Kata kata Tentang Masa Lalu yang Kelam & Menyakitkan

Kata kata tentang masa lalubisa berkonotasi buruk atau baik tergantung dari sudut mana yang diambil. Karena masa-masa kelam yang pernah terjadi beberapa tahun atau puluhan tahun lalu selalu diselipi dengan kenangan dan momen yang indah dan menyenangkan.

Hakikatnya, masa lalu bisa menjadi pelajaran berharga yang membuat seseorang menjadi pribadi lebih kuat dan hebat.  Sehingga bisa menjalani dan melihat masa depan dengan binar cahaya baru. 

Contoh kata – kata tentang masa lalu silam

Kata kata Tentang Masa Lalu

Manusia adalah makhluk hidup yang punya masa lalu dan histori. Sama seperti pelajaran sejarah yang menyenangkan, histori seseorang juga memiliki banyak sisi.
Mulai dari menyenangkan, mengecewakan, menyedihkan bahkan memilukan. Jadikan masa lalu sebagai kenangan atau harapan untuk meniti jalan yang lebih baik di masa depan.

advertisement

Bahagia, tawa, sedih, kecewa dan suka semuanya ada di masa lalu. Beda dari masa depan yang masih misteri, cerita masa lalu justru menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Ambil hal positif dari masa lalu untuk dibagikan pada orang lain. Dan sembunyikan hal negatif dari masa lalu untuk dikubur dan dijadikan sebagai pelajaran.

Contoh kata kata tentang masa lalu silamuntuk diri sendiri agar termotivasi semangat

Masa lalu adalah masa silam yang pernah terjadi dan telah terjadi baik kemarin, dua hari lalu ada puluhan tahun lalu. Masa lalu tidak bisa diulang kembali, kecuali kamu punya mesin waktu.

Daripada disesali, ingat masa lalu sebagai momentum. Di mana kamu pernah melakukan kesalahan pertama dan tidak akan melakukannya lagi di masa mendatang.

Mengingat masa lalu bagaikan berkubang dalam kegagalan. Karena tandanya kamu belum bisa melepas subyek dan obyek yang ada di momen terdahulu.

Lepaskan masa lalu dengan hati lapang, karena menahan dan mengingat masa lalu hanya akan membuatmu terlihat kurang bersyukur dan adil dengan mereka yang menantimu di masa depan.

Kita mengenal kata kemarin, dua hari yang lalu dan satu minggu yang lalu. Tapi kita sudah lupakah dengan apa yang terjadi saat itu?

Momen masa lalu biasanya terjadi begitu saja dan akan dilupakan dengan sendirinya. Yang pasti, ingat momentum tersebut untuk menjadi pribadi hebat di masa depan nanti.

Kata kata Tentang Masa Lalu

Contoh kata bijak tentang masa lalu yang buruk

Gagal belajar, gagal bercinta atau gagal bekerja. Ketiganya berawal dari kata gagal yang konotasinya berkaitan dengan masa lalu.
Kehancuran, kesedihan dan ratapan rasa kecewa karena kegagalan harus dilepaskan dan dibuang. Karena dirimu bukan hidup untuk masa lalu tapi hidup untuk masa depan.

Sering kali kita berandai-andai dan berharap bisa mengubah masa lalu. Tapi sayangnya hidup bukan cerita fiksi yang plotnya dikarang oleh penulis.
Hidup yang engkau jalani, cerita yang terjadi di masa lalu semuanya terjadi atas kesadaran diri sendiri.
Rengkuh masa lalu burukmu dan ciptakan nilai kehidupan yang lebih bijaksana. Karena belajar dari masa lalu akan membuatmu hidup damai di masa depan.

kata kata tntang masa lalu yang buruk kelam

Meratapi masa lalu merupakan kegiatan yang sia-sia. Karena sebagaimana tidak bisa mengulang satu jam lalu, kita tidak bisa mengulang masa lalu yang telah terjadi puluhan tahun lalu.

Belajar dari masa lalu, manfaatkan saat ini sebaik-baiknya agar kamu tidak mengukir kegagalan demi kegagalan di masa lampau.

advertisement

Jatuh cinta dan patah hati merupakan bagian dari kehidupan yang akan membuat kamu kaya akan pengalaman terutama pengalaman bersosialisasi.
Jadikan pengalaman jatuh cinta yang kandas sebagai cerminan masa lalu yang indah bukannya disesali atau diratapi. Karena kehadiran mereka adalah takdirmu, Tuhan tidak menghadirkan seseorang tanpa maksud dan tujuan.

Garis takdir bisa kita ubah tapi masa lalu tidak bisa. Seburuk apa pun masa lalumu, janganlah menyesalinya. Gunakan masa lalu yang buruk sebagai pecutan semangat untuk menjadi pribadi yang lebih baik.
Faktanya, banyak orang yang berhasil dan sukses setelah berhasil belajar dari masa lalu mereka yang kelam

Kata kata Tentang Masa Lalu

Apakah aib perlu diceritakan?

Masa lalu sering kali berhubungan erat dengan aib yang menjadi rahasia setiap orang yang ingin dipendam dan dirahasiakan dari orang lain. Tapi benarkah aib tidak perlu diceritakan? Bahkan pada orang-orang terdekat termasuk calon suami atau istri?

Bicara tentang aib ada dua landasan ilmu yang bisa digali, pertama berdasarkan pada ilmu agama dan kedua berdasarkan pada ilmu sosio-psikologis.

Dalam ilmu agama, bicara tentang aib tentu bukan pembahasan yang baik karena aib merupakan rahasia yang sebaiknya dijaga jangan sampai orang lain mengetahuinya.

Tapi bila berpedoman pada ilmu sosio-psikologis, aib bukanlah suatu hal yang tabu bahkan perlu dipertimbangkan untuk dikeluarkan dan dibicarakan agar hati bisa tenteram dan damai. Meskipun aib yang dimiliki cukup berat.

Tipsnya adalah cari suasana yang bagus untuk menyampaikana, pilih kata-kata yang tepat dan usahan dia mau mengerti dan paham kita sudah sangat menyesal.

Kata kata Tentang Masa Lalu

Karuskah Jujur ke Pasangan (Suami istri) atau ke Pacar

Ada beberapa pertanyaan yang bisa diutarakan salah satunya haruskah jujur pada calon pasangan? Sementara aib ini berkaitan dengan harga diri.

Menceritakan aib seperti ini pada pasangan tentu sangat sulit dan perlu pertimbangan tinggi. Karena bicara atau tidak keduanya memiliki dua sebab dan akibat di masa depan.

Jika bicara sebelum menikah, kemungkinan paling buruk pernikahan akan dibatalkan jika calon pasangan tidak bisa menerima aib tersebut dengan lapang dada.

Tapi bila tidak dibicarakan juga bisa memicu perpecahan pasca pernikahan. Pasanganmu akan merasa dicurangi dan dibohongi. Apalagi jika mereka ternyata tidak suka dibohongi dan akan merasa kecewa bila sampai dicurangi.

Baca juga: Kata kata Positif untuk Diri Sendiri yang Inspiratif

Jujur atau tidak untuk mengutarakan aib adalah pilihan. Hakikatnya aib adalah masa lalu yang tidak bisa terhapus dan dihilangkan. Semoga kata-kata tentang masa laluyang telah diutarakan di atas bisa memberikan pengobatan tentang masa lalu buruk yang pernah dijalani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *