Cara Membuat Kotak Tisu dari Kardus yang Mudah

Cara membuat kotak tisu dari kardus sangat mudah. Anda hanya memerlukan kardus bekas apapun, bolpoint dan penggaris untuk membuat pola, gunting dan cutter, serta lem dan isolasi. Jangan lupa bahan tambahan lainnya untuk mempercantik kotak tisu anda.

Ketika di masa pandemic saat ini dimana semua aktivitas harus dilakukan di rumah, tidak ada salahnya jika kita mulai beralih menggunakan barang-barang daur ulang yang ekonomis dan ramah lingkungan.

advertisement

Salah satunya adalah membuat kotak tisu dari kardus daripada harus keluar rumah dan membeli kotak tisu. Selain mudah dan murah, kotak tisu ini juga tidak kalah cantik sebagai pajangan di meja anda. Sehingga tisu bisa ditata dengan lebih rapi.

Apa saja alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat kotak tisu dari kardus? Temukan ide kreatif di dalam artikel ini.

Kardus adalah bahan bekas yang dapat dikreasikan menjadi berbagai macam kerajinan. Kardus sangat mudah ditemukan karena biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Kardus biasa digunakan sebagai pembungkus berbagai macam produk. Tetapi bekas kardus juga masih dapat digunakan dengan mendaur ulang kardus menjadi benda yang lebih bermanfaat.

Cukup dengan membungkus kardus dengan kertas bermotif atau menambahkan aksesoris lain, maka kardus biasa anda akan berubah menjadi kotak yang cantik. Tentunya nilai jual kardus yang telah dimodifikasi akan jauh lebih tinggi dibandingkan kardus biasa yang dijual ke pengumpul barang bekas.

Kardus dapat dikreasikan menjadi berbagai macam kotak organizer, kotak make up, kotak tisu, mainan, kotak untuk menyimpan pakaian dan bahkan untuk menyimpan berbagai barang kenangan anda.

Cara Membuat Kotak Tisu Dari Kardus dengan Mudah dan Hasil yang Cantik

Untuk membuat kotak tisu dari kardus, dapat anda lakukan dengan mudah di rumah. Dengan bahan sederhana dan mudah didapatkan. Langkah untuk membuat kotak tisu dari kardus yaitu:

Membuat Pola

Sebelum mulai menyusun kotak, tentu hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat pola. Anda bisa menyesuikan jenis tisu dengan bentuk dan ukuran kotak, bisa berbentuk kubus ataupun balok memanjang. Buatlah pola kotak tisu menggunakan bolpoint dan penggaris.

Cara membuat kotak tisu dari kardus
Cara membuat kotak tisu dari kardus

Memotong Kardus

Setelah membuat pola, langkah selanjutnya adalah memotong kardus menggunakan gunting dan cutter. Potong kardus dengan hati-hati agar tidak miring dan tetap rapih.

Anda bisa menggunakan salah satu dari alat penggunting yang paling nyaman digunakan. Jangan lupa untuk membuat lubang yang sesuai agar mudah mengambil bagian tisu di potongan kardus yang akan dijadikan penutup.

Membungkus Kardus

Sebelum menempelkan dan menyusun setiap bagian potongan kardus. Bungkuslah kardus menggunakan kertas kado atau kertas dengan warna solid. Hal ini dilakukan agar kotak bisa terbungkus di bagian luar maupun dalam.

Namun langkah ini juga bisa anda letakkan di akhir jika anda hanya ingin membungkus bagian luar kotak tisu.

Cara Membuat Kotak Tisu dari Kardus

Menempelkan kardus

Selanjutnya adalah menempelkan tiap bagian kardus menggunakan lem maupun selotip. Jika kardus yang anda gunakan terlalu tipis, anda bisa menggunakan lebih dari satu lapisan kardus agar kotak lebih tegak dan awet.

Pastikan setiap bagian telah menempel dengan kuat satu sama lain agar bisa menampung tisu dan tidak mudah rusak. Anda bisa menggunakan jenis lem khusus untuk memastikan kardus menempel dengan baik.

Finishing

Langkah terakhir cara membuat kotak tisu dari kardus setelah semua bagian tertempel adalah finishing. Yaitu mempercantik kotak dengan beberapa aksesoris seperti kain flannel, kertas kado atau stiker lainnya.

Cara Membuat Kotak Tisu dari Kardus
Cara Membuat Kotak Tisu dari Kardus plus Kain Flanel
Cara membuat kotak tisu dari kardus
Cara Membuat Kotak Tisu dari Kardus
Cara Membuat Kotak Tisu dari Kardus
Cara Membuat Kotak Tisu dari Kardus dan Lintingan koran
Cara Membuat Kotak Tisu dari Kardus dan Lintingan koran

Tips dan Trik Membuat Kotak Tisu Dari Kardus

Untuk membuat kotak tisu dari kardus yang baik beberapa tipsnya yaitu memilih jenis kardus yang tebal. Hal ini agar kotak bisa lebih awet dan tidak mudah rusak.

Gunakan lem yang benar-benar kuat sehingga potongan kotak tisu tidak mudah lepas. Sebelum membuat pola, ukur besar tisu terlebih dahulu agar kotak tisu pas dan sesuai dengan tisu anda.

Baca juga:
Cara Membuat Hiasan Pintu Kamar

Cara membuat kotak tisu dari kardus ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternative kegiatan untuk mengisi waktu luang selama lockdown di dalam rumah. Selain mengasah kreativitas, anda juga bisa lebih berhemat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *