Sekolah Ikatan Dinas yang Sepi Peminat (Peluang Masuk Besar)

Strategi Memilih Sekolah Ikatan Dinas yang Sepi Peminat yang Persentasi Diterima Lebih Besar. Memilih jurusan setelah lulus SMA/SMK adalah dilema tersendiri. Setiap siswa maupun orangtua pasti menginginkan jenjang karir yang jelas selepas menempuh pendidikan. Sehingga tak heran, banyak dari mereka yang berminat masuk ke sekolah kedinasan.

Sekolah kedinasan dianggap sebagai salah satu jembatan yang menjanjikan peluang karir lebih besar dibandingkan masuk universitas umum. Hal ini karena sekolah kedinasan yang dikelola oleh kementrian Negara dimana para siswanya akan disalurkan secara langsung bagi instansi pemerintahan yang mengelola.

advertisement

Sebut saja Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN) yang dikelola oleh kementrian keuangan yang menjadi salah satu sekolah kedinasan favorit. Lulusannya akan ditempatkan di sector kementrian keuangan Negara seperti di bidang perpajakan atau bea cukai.

Sekolah Ikatan Dinas yang Sepi Peminat
Sekolah Ikatan Dinas yang Sepi Peminat karena Mayoritas di Luar Pulau Jawa

Berbeda dengan Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN), Sekolah Tinggi Ilmu Stasistik (STIS), Akpol atau IPDN yang hampir setiap pembukaannya selalu diburu oleh ribuan peminat.

Ada beberapa sekolah ikatan dinas yang sepi peminat yang bisa anda pertimbangkan. Sekolah ikatan dinas membuka jalur pendidikan yang setara dengan tingkat Universitas mulai dari jenjang D1 hingga D4 yang setara sarjana (S1).

Jurusan yang dibuka oleh sekolah ikatan dinas spesifik, tergantung kebutuhan kementrian atau instansi pemerintah yang mengelola. Siswa yang masuk ke sekolah kedinasan mendapatkan beasiswa pendidikan hingga lulus, serta mendapatkan jaminan pekerjaan di kementrian atau instansi pemerintah. Serta menjalani ikatan dinas selama beberapa tahun.

Sekolah Kedinasan yang Peluang Masuknya Besar

Siapa yang tidak ingin masuk sekolah kedinasan? Hampir sebagian besar siswa pasti mendambakan masuk sekolah kedinasan, karena selain bergengsi juga memberikan jaminan pekerjaan yang jelas.

Namun ternyata tidak semua sekolah kedinasan diburu oleh para siswa, ada beberapa sekolah ikatan dinas yang sepi peminat. Padahal tentu saja sekolah kedinasan ini juga memberikan jaminan karir yang cemerlang.

Tetapi sayangnya tidak banyak siswa yang tertarik. Untuk itu anda bisa mempertimbangkan untuk menyekolahkan anak anda di sini. Beberapa sekolah kedinasan yang peluang masuknya besar karena sepi peminat yaitu:

Sekolah Ikatan Dinas yang Sepi Peminat sekolah penerbangan pilot di banyuwangi

Akademi Penerbangan Indonesia Banyuwangi (API Banyuwangi)

Walaupun pekerjaan sebagai pilot atau di bidang penerbangan memiliki gaji yang sangat menjanjikan. Tetapi di Akademi Penerbangan Indonesia Banyuwangi masih saja sepi peminat.

API Banyuwangi ini dulunya bernama Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Banyuwangi yang berubah nama sejak tahun 2019. API Banyuwangi bertanggung jawab dan dibawah kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan di lingkungan kementrian perhubungan.

API Banyuwangi membuka kesempatan bagi para anak-anak bangsa untuk menempuh pendidikan DIII penerbangan sayap tetap atau DIII operasi pesawat udara serta beberapa pelatihan.

