Apakah Lokasi Usaha Anda Potensial? Cek Dengan 12 Cara Ini

Bagi Anda yang ingin memulai memulai bisnis, Anda pasti akan memikirkan cara mendapatkan tempat / lokasi bisnis yang strategis. Dalam merintis bisnis, tentu ada banyak pertimbangan dalam menentukan tempat usaha sehingga barang dagangan atau produk Anda laris manis.

lokasi usaha yang potensial dan gampang laris

Lokasi bisnis yang strategis atau tempat usaha sangat memengaruhi bisnis Anda. Berikut ini beberapa tips untuk Anda dalam menentukan lokasi tempat bisnis yang strategis :

Lokasi Usaha Mudah Dilihat

Tips pertama dalam memilih lokasi bisnis yang strategis adalah menemukan tempat yang mudah terlihat oleh banyak orang. Jika Anda berencana untuk merintis bisnis ritel, terutama distribusi fashion atau produk makanan, tentunya Anda memerlukan lokasi yang sangat strategis dan mudah dilihat oleh banyak orang untuk memudahkan dan menarik konsumen dan untuk dapat mengurangi biaya promosi.

Dekat dengan Lalu Lintas Kendaraan

Tips selanjutnya adalah memilih aliran orang atau kendaraan, karena dengan memilih lokasi yang dilewati banyak orang, akan meningkatkan peluang kedatangan pengunjung. Hindari memilih lokasi usaha di dalam gang yang bahkan mobil pick up saja tidak bisa masuk.

Dekat dengan target market

Jika Anda dekat dengan target pasar Anda, maka itu bisa menjadi nilai tambah bagi toko Anda, karena Anda dapat menjangkau pasar lebih dekat sehingga pelanggan atau konsumen lebih mudah mengunjungi toko atau bisnis Anda. Karena, bagi pelanggan, itu dapat menghemat waktu dan uang mereka.

Mudah diakses

Anda harus memperhatikan arus lalu lintas, apakah satu arah atau dua arah dan apakah lokasi toko Anda berada di sisi orang yang meninggalkan atau kembali dari kegiatan mereka dan juga memikirkan cara mudah mengakses pelanggan ke toko Anda.

Jika toko Anda berada di pusat kota, tetapi untuk mengaksesnya harus mengambil jalan memutar beberapa kali, maka Anda harus menemukan lokasi lain yang lebih mudah diakses.

Biaya Sewa yang Tepat

Lokasi bisnis yang strategis biasanya memiliki harga sewa yang tinggi, sekarang cara selanjutnya untuk memilih lokasi bisnis yang strategis adalah dengan memperhatikan harga sewanya.

Meskipun harga sewanya mahal, tetapi jika Anda memiliki potensi untuk membawa lebih banyak pengunjung ke toko Anda dan dapat mendatangkan banyak keuntungan, mengapa tidak mengambilnya? Alih-alih harga sewa murah, tapi tidak ada yang mengunjungi, itu malah merugi.

Bagaimanapun, biaya yang akan Anda keluarkan pada akhirnya akan digantikan oleh keuntungan yang Anda peroleh, bukan? Tetapi jika anggaran Anda tidak mampu membayar biaya menyewa tempat yang mahal, maka silakan sesuaikan dengan anggaran Anda dan temukan sebanyak mungkin tempat di mana sewanya tidak terlalu tinggi tetapi masih memiliki potensi untuk menarik banyak pengunjung bahkan Meskipun tidak se-strategis atau mahal sewanya mahal. Dan tidak, Anda membayar biaya sewa mahal tetapi ternyata tempat itu tidak ramai dengan pengunjung.

Legalitas

Kiat berikutnya dalam memilih lokasi bisnis yang strategis adalah Anda harus memperhatikan aspek legalitas lokasi bisnis.

Lingkungan sekitar

Dalam memilih lokasi bisnis yang strategis, faktor lingkungan perlu dipertimbangkan. Karena jenis bisnis yang akan kita jalankan, di sisi kanan dan kiri toko kita akan memiliki sedikit efek pada gambar dan secara tidak langsung akan mempengaruhi minat kunjungan pelanggan.

Misalnya, jika Anda ingin membuka bisnis distro, akan lebih baik atau lebih cocok untuk berada di barisan kafe internet, permainan, kafe dan jangan memaksanya untuk ditempatkan di dekat bengkel, atau toko bangunan atau lainnya tempat yang tidak pantas.

Tidak terlalu banyak pesaing

Jika sudah ada banyak bisnis yang mirip dengan bisnis Anda, lokasi ini harus dihindari. Tetapi jika Anda percaya bahwa posisi bisnis Anda sangat strategis, silakan ambil dan Anda harus siap bersaing dengan menciptakan inovasi baru yang dapat membedakan bisnis Anda dari bisnis serupa lainnya.

Perhatikan tingkat keamanan di sekitar lokasi

Lokasi bisnis yang aman juga menambah kenyamanan konsumen. Jika lokasi aman, konsumen tidak akan ragu untuk meninggalkan kendaraan mereka di tempat parkir, dan dapat menikmati layanan bisnis Anda dengan merasa nyaman. Dengan lingkungan yang aman, Anda dapat mengurangi risiko pencurian atau kerusakan yang dapat terjadi pada bisnis yang berada di lokasi yang kurang aman.

Perhatikan kebersihan lokasi bisnis

Konsumen tidak akan mengunjungi toko, toko atau outlet yang berada di lingkungan yang kotor atau kumuh. Mereka akan merasa ragu untuk membeli produk dari toko Anda. Karenanya, jaga kebersihan lingkungan di sekitar lokasi bisnis Anda, sehingga konsumen merasa nyaman mengunjungi lokasi bisnis Anda.

Gali informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat itu

Jika Anda ingin mendirikan bisnis dan berniat menyewa tempat usaha, maka sebisa mungkin Anda tahu, siapa yang menyewa tempat itu sebelumnya. Dan gali informasi sebanyak mungkin dari orang itu. Mengapa dia tidak memperpanjang sewa tempat di lokasi itu, hambatan apa yang sering dihadapi di lokasi bisnis, orang-orang seperti apa yang biasanya lewat di tempat itu, dan sebagainya.

Atau jika belum ada yang menyewa tempat sebelumnya, silakan tanyakan dulu kepada orang-orang yang selalu berada di lokasi itu. Ke toko di sebelahnya misalnya. Selama Anda tidak meminta pesaing Anda nanti. Karena jika Anda banyak bertanya, Anda pasti akan diminta kembali oleh orang tersebut, untuk apa tujuannya? Ya, Anda baru saja menjawab dengan jujur, ingin membuka bisnis di tempat ini.

Dan jangan lupa, jika Anda ingin mendapatkan informasi yang sangat penting dari seseorang, pertama-tama Anda memberikan sesuatu kepada orang itu. Ini bisa berupa hadiah khusus dari daerah Anda atau sesuatu yang istimewa yang jarang ditemukan oleh orang yang ingin Anda ambil informasinya. Jika orang itu merasa bahagia, maka dia akan dengan senang hati memberi tahu Anda informasi apa yang Anda butuhkan.

Lokasi di jalan padat belum tentu Ramai pelanggan

Sebagian besar pengusaha pemula yang ranggapan bahwa lokasi yang ramai bisa menghasilkan banyak keuntungan. Dipilihlah tempat yang menghadap jalan dimana jalan tersebut penuh, padat dan sesak oleh lalu lalang orang maupun kendaraan.

Jika Anda mengartikan kata ramai dengan jalan yang padat tentu keliru. Di area atau lokasi dengan jalan yang padat, orang enggan untuk mampir atau berhenti karena beberapa hal berikut;

  • Susah untuk keluar dari kepadatan jalan menuju toko atau usaha Anda
  • Susah masuk karena harus menunggu posisi yang pas atau malah terbawa arus dan tidak bisa belok
  • Jikapun bisa belok dan masuk area toko, ia akan susah untuk bisa masuk ke jalan yang padat, paling tidak ia akan menunggu lama

Inilah yang membuat malas konsumen untuk datang. Jika menggunakan sepeda motor saja susah untuk keluar masuk area toko, bagaimana dengan mobil?

Nah, itulah beberapa tips untuk memilih untuk menentukan lokasi bisnis yang strategis. Demikianlah pembahasan artikel ini. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai akhir. Saya do’akan, Anda yang akan menjalankan bisnisdan juga Anda sedang menjalankan bisnis, semoga diberikan kemudahan, kelancaran dan selalu diberikan kesehatan.

Baca juga: Tanaman Hias Gantung Tahan Panas dan Hujan

Semoga bermanfaat dan rejeki Anda tambah lancar dan menjadi berkah bagi keluarga ataupun kerabat dekat Anda. Salam hangat dan Salam sukses