Prospek Kerja Kesehatan Lingkungan 5 Tahun Kedepan

Kesehatan lingkungan adalah salah satu jurusan yang tidak banyak dikenal oleh calon mahasiswa. Sehingga banyak yang melewatkan tingginya Prospek Kerja Kesehatan Lingkungan di Indonesia. Seperti apa detail mengenai seluk beluk dunia kerja jurusan kesehatan lingkungan, akan kita bahas dibawah ini.

Perbedaan Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat

Sebelum kita jauh membahas tentang perkembangan dunia kesehatan, kita akan membahas tentang perbedaan jurusan kesehatan lingkungan dan kesehatan. Bagi sebagian orang mungkin tidak asing bila mendengar kata kesehatan lingkungan, namun tidak banyak pula yang mengetahui apa itu kesehatan lingkungan.

advertisement

prospek kerja keseatan lingkungan kesling

Kesehatan Lingkungan

Kesehatan lingkungan yaitu ilmu yang mempelajari tentang keseimbangan antara manusia dan lingkungan sehingga akan membuat lingkungan menjadi bersih, nyaman, sehat dan akan terhindar dari berbagai penyakit. Selain itu kesehatan lingkungan juga mempelajari tentang perubahan gaya dan pola hidup manusia yang dapat membuat kesehatan masyarakat menjadi terganggu.

Kesehatan Masyarakat

Kesehatan masyarakat yaitu ilmu yang mempelajari tentang cara meningkatkan taraf hidup dan kesehatan masyarakat dengan beberapa cara seperti mendirikan organisasi di dalam masyarakat.

Lingkup Kerja Kesehatan Lingkungan

Tujuan dari kesehatan lingkungan salah satunya adalah untuk meminimalisir adanya gangguan lingkungan untuk kesehatan masyarakat yang disebabkan karena berbagai hal seperti adanya demam berdarah yang dikarenakan lingkungan yang kurang bersih.

Perkembangan ilmu kesehatan lingkungan dibagi menjadi beberapa fase yaitu:
● Ilmu Kedokteran
● Ilmu Kedokteran Pencegahan
● Ilmu Kesehatan Masyarakat

Selain mempelajari tentang kesehatan lingkungan, ada beberapa ilmu lain yang dapat dipelajari jika mengambil kuliah jurusan ini seperti ilmu fisika dan kimia lingkungan, keselamatan dan kesehatan kerja, sanitasi tempat umum dan tempat pariwisata, pemberdayaan masyarakat dan lain sebagainya.

Ada beberapa hal yang dapat menjadi masalah dalam kesehatan lingkungan, seperti:

  1. Jumlah dan penyebaran penduduk yang tidak merata sehingga akan membuat kepadatan penduduk dan lingkungan menjadi tidak sehat serta ruang lingkup yang sangat terbatas.
  2. Perilaku penduduk yang kurang menyadari akan pentingnya lingkungan yang bersih sehingga banyak orang yang membuang sampah sembarangan. Hal tersebut dapat menimbulkan penyakit menular yang dapat disebabkan banyak hal seperti air yang kurang bersih, pengelolaan tinja dan limbah rumah tangga yang tidak tepat serta kurangnya lahan hijau membuat masyarakat rentan terkena berbagai penyakit.
  3. Pencemaran lingkungan yang semakin hari semakin parah. Pencemaran lingkungan yang disebabkan karena masyarakat lebih memilih menggunakan alat transportasi pribadi dibandingkan menggunakan fasilitas umum yang disediakan pemerintah membuat polusi udara yang sangat buruk, sehingga udara menjadi tidak sehat.
  4. Permasalah lain yang berhubungan dengan kesehatan lingkungan yaitu bencana banjir yang kini sudah menjadi agenda tahunan bagi masyarakat. Banjir dapat disebabkan banyak hal mulai dari pembuangan sampah sembarangan, hutan yang sudah beralih fungsi menjadi bangunan hingga banyak sungai yang sudah dangkal dan penuh dengan sampah.

Bagi yang ingin bekerja di divisi kesehatan lingkungan maka harus memiliki gelar S.S.T.KL (Sarjana Sain Terapan Kesehatan Lingkungan). S.S.T.KL merupakan gelar d4 kesehatan lingkungan yang setara dengan S1. Pendidikan D4 maupun S1 dapat ditempuh di perguruan tinggi selama 4 tahun.

Yang membedakan antara gelar D4 dengan S1 hanyalah jenis pendidikan yang diterima mahasiswa selama menempuh program studi. Bagi kalian yang ingin belajar tentang kesehatan lingkungan, kalian dapat mengambil jurusan kesehatan lingkungan yang diajarkan di beberapa kampus ternama seperti dibawah ini.

prospek kerja

Daftar Universitas untuk Jurusan Kesehatan Lingkungan

● Universitas Diponegoro (Undip)

Salah satu perguruan tinggi atau universitas ternama di Indonesia ini terletak di Semarang, lebih tepatnya di Jl. Prof Sudarto No. 13. Lulusan dari Undip ini diharapkan dapat mengembangkan antara materi dengan teknologi sehingga mampu memberdayakan masyarakat yang berkaitan dengan kesehatan lingkungan serta dapat memiliki kemampuan untuk mengelola penelitian bidang kesehatan lingkungan dan penyehatan lingkungan.

● Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia atau yang sering disebut UI ini terletak di Jl. Margonda Raya, Depok – Jawa Barat. Alumni program studi kesehatan lingkungan dari kampus ini diharapkan dapat mengelompokkan pajanan lingkungan seperti ( Kimia, Fisik, Mikroorganisme) dan mampu menganalisis dampak gangguan kesehatan serta mampu menganalisis perkembangan ilmu dan teknologi terhadap kesehatan lingkungan.

● Universitas Sriwijaya

Universitas Sriwijaya ini terletak di Jl. Srijaya Negara, Kelurahan: Bukit Lama, Kecamatan : Ilir Barat I, Palembang, Sumatera Selatan. Mahasiswa yang telah selesai menempuh studi kesehatan lingkungan di kampus ini diharapkan dapat menguasai teknik analisis tentang kesehatan lingkungan, dapat mengembangkan kebijakan dan perencanaan kesehatan lingkungan, dapat menerapkan serta menjalankan ilmu kesehatan lingkungan supaya dapat meningkatkan status kesehatan masyarakat.

● Universitas Hasanuddin

Universitas Hasanuddin ini merupakan salah satu universitas ternama yang ada di luar Pulau Jawa, lebih tepatnya terletak di Jl. Perintis Kemerdekaan Km. 10, Makassar, Sulawesi Selatan. Di kampus ini terdapat program studi kesehatan lingkungan yang sudah terakreditasi.

prospek kerja keseatan lingkungan kesling

Prospek Kerja Kesehatan Lingkungan

Lulusan kesehatan lingkungan masih banyak dibutuhkan di Indonesia karena masih banyak masyarakat/Instansi/Korporat yang masih belum menyadari akan kebersihan dan juga kelestarian lingkungan. Kurangnya pemahaman akan kelestarian lingkungan membuat mereka tidak memperhitungkan dampak kerusakan lingkungan bagi kelangsungan hidup manusia kedepannya.

Dengan mempelajari tentang kesehatan lingkungan diharapkan dapat mempelajari keterkaitan lingkungan yang dapat membahayakan kesehatan manusia seperti pencemaran lingkungan, sehingga manusia lebih menghargai dan menjaga kelestarian lingkungan yang dapat diwariskan untuk anak, cucu di masa depan.

Lulusan kesehatan lingkungan memiliki peluang besar untuk dapat bekerja di beberapa instansi baik milik pemerintah maupun swasta, mengingat pencemaran lingkungan yang semakin parah.

Lulusan kesehatan lingkungan dapat meniti karir di beberapa sektor publik, misalnya di Kementerian Kesehatan dan Badan Lingkungan Hidup baik di Provinsi maupun di daerah. Badan Perencanaan Nasional dan Daerah, Migas dan Konsultan Lingkungan bagi kalian yang ingin bekerja di bidang manufaktur.

prospek kerja

Kisaran Gaji Sektor Kesehatan Lingkungan

Gaji lulusan kesehatan lingkungan sangat bervariatif. Range gaji untuk lulusan kesehatan lingkungan setara S1 sekitar Rp 3.000.000 hingga Rp. 6.000.000 untuk tanpa pengalaman hingga pengalaman kerja 2 tahun.

Untuk Kerja dilapangan seperti pertambangan di luar jawa, Gaji pekerja di bidang kesehatan lingkungan bisa mencapai Rp 5.000.000 hingga Rp. 9.000.000 per bulan. Itu belum termasuk bonus harian yang akan diterima selama berada di lapangan. Besar gaji juga akan disesuaikan dengan lamanya pengalaman kerja yang dimiliki pelamar.

Prospek Kerja Kesehatan Lingkungan tidaklah tertutup pada pekerjaan di sektor medis / kesehatan semata. Banyak pekerjaan di perusahaan swasta maupun BUMN yang memerlukan lulusan dari jurusan Kesehatan Lingkungan. Peluang kerja yang besar ini yang bisa dimanfaatkan calon mahasiswa untuk memilih Jurusan Kesehatan Lingkungan.

Indonesia masih memerlukan banyak lulusan kesehatan lingkungan yang profesional supaya dapat mengubah pemikiran masyarakat yang masih tidak mau menjaga kesehatan lingkungan. Pola pikir yang berubah akan mendatangkan perubahan yang sangat besar sehingga akan menjadikan bumi Indonesia menjadi lebih bersih, sehat dan nyaman untuk masyarakatnya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *