Anti Mahal, Inilah Cara Membuat Pasir Ajaib dari Tepung Terigu

Mainan edukatif apa yang sekiranya tepat untuk anak usia 3~6 tahun? Pasir ajaib salah satunya. Jenis mainan ini tidak memandang gender, anak laki-laki maupun perempuan pasti asyik dan hanyut kedalam dunia imajinasi mereka.

advertisement

Anak-anak pasti sangat menyukai bermain dengan slime. Dulu, mungkin Anda sampai harus huntingke banyak toko untuk menyenangkan si kecil. Nah selepas slime, rupanya sekarang anak-anak mulai tertarik dengan mainan baru yang tidak kalah bermanfaat, yakni pasir ajaib.

cara membuat pasir ajaib dari tepung terigu

Tidak tahu seperti apa pasir ini? Tenang, di artikel ini akan dibahas apa itu pasir ajaib, manfaatnya untuk anak, dan cara membuat pasir ajaib dari tepung teriguyang mudah.

Manfaat Bermain dengan Pasir Ajaib untuk Anak

Berbeda dari slime yang hanya bisa dimainkan dengan cara ditekan-tekan, pasir ajaib lebih mudah dibentuk sesuai yang anak inginkan. Meski teksturnya juga kenyal seperti slime, namun pasir ini lebih padat sehingga lebih mudah dimainkan.

Tidak hanya menyenangkan, bermain pasir ajaib rupanya juga sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang anak. Kira-kira apa saja ya manfaat bermain pasir ajaib untuk anak?

  • Melatih Sensori Anak

Manfaat pertama bermain pasir ajaib untuk anak adalah dapat melatih sensorinya. Pasir ini akan menjadi media tepat bagi mereka untuk mengenali tekstur. Alhasil, kemampuan sensori si kecil semakin terasah.

  • Mengasah Kreativitas Anak

Manfaat kedua bermain pasir ajaib untuk anak adalah dapat mengasah kreativitasnya. Anda bisa bebas membiarkan anak bermain pasir menjadi berbagai macam bentuk sesuai kreativitasnya.

cara membuat pasir ajaib dari tepung terigu untuk meningkatkan kreativitas anak
  • Membuat Anak Mudah Bersosialisasi

Manfaat ketiga bermain pasir ajaib untuk anak adalah dapat memudahkan anak berlatih tentang sosialisasi. Kala bermain, anak pasti akan bersama teman mereka. Hal ini dapat bermanfaat untuk kehidupan si kecil nanti di sekolah dalam berbaur bersama temannya.

  • Melatih Fisik Anak

Manfaat selanjutnya bermain pasir ajaib untuk anak adalah dapat melatih fisiknya. Pasalnya, anak-anak akan memakai kedua tangan kala bermain pasir. Hal ini akan membuat anak banyak bergerak dan membuat tubuhnya sehat serta kuat.

advertisement
  • Menstabilkan Emosi Anak

Terakhir, manfaat bermain pasir ajaib untuk anak adalah dapat menstabilkan emosinya. Tidak hanya membuat anak lebih tenang, bermain pasir ini juga akan membuat kecerdasan emosionalnya terasah.

cara membuat pasir ajaib dari tepung terigu yang mudah

Cara Membuat Pasir Ajaib dari Tepung Terigu

Anda sudah mengenal apa itu pasir ajaib dan apa saja manfaatnya untuk si buah hati. Nah, apakah Anda kini mulai bertanya-tanya tentang cara membuat pasir ajaib?

Daripada penasaran, langsung saja ini dia beberapa cara membuat pasir ajaib dari tepung teriguyang bisa Anda ikuti dengan mudah, antara lain :

  • Siapkan Dulu Bahan-Bahan Pembuatannya

Pertama-tama, siapkan dulu bahan-bahan untuk pembuatan pasir ini. Tentu saja, bahan dasar utama adalah tepung terigu. Ambil sebanyak 9 cangkir dan siapkan juga bahan pendukung lainnya.

Sebut saja cat bubuk / pewarna makanan, wewangian, glitter, dan juga tidak kalah penting adalah ¼ baby oil. Alasan mengapa baby oil dipakai adalah karena bahan ini dinilai mampu menciptakan pasir ajaib yang ringan dan bersih.

  • Tuang Bahan ke Mangkuk

Kedua, Anda bisa mulai membuatnya dengan menuang semua bahan ke dalam mangkuk super besar. Mulai dengan menuang tepung terigu dan baby oil.

Tidak lupa, sebaiknya pakai mangkuk plastik agar pasir mudah dibersihkan. Kemudian, tambahkan pewarna dan pewangi ke dalam mangkuk. Agar semua bahan bisa menyatu, maka jangan memakai pewarna cair karena pasti tidak akan bisa bercampur dengan baby oil.

  • Aduk Adonan Merata

Setelah semua adonan dicampur, aduk sampai merata semuanya. Jika masih menggumpal, maka aduk terus sampai semua gumpalan benar-benar habis.

  • Lihat Pasir Masih Lengket atau Tidak

Terakhir, Anda tinggal memastikan apakah pasir sudah siap pakai atau belum. Caranya mudah. Cukup remas saja pasirnya dengan tangan. Jika pasir terasa lengket, maka pasir belum siap digunakan dan harus dicampur lagi. Tapi jika sudah terasa tidak lengket dan juga mudah dibersihkan, maka berarti pasir siap dipakai.

cara membuat pasir ajaib dari tepung terigu yang gampang

Setelah pasir jadi, maka Anda pun harus menyimpannya dengan baik. Jangan gunakan sembarang wadah, melainkan pilih wadah yang dingin dan kering. Hal ini untuk menjaga tekstur pasir ajaib agar awet, baunya tidak tengik, dan bebas serangan jamur yang berbahaya untuk kesehatan si kecil.

Anda bisa menambahkan cetakan pasir yang bisa anda beli di toko mainan terdekat. Tidak lupa, awasi anak kala bermain dengan pasir ini. Segera lakukan tindakan jika pasir tertelan. Ingat, anak-anak masih perlu pengawasan Anda ya. Baca juga: Cara Membuat Paper Flower

Demikian ulasan mengenai apa itu pasir ajaib, apa saja manfaatnya untuk anak, dan bagaimana cara membuat pasir ajaib dari tepung terigu.Semoga ulasannya bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *