Syarat Masuk Sekolah Kedinasan

Setiap orang tua berharap bisa melindungi cita-cita anaknya dengan baik termasuk memfasilitasi mereka dengan pendidikan tinggi di sekolah kedinasan. Tapi sebelum mendorong anak untuk kuliah di salah satu kampus, cari tahu terlebih dahulu syarat masuk sekolah kedinasan karena masing-masing perguruan tinggi memiliki persyaratan berbeda.

syarat masuk sekolah kedinasan
syarat masuk sekolah kedinasan

Daftar beberapa sekolah kedinasan dan syarat masuknya

Sekolah kedinasan memiliki lebih banyak keistimewaan daripada perguruan tinggi biasa di mana mahasiswa/mahasiswi mendapatkan kesempatan untuk kuliah secara gratis. Lalu berkesempatan bekerja di instansi pemerintahan, sehingga masa depannya jauh lebih terjamin karena akan mendapatkan pekerjaan bergengsi pasca lulus dari bangku kuliah.

advertisement

Berikut ini syarat masuk dan daftar nama sekolah kedinasan berkualitas di Indonesia:

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Nama IPDN bukan nama yang asing, kampus ini juga termasuk yang paling populer dan diburu oleh siswa lulusan SMA/SMK/MA. Kuliah di IPDN akan memberikan banyak gambaran tentang pekerjaan atau job desk yang dilakukan para staf di lembaga pemerintahan.

Untuk kuliah di IPDN, seorang anak wajib memiliki kecerdasan intelektual dan fisik yang kuat. Syarat masuk sekolah kedinasan harus dipenuhi dengan baik agar bisa lolos sampai ke final, pertama berusia 16-21 tahun.

Nilai rata-rata rapor 7,00, terbukti tidak berkacamata, belum menikah dan tidak memiliki tato. Syarat berikutnya adalah tinggi badan wanita minimal 155 cm dan peserta laki-laki 160 cm.

syarat masuk sekolah kedinasan IPDN
syarat masuk sekolah kedinasan IPDN

Politeknik Keuangan Negara STAN

Salah satu cara terbaik menjadi seorang akuntan di lembaga pemerintahan adalah kuliah di Politeknik Keuangan Negara STAN. Anak akan memperoleh pembelajaran seputar pajak, bea cuka, akuntansi, penilaian PBB, kebendaharaan negara dan lainnya.

Syarat masuk STAN hampir sama seperti IPDN, di mana nilai rapor rata-rata 7,00 dengan tinggi badan wanita 155 cm dan pria 165 cm. Peserta juga harus bebas dari buta warna dan terbukti sehat secara fisik.

syarat masuk sekolah kedinasan STAN
syarat masuk sekolah kedinasan STAN

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)

Sekolah kedinasan jurusan IPS ini termasuk yang paling diburu termasuk oleh lulusan IPA. Pokok pembelajaran yang akan diterima mahasiswa/mahasiswi STIS adalah ilmu ekonomi, komputasi statistik dan sosial-kependudukan.

Karena pelajaran yang diajarkan cukup berat dan didominasi matematika, butuh nilai rata-rata rapor yang tinggi untuk diterima di STIS minimal 7,00 untuk jurusan IPA dan 8,00 untuk jurusan IPS. Sekecil-kecilnya berusia 16 tahun- 22 tahun. Tidak menikah, tidak buta warna dan sehat jasmani serta rohani.

syarat masuk sekolah kedinasan STIS
syarat masuk sekolah kedinasan STIS

Akademi Kepolisian (Akpol)

Indonesia juga memiliki banyak akademi tapi yang paling banyak peminatnya adalah Akpol. Ada banyak manfaat yang akan diterima mahasiswa atau mahasiswi lulusan Akpol namun untuk masuk ke akademi ini siswa wajib memenuhi beberapa persyaratan umum dan khusus.

Usia 16-22 tahun, terbukti sehat dari surat kesehatan yang diberikan institusi kesehatan. Bersih dari tindak pidana dibuktikan dari kepemilikan SKCK. Memiliki nilai rata-rata ujian nasional minimal 7,25 dengan tinggi badan wanita 163 cm dan pria 165 cm.

syarat masuk sekolah kedinasan AKPOL
AKPOL

Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD)

Termasuk sekolah kedinasan jurusan IPA yang menawarkan banyak sekali program studi mulai dari studi lalu lintas dan angkutan jalan hingga studi transportasi darat.

Lulusan SMA/SMK/MA yang tertarik masuk STTD wajib memenuhi beberapa persyaratan termasuk syarat usia maksimal 23 tahun. Rata-rata rapor 7,00, belum menikah, tinggi badan pria 165 cm dan peserta wanita 160 cm.

syarat masuk sekolah kedinasan STTD
STTD

Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN)

Beberapa sekolah kedinasan menerapkan persyaratan dengan menyertai nilai UN tapi tidak sedikit pula sekolah kedinasan tanpa nilai UN dan hanya meminta syarat nilai rapor contohnya STSN yang hanya meminta dua nilai sebagai persyaratan yakni nilai bahasa Inggris dan matematika minimal 8,00.

Calon peserta juga berusia 17-21 tahun. Terbukti tidak buta warna, tidak bertato, belum menikah dan sehat secara rohani dan jasmani yang surat pernyataannya diberikan oleh instansi kesehatan resmi.

syarat masuk sekolah kedinasan
syarat masuk sekolah kedinasan STSN

Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

STMKG mungkin identik dengan jurusan IPS, tapi kampus ini nyatanya termasuk salah satu sekolah kedinasan di Indonesia untuk SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Teknik Mekatronika, Teknik Elektronika Industri, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Jaringan Akses.

Persyaratan umum wajib berusia 16-21 tahun, tinggi badan pria 163 cm dan wanita tidak kurang dari 155 cm. Nilai rata-rata rapor 7,00, belum menikah, sehat jasmani dari narkoba.

syarat masuk sekolah kedinasan STMKG
syarat masuk sekolah kedinasan

Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Pernah menyaksikan film Hollywood mengenai agen mata-mata atau kepolisian FBI? Jika tertarik untuk menyekolahkan anak menjadi agen intel yang berkualitas sekolah tinggi terbaik yang difasilitasi pemerintah adalah Sekolah Tinggi Intelijen Negara.

Sekolah ini akan mengembangkan kemampuan para peserta dalam menyerap ilmu-ilmu intelijen sehingga bisa berguna bagi nusa dan bangsa. Persyaratan yang ditetapkan STIN tidak beda jauh dari sekolah kedinasan lainnya yang wajib dipenuhi masing-masing peserta bila ingin lolos tahapan administrasi.

Persyaratan pertama berusia 16-20 tahun dibuktikan dengan Akta Kelahiran. Belum menikah dan terbukti belum pernah melahirkan bagi peserta wanita. Tidak pernah patah tulang, tidak bertato, tidak memiliki anak bagi peserta pria, sehat baik secara rohani juga jasmani.

Berat badan dan tinggi badan harus sesuai persyaratan minimal tinggi badan pria 165 cm dan wanita 155 cm. Persyaratan yang dimiliki institusi pendidikan ini memang jauh lebih banyak dan detail karena pokok pekerjaan yang akan dilakukan lulusan STIN sangat berat.

syarat masuk sekolah kedinasan STIN
syarat masuk sekolah kedinasan STIN

Politeknik Pelayaran Banten

Di atas telah dijelaskan beberapa sekolah kedinasan yang banyak diminati masyarakat. Ironisnya, ada beberapa sekolah ikatan dinas yang sepi peminat termasuk Politeknik Pelayaran Banten padahal masa depan cerah menanti setiap lulusan kampus ini.

Persyaratan utama yang harus dipenuhi para peserta adalah kesehatan fisik termasuk cek tinggi badan wanita minimal 155 cm dan pria 160 cm. Para peserta juga tidak boleh memiliki tindik, tato dan memegang bukti lulus seleksi kesehatan pelaut.

Menariknya setelah lulus dari seleksi di atas, peserta masih harus mengikuti seleksi kesamaptaan yakni uji mental dan fisik dengan melakukan keterampilan bahari, sit-up, shuttle-up, push-up atau lari.

Politeknik Pelayaran Banten
Politeknik Pelayaran Banten

Politeknik Penerbangan Palembang

Ada beberapa politeknik penerbangan yang sangat populer di Indonesia tapi tidak termasuk Politeknik Penerbangan Palembang yang masih kekurangan peserta. Padahal untuk masuk ke Politeknik Penerbangan Palembang tidak sulit.

Calon taruna wajib bebas dari tato, tidak bertindik, tidak buta warna, memiliki penglihatan normal, bebas dari tindak pidana dan sehat secara fisik dibuktikan dari surat kesehatan. Sementara untuk persyaratan fisiknya, masing-masing peserta wajib memiliki tinggi badan 155 cm untuk peserta wanita dan 160 cm untuk peserta pria. Dengan batasan usia minimal 16-23 tahun.

Baca juga: Tips Panduan Sekolah Kedinasan

Itulah informasi mengenai sepuluh sekolah kedinasan berikut detail penting mengenai syarat masuk sekolah kedinasan. Jika memiliki anak, saudara atau kenalan yang ingin masuk ke sekolah ikatan dinas, pastikan lengkapi seluruh persyaratan administrasi dan pantaskan diri dengan menjaga kesehatan fisik.

advertisement