Akademi ini berlokasi di Banyuwangi, khususnya di Komplek Bandara Blimbing Sari, Jl. Agus Wilis, Blimbing Sari, Kecamatan Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Sekolah Ikatan Dinas yang Sepi Peminat Sekolah Politeknik Penerbangan Jayapura

Politeknik Penerbangan Jayapura

Apakah kalian baru tahu ada sekolah kedinasan yang didirikan di tanah papua? Sekolah kedinasan itu adalah politeknik penerbangan Jayapura. Walaupun tidak seterkenal STAN, STIS atau IPDN, tetapi di poltekbang ini telah lahir para tenaga penerbangan ahli.

Di poltekbang Jayapura, anda bisa belajar banyak melalui program diklat pembentukan atau diklat teknis ketrampilan. Di program diklat teknis ketrampilan juga masih dibagi menjadi beberapa bidang yaitu:

  • Keamanan Penerbangan
  • Keselamatan Dan Navigasi Penerbangan
  • Kebandar Udaraan
  • Manajemen Bandar Udara
Sekolah Ikatan Dinas yang Sepi Peminat Politeknik Pelayaran Barombong

Politeknik Pelayaran Barombong

Salah satu politeknik yang membuka kesempatan belajar ilmu pelayaran adalah di Politeknik Pelayaran Barombong. Poltepel ini berlokasi di Jl. Permandian Alam No. 1, Barombong, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Poltepel Barombong menjadi salah satu sekolah ikatan dinas yang sepi peminat.

Poltepel Barombong juga berada di lingkungan kementrian perhubungan. Bahkan para siswa di poltepel ini dapat mengikuti program diklat keahlian untuk mendapatkan sertifikat kompetensi.

Tentu saja agar dapat bekerja di bidang pelayaran, para pelajar disini harus memiliki tingkat akademik yang bagus dan fisik yang optimal.

Sekolah Ikatan Dinas yang sepi peminat - Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh

Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh

Sebagai daerah di ujung barat Indonesia, Aceh merupakan salah satu daerah yang berbatasan langsung dengan samudra Hindia. Sehingga di wilayah ini dikembangkan balai pendidikan Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh.

Selain membuka pendaftaran peserta sekolah kedinasan, poltekpel ini juga sering mengadakan pelatihan yang terbuka bagi siapa saja asal memenuhi syarat sebagai peserta. Beberapa pelatihan yang dilakukan antara lain:

  • Program diklat pembentukan pelaut
  • Program diklat ketrampilan pelaut
  • Program diklat peningkatan pelaut
  • Program diklat pemutakhiran pelaut
  • dst.
Sekolah Ikatan Dinas yang sepi peminat - BPPTD Bali

Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat Bali (BPPTD Bali)

Salah satu sekolah kedinasan yang peluang masuknya besar adalah Poltrada Bali. Berlokasi di Kabupaten Gianyar, Bali balai pendidikan ini memberikan kesempatan bagi putra putri bangsa untuk belajar mengenai kompetensi logistic serta transportasi darat.

Poltrada Bali berada di lingkungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan sebagai unit pelaksana teknis. BPPTD Bali membuka beragam program studi bagi lulusan SMA/SMK/MA antara lain DIII Manajemen Transportasi Logistik, DIII Teknologi Mekanika Otomotif, DIII Manajemen Transportasi Jalan serta yang lainnya.

Sekolah ikatan dinas ini juga menyelenggarakan diklat teknis untuk PNS Dinas Perhubungan Provinsi, Kabupaten atau Kota di sub sektor perhubungan darat.

Baca juga:
Syarat Masuk Sekolah Ikatan Dinas (Fisik dan Akademik)

Berbagai sekolat ikatan dinas yang sepi peminat di atas dapat menjadi salah satu opsi untuk memilih jenjang pendidikan setelah lulus SMA/sederajat. Karena sepi peminat, tentu peluang agar dapat masuk lebih besar dengan kesempatan jenjang karir yang cerah.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *