7 Cara Memotivasi Diri agar Bisa Bangkit dari Keterpurukan

Ada beragam cara memotivasi diri. Apakah kamu termasuk salah satu orang yang akan terpengaruh dan membutuhkan kata-kata motivasi untuk lebih bersemangat menjalani hari-hari?

cara memotivasi diri sendiri

Yup, saat ini banyak sekali kata-kata motivasi yang beredar di seluruh media sosial dengan tujuan agar bisa menyemangati setiap orang yang melihatnya. Ini merupakan cara memotivasi diriyang paling mudah.

Tanpa disadari, ketika kita membaca sebuah kata-kata motivasi secara tanpa sengaja kita akan mencerna setiap kata yang ada. Kemudian ketika kata-kata tersebut sesuai atau cocok dengan kondisi dan keadaan kita, ada sebuah perasaan yang akan muncul dan menimbulkan suatu dorongan yang akan berdampak positif bagi diri kita. Seperti ada sebuah semangat dalam setiap kata-kata motivasi tersebut.

advertisement

Jika diartikan, motivasi adalah sebuah dorongan, hasrat, ataupun minat begitu besar yang ada di dalam diri untuk bisa mencapai suatu keinginan, cita-cita, dan tujuan tertentu.

Oleh karena itu, motivasi sangat penting hampir bagi semua orang untuk bisa membuat setiap individu bisa meraih apa yang diinginkan dengan semangat dan tidak kenal putus asa.

Motivasi tidak hanya bisa memberikan semangat, motivasi juga mampu merubah perilaku seseorang untuk menjadi lebih baik. Itulah kenapa motivasi wajib ada dalam setiap diri manusia agar tidak mudah menyerah, putus asa, ataupun merasa down. Motivasi juga akan mampu membuat diri bangkit saat mengalami kegagalan.

cara memotivasi diri sendiri

Tips dan Cara Memotivasi Diri Sendiri

Tahukah kamu, jika motivasi dibedakan menjadi dua jenis dari cara mendapatkannya? Lalu apa saja jenis motivasi itu? Jenis yang pertama yaitu motivasi internal yang akan kamu temukan dalam diri setiap individu, motivasi ini tumbuh dari dalam diri tanpa adanya pengaruh dari luar atau orang lain.

Sedangkan jenis yang kedua yaitu motivasi eksternal yang merupakan kebalikan dari motivasi internal, motivasi ini bisa kamu dpaatkan dari luar individu yang artinya akan timbul akibat adanya rangsangan atau pengaruh dari luar dalam hal ini adalah orang lain. Lalu bagaimana cara memotivasi diri yang baik dan benar? Berikut ini tips yang ampuh untuk kamu coba :

Tulis motivasi di dalam kertas

Tuliskan apa yang menjadi tujuanmu secara spesifik dan realistis dalam sebuah kertas. Mulailah dengan langkah kecil dan perlahan wujudkan dengan tindakan yang nyata.

advertisement

Taruhlah kertas motivasimu dalam sebuah tempat yang bisa kamu lihat setiap hari agar kamu selalu ingat dengan tujuan atau cita-citamu.

Fokuslah pada tujuanmu

Fokus pada tujuan akan membuat perhatianmu tidak terpecah, perhatian yang pecah akan membuatmu kebingungan, kewalahan, dan berujung dengan menunda apapun yang ingin kamu lakukan.

Kemudian tanpa disadari kamu akan menyerah begitu saja. Buatlah daftar tujuan dimulai dari hal-hal yang menjadi prioritas utama yang harus kamu kerjakan atau kamu dapatkan terlebih dahulu.

cara memotivasi diri sendiri

Ketahui tantangan apa saja yang kamu hadapi

Dalam hidup ini, ketika seseorang ingin mencapai atau mengerjakan sesuatu pasti akan muncul sebuah tantangan yang akan dihadapi. Oleh karena itu, saat memiliki sebuah tujuan atau cita-cita, hendaknya kamu harus mengetahui tantangan seperti apa yang akan kamu hadapi.

Tujuannya agar kamu mampu bisa menyiapkan berbagai macam cara untuk menghadapinya ketika masanya datang. Saat kamu mengetahui tantangan-tantangan tersebut, kamu akan bisa mencari solusi yang nantinya akan mampu mengendalikan keadaan tersebut.

Selalu optimis

Memiliki jiwa yang senantiasa optimis dan pikiran yang selalu positif akan membuatmu lebih bersemangat dan berenergi. Saat muncul suatu kendala, tantangan, atau masalah kamu tidak perlu menyalahkan diri sendiri atas apa yang sudah terjadi.

Usahakan untuk tidak mengkritik diri sendiri karena akan menjadikanmu pesimis dan mudah menyerah. Ingatlah selalu bahwa kamu akan mampu untuk melewatinya.

Miliki inspirasi dan dorongan

Motivasi dan inspirasi merupakan sebuah paket yang mungkin tidak akan bisa untuk dipisahkan. Kamu bisa mendapatkan inspirasi dari berbagai macam hal, seperti buku-buku motivasi, kisah perjalanan hidup seseorang, atau hal lain yang akan mampu menyeimbangkan emosi negatif berubah menjadi positif dan inspirasional yang akan mampu memberikan dorongan semangat untuk terus maju.

Selalu menghargai setiap usaha dan upaya yang telah dilakukan

Yang perlu disadari dalam hidup ini adalah bahwa tidak semua hasil akan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Namun, yang perlu kamu ingat adalah jangan lupa untuk menghargai setia usaha dan upaya yang telah kamu lakukan agar dapat membantumu untuk tetap termotivasi.

cara memotivasi diri sendiri

Berikan hadiah untuk diri sendiri

Memberikan hadiah untuk diri sendiri ketika sudah berhasil meraih tujuan merupakan salah satu hal yang ternyata sangat penting. Misalnya kamu telah berhasil mengerjakan ujian dan mendapatkan hasil yang memuaskan, kamu bisa memberikan hadiah untuk dirimu sendiri dengan barang yang selama ini kamu inginkan atau dengan membeli makanan favoritmu. Hal ini akan membuatmu lebih bahagia dan bersemangat.

Apa bedanya, sedang depresi atau hanya tidak ada motivasi dalam menjalani hidup?

Jika kamu tidak ada gambaran 10 tahun lagi kamu sedang apa dan dimana, maka kamu depresi.
Namun bila ada, maka kamu cuma kurang motivasi.
depresi itu kata yang kuat. jika kamu sampai tidak bisa makan, susah tidur dan ada ancaman untuk akhiri hidup, maka itulah definisi depresi.

Adakah film yang memberikan motivasi dengan cara antimainstream?

Mimpi Sejuta Dolar (Merry Riana)
Pursuit of Happyness
Life of Pi
One Puch Man
Dua Garis Biru

Nah, itu dia beberapa cara memotivasi diriyang wajib untuk kamu coba. Kamu perlu melakukannya setiap hari agar kamu tidak mudah putus asa dan menyerah. Dengan menjalankan hal-hal diatas dalam kurun waktu yang panjang, kamu bisa mendapatkan manfaat dan perubahan yang luar biasa dalam hidupmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *