminati, peluang diterima besar

Persyaratan masuk ke sekolah kedinasan jauh lebih sulit daripada sekolah swasta. Meski demikian banyak sekali manfaat yang diperoleh dari para mahasiswa atau mahasiswinya. Ironisnya, ada saja beberapa sekolah kedinasan yang jarang diminati siswa. Apa saja daftarnya? Silakan kamu simak di bawah ini:

Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbang Banyuwangi

Bersekolah di sekolah pilot berbasis negeri kini bisa kamu lakukan di Banyuwangi tepatnya di Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi. Di akademi ini, para peserta berhak memilih model pembelajaran yang diinginkan apakah mengikuti program pelatihan atau justru ikut di program pendidikan.

Alamat: Komplek Bandara Blimbing Sari, Jl. Agung Wilis, Blimbing Sari, Rogojampi, Dusun Krajan, Blimbingsari, Kec. Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68462

sekolah kedinasan yang jarang diminati peluang diterima besar

Ketika memilih kuliah di sekolah ikatan dinas ini, kamu bisa mengambil kuliah DIII operasi pesawat udara atau DIII penerbang sayap tetap. Sementara untuk program pelatihan yang ditawarkan jauh lebih banyak dan beragam termasuk pilot refresher course hingga instrumen rating coursedan pelatihan lainnya.

sekolah kedinasan yang jarang diminati peluang diterima besar

Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat Bali

Salah satu sekolah kedinasan yang jarang diketahui berikutnya adalah Poltrada Bali. Di sini, kamu akan mempelajari banyak hal mengenai kompetensi logistik maupun transportasi darat. Alamat: Jl. Batuyang No.109X, Batubulan Kangin, Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80582

Mayoritas lulusan Poltrada Bali akan bekerja di Kementerian Perhubungan. Jumlah program studi yang ditawarkan di kampus ini pun sangat beragam dan secara keseluruhan bisa diakses oleh semua siswa lulusan SMA/SMK/MA.

sekolaha tinggi kedinasan yang jarang peminat - BPPTD Bali
sekolah tinggi kedinasan yang jarang diketahui – BPPTD Bali

Program studi yang dimaksud di antaranya adalah Diploma III Teknologi Mekanika Otomotif, DIII Manajemen Transportasi Logistik juga DIII Manajemen Transportasi Jalan.

Selain berkesempatan untuk bekerja di Kementerian Perhubungan, lulusan dari Poltrada Bali juga memiliki kesempatan tinggi untuk bekerja di pemerintahan daerah.

Dari segi sarana dan prasarana, sekolah kedinasan ini sebetulnya sudah sangat layak bahkan dipimpin dan dibina oleh dosen profesional dan berpengalaman di masing-masing bidangnya.

Politeknik Pelayaran Barombong

Kamu yang tinggal jauh dari Makassar mungkin tidak mengenal dengan baik Poltepel Barombong ini padahal politeknik pelayaran ini telah mencetak banyak lulusan unggulan. Alamat: Jl. Permandian Alam No.1, Barombong, Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90225

Poltekpel Barombong berada dalam pengawasan Kementerian Perhubungan RI dan mengikuti standar pembelajaran dari kementerian. Menariknya lagi, jika kuliah di institusi ini kamu bisa mengikuti program diklat keahlian dan pada akhirnya akan menerima sertifikat kompetensi.

Politeknik Pelayaran Barombong
Sekolah Kedinasan yang Jarang Diminati / Kurang Publikasi

Persyaratan yang ditetapkan untuk menjadi pelajar di kampus ini hampir sama seperti persyaratan di politeknik pelayaran lainnya. Di mana selain mengandalkan kecerdasan otak juga memperhatikan kondisi kesehatan pesertanya.

Politeknik Pelayaran Sorong

Kesempatan untuk mendapatkan pendidikan tinggi juga dimilik oleh anak-anak Sorong termasuk jika kamu bermimpi menjadi seorang pelaut profesional. Politeknik ini bertanggung jawab untuk mengembangkan dan mencegah SDM yang memahami dengan baik pembelajaran seputar kelautan dan perikanan.

Prodiyang ditawarkan di Politeknik Pelayaran Sorong cukup beragam dan masing-masing telah terakreditasi B. Kamu bisa pilih untuk kuliah di jurusan teknik penangkapan ikan, mekanisasi perikanan atau justru budidaya perikanan.

BP2IP Sorong

Politeknik Penerbangan Jayapura

Sekolah kedinasan yang jarang diketahui orang berikutnya adalah sekolah pencetak tenaga penerbangan ahli yang berbasis di Jayapura. Politeknik penerbangan ini menawarkan berbagai pilihan program diklat yang bisa kamu ikuti pasca menyelesaikan SMA /MA/ SMK bahkan selesai studi DIII atau S1.

Informasi yang diberikan oleh situs resmi Politeknik Penerbangan Jayapura cukup lengkap dan bisa kamu akses secara online dari internet. Termasuk apa saja persyaratan yang harus dikumpulkan jika tertarik mengikuti program studi atau diklat pelatihan.

PolTekBang Jayapura
PolTekBang Jayapura

Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh

Tidak ketinggalan dari Sorong, kamu bisa menemukan sekolah kedinasan berbasis pelayaran di Aceh. Sekolah ini menawarkan berbagai program diklat yang bisa diakses bagi siapa pun yang memenuhi persyaratan peserta.

Contohnya seperti program diklat pembentukan pelaut, peningkatan pelaut, keterampilan pelaut, pemuktahiran pelaut, dan sebagainya. Salah satu syarat utama masuk ke sekolah pelayaran ini yaitu pendaftar minimal berusia 16 tahun dan maksimal 23 tahun.

sekolah kedinasan yang jarang diminati - Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh
BP2IP Malahayati Aceh

Meskipun sepi peminat, secara keseluruhan masing-masing sekolah memiliki kelebihan tersendiri. Sepi bukan berarti kurang bagus, hanya saja mindsetmasyarakat belum sampai kesana. Atau publikasi dan promosi nya kurang sampai ke masyarakat luas

Jangan ragu untuk mendaftarkan diri kamu di sana terlebih jika kamu berada di kota yang sama atau tidak jauh dari kota tersebut.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *