Hari Baik Memotong Kuku dan Tata Caranya yang Benar

Memotong kuku sangat dianjurkan baik dalam segi keislaman maupun dari segi kesehatan. Karena dengan memotong kuku dapat meminimalisir kuman yang dapat masuk ke dalam tubuh. Banyak kuman yang dapat menempel di sela-sela kuku. Sehingga kuku panjang dapat menjadi sarang penyakit.

Hari Baik Memotong Kuku dan Tata Caranya yang Benar - hari baik memotong kuku

Hari Baik Memotong Kuku

Dalam agama islam ada hari baik memotong kuku. Hari tersebut adalah hari Senin, Kamis dan Jumโ€™at. Hari tersebut memang disunahkan untuk memotong kuku.

ูƒูŽุงู†ูŽ ุงู„ู†ูŽู‘ุจููŠูู‘ ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ูŠูŽุณู’ุชูŽุญูุจูู‘ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุฃู’ุฎูุฐูŽ ู…ูู†ู’ ุดูŽุงุฑูุจูู‡ู ูˆูŽุฃูŽุธูŽุงููุฑูู‡ู ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ุฌูู…ูุนูŽุฉู

โ€œNabi Saw. biasa mencukur kumis dan kukunya di hari Jumat.โ€

Hendaknya menghindari hari Sabtuuntuk memotong kuku,  "Memotong kuku hari Sabtu menimbulkan penyakit yang menggerogoti tubuh. Melakukan hal serupa pada hari Ahad menyebabkan hilangnya barokah," ucap Imam Qasim Al Ghazi.

Usahakan maksimal 40 hari memelihara kuku. Apabila kuku tidak panjang, maka akan terlihat bersih dan akan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Tata Cara Potong Kuku Menurut Islam

Dalam islam, segala aspek kehidupan sudah diatur, mulai dari bangun tidur sampai dengan menjelang tidur. Tidak terkecuali dengan memotong kuku. Umat muslim dianjurkan untuk mengikuti ย tata cara memotong kuku menurut islam. Berikut tata caranya:

Cara Memotong Kuku Bagian Tangan

Pertama adalah memotong pada bagian tangan terlebih dahulu. Pada bagian tangan mulailah memotong dari jari telunjuk tangan kanan Anda, kemudian jari tengah, jari manis dan kemudian jari kelingking tangan kanan Anda.

Setelah itu beralih ke tangan kiri Anda. Mulailah dengan memotong jari kelingking, kemudian jari manis, jari tengah dan juga jari telunjuk tangan kiri Anda.

Dan terakhir adalah memotong ibu jari tangan kiri Anda terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan memotong ibu jari tangan kanan.

Cara Memotong Kuku Bagian Kaki

Kedua adalah tata cara memotong kuku pada kaki Anda. Tata cara memotong pada kuku kaki berbeda dengan kuku yang ada ditangan. Dimulai dengan jari kelingking kaki kanan terlebih dahulu, kemudian jari manis, jari tengah, jari telunjuk dan yang terakhir adalah jampol kaki kanan.

Untuk selajutnya adalah jari kaki sebelah kiri. Diawali dengan memotong jempol kaki kiri, kemudian, jari telunjuk, jari tengah, jari manis dan terakhir kelingkin kaki kiri.

Penyebab Kuku Rusak

Setelah Anda mengetahui tata cara memotong kuku, sekarang Anda juga harus mengetahui penyebab kuku manjadi rusak. Kuku rusak tentunya dapat menggangu aktivitas Anda. Selain kukunya terlihat buruk aktivitas yang Anda lakukan dapat terganggu. Berikut ada beberapa penyebab kuku menjadi rusak :

1. Muncul Bintik-Bintik Putih

Apabila kuku Anda muncul bintik-bintik putih, maka hal itu terjadi karena kukurangan kalsium. Namun munculnya bintik putih juga dapat terjadi karena kuku mengalami cedera. Seperti kaki kuku Anda tersandung, arau terpentok benda keras.

2. Kuku Kering atau Rapuh

Kuku yang kering atau rapuh akan mudah retak. Hal tersebut dapat disebabkan karena kekurangan vitamin A, C dan biotin. Kuku yang sering terendam dengan air dan terkena zat kimia seperti pembersih cat kuku, juga dapat menyebabkan kuku menjadi rapuh.

3. Kuku Mengalami Penuaan

Seperti halnya dengan kulit dan rambut, kuku juga dapat mengalami penuaan. Hal tersebut dapat dipengaruhi oeh faktor usia Anda. Apabila Anda ingin mendapatkan kuku yang baik. Anda perlu melakukan manikur agar mempertahankan permukaan pada kuku tetap halus. hal ini ditandai dengan munculnya gelembung vertikal pada kuku.

5. Kuku Mengalami Bentuk Seperti Gelombang Horizontal

Saat kuku Anda muncul gelembung horizontal, maka segera periksa ke dokter. Karena munculnya tanda tersebut bisa terjadi karena adanya penyakit diabetes, hati atau juga infeksi.

6. Kuku Menguning

Kuku dapat menjadi berwarna kuning akibat gaya hidup yang tidak sehat. Seperti sering merokok dan terlalu sering menggunakan cat kuku.

Cara Membuat Kuku Putih Susu

Ada berbagai banyak penyebab kuku menjadi tidak sehat dan rusak seperti penjelasan diatas. Untuk membuat kuku Anda menjadi cantik dan putih seperti susu. Ada beberapa cara mmebuat kuku putih susu. Diantaranya adalah:

1. Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih ternyata bisa menjadi alternatif lain unutuk memutihkan susu. Pertama iris bawang putih menjadi dua bagian, kemudian oleskan pada kuku Anda secara merata. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

2. Belimbing Wuluh

Buah yang dijadikan bahan masakan ini dapat memutihkan kuku. Caranya potong belimbing wuluh kemudian ratakan dikuku Anda.

3. Kulit Semangka

Setelah Anda memakan buah semangka. Jangan buang kulitnya, manfaatkan kulit semangka untuk memutihkan kuku Anda. Dengan cara cukup oleskan kulit semangka tersebut pada kuku Anda.

4. Lemon dan Garam

Cara selanjutnya adalah menggunakan air perasan lemon yang dicampur dengan garam. Setelah itu gosokkan pada kuku Anda secara rutin. Hal ini dapat membuatk kuku nada menjadi putih secara alami.

5. Pasta Gigi

Selain digunkaan untuk memutihkan gigi, pasta gigi juga dapat dijadikan untuk memutihkan kuku Anda. Caranya siapkan pasta gigi beserta sikat ggi. Kemudian sikat kuku Anda menggunakan sikat gigi yang diatasnya sudah diberi pasta gigi. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Baca juga: Hari Baik Pindah Rumah

Beberapa hal diatas yang dapat Anda lakukan dirumah untuk menjaga kesehatan kuku Anda. Hindari gaya hidup yang tidak sehat dan mulai kembali kepada hal yang alami. Semoga artikel mengenai hari baik memotong kuku dan tata caranya ini bermanfaat. Terimakasih.