Syarat Masuk Jurusan Hubungan Internasional di UGM

Selain menciptakan jurusan baru, teknologi juga berperan dalam mengembangkan jurusan lama agar semakin menarik salah satunya adalah jurusan Hubungan Internasional atau disingkat HI.

syarat masuk jurusan hubungan internasional

Jurusan ini memiliki peminat yang cukup banyak dan hampir setiap kampus menyelenggarakan pendidikannya. Syarat masuk jurusan hubungan internasional pun tidak sulit karena tidak berkonotasi pada pelajaran hitung menghitung.

Alasan utama mengapa jurusan ini sangat populer karena peluang kerja yang sangat tinggi. Tidak hanya berpotensi menjadi karyawan di perusahaan swasta populer, lulusan HI juga memiliki kesempatan bekerja di instansi pemerintah contohnya menjadi seorang diplomat.

Jika tidak tertarik dengan dua profesi di atas, masih banyak profesi lain yang membutuhkan terapan ilmu Hubungan Internasional. Lantas, apa yang harus kamu persiapkan jika tertarik kuliah di jurusan ini?

4 Syarat masuk jurusan Hubungan Internasional

Penguasaan Bahasa Asing

Di dunia ini ada banyak sekali terapan ilmu yang bisa kamu pelajari salah satunya HI, ketika berencana masuk ke jurusan ini kamu wajib memiliki penguasaan bahasa asing yang baik. Bahasa asing yang wajib dikuasai secara umum adalah bahasa inggris, tapi kampus turut menerima dengan tangan terbuka siswa/siswi yang mahir bahasa Arab, Jepang, Jerman, Perancis, China dan Rusia.

Pengakuan mahir berbahasa asing ini harus dibuktikan oleh bukti otentik yakni sertifikat bahasa dengan nilai terbaik. Masing-masing kampus memiliki persyaratan tersendiri mengenai penguasaan bahasa asing.

Mampu Berpikir Kritis

Salah satu konsep pembelajaran yang akan kamu terima di jurusan HI adalah isu dunia mulai dari isu budaya bahkan politik. Tidak heran jika mahasiswa/mahasiswi Hubungan Internasional rata-rata memiliki ketajaman analis karena mereka dituntut untuk selalu berpikir kritis setiap harinya.

syarat masuk jurusan hubungan internasional

Mampu Melakukan Diplomasi

Berbeda dari mempelajari matematik yang terasa memusingkan, belajar diplomasi jauh lebih mudah apalagi jika kamu tipikal anak yang suka berbicara dan berdiskusi dengan orang lain. Agar semakin mahir berdiplomasi, tambah wawasan kamu dengan banyak membaca isu terbaru. Semakin banyak yang kamu kuasai akan semakin mudah untukmu berbicara dengan lawan bicara.

Memiliki Jiwa Kepemimpinan

Saat bekerja di kedutaan, kamu dituntut untuk mampu bersikap mandiri dan memiliki keahlian dalam menentukan keputusan. Seorang pemimpin yang andal akan lebih disukai oleh banyak orang.

syarat masuk jurusan hubungan internasional
syarat masuk jurusan hubungan internasional : mampu berinteraksi / berbicara di depan publik dan gemar mengamati olitik dalam dan luar negeri

Peluang kerja pasca lulus kuliah Hubungan Internasional

Di atas telah disebutkan syarat umum yang harus dipenuhi calon mahasiswa atua mahasiswi HI. Lantas, apa saja peluang karier yang akan kamu terima jika lulus dari jurusan tersebut? Simak selengkapnya berikut:

Jurnalis Media Massa

Termasuk satu dari sekian banyak pekerjaan Hubungan Internasional yang memiliki masa depan cerah. Mereka yang bekerja sebagai jurnalis media massa umumnya memiliki kemampuan untuk berpikir secara kritis.

Karena sering kali mempelajari isu terbaru, tidak sulit bagi lulusan HI untuk mengembangkan karier mereka sebagai jurnalis. Entah itu jurnalis yang mencari berita keuangan maupun politik dan isu menarik lainnya.

Konsultan Internasional

Peluang karier berikutnya yang sama bergengsi dan banyak diburu lulusan HI adalah konsultan internasional. Namun untuk menjadi seorang konsultan internasional dibutuhkan pengalaman yang cukup banyak.

Penting bagi lulusan HI agar terus menggali potensi dirinya hingga diberikan predikat sebagai konsultan internasional yang andal dan profesional.

Diplomat

Peluang kerja yang sama menariknya adalah diplomat, entah menjadi diplomat di negara Eropa atau negara di benua lainnya. Pekerjaan sebagai diplomat selalu menarik untuk dilakukan karena artinya kamu bisa mempelajari keanekaragaman budaya, bahasa dan adat masing-masing negara dengan cara yang paling menyenangkan.

Dosen

Jika kamu tertarik untuk menjadi guru tapi terlahir sebagai lulusan HI, melamarlah di kampus sebagai dosen. Ada banyak lowongan dosen Hubungan Internasional yang dibutuhkan oleh perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Bicara tentang kuliah memang menyenangkan dan salah satu kampus terbaik yang menawarkan jurusan HI adalah Universitas Gajah Mada. Kamu yang ingin kuliah di kampus ini wajib mengetahui syarat dan biaya kuliah Hubungan Internasional UGM.

Karena biaya pendidikan program reguler untuk program sarjana di kampus ini dibedakan menjadi beberapa kriteria. Mulai dari peserta bidik misi yang dibebaskan dari biaya kuliah hingga mahasiswa yang orang tua/walinya berpenghasilan tinggi di atas Rp 50 juta. Secara garis besar, biaya kuliah di UGM jurusan HI mulai dari Rp 0-Rp 9 juta per semester.

meme syarat masuk jurusan hubungan internasional

Baca juga:ย Syarat Masuk Sekolah Kedinasan

Itulah informasi menarik seputar syarat masuk jurusan Hubungan Internasional bahkan sedikit info tentang biaya kuliah di UGM. Jika kamu tertarik, persiapkan materi dan fisik mulai dari sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *