Prospek Kerja Ilmu Perpustakaan & Estimasi Gajinya

Jurusan Ilmu Perpustakaan merupakan salah satu jurusan yang mungkin jarang didengar oleh masyarakat umum. Meskipun jarang menjadi favorit, namun prospek kerja ilmu perpustakaan juga tak kalah menjanjikan. Mari kita ulas lebih dalam mengenai jurusan Ilmu Perpustakaan.

prospek kerja ilmu perpustakaan

Salah satu pertanyaan saat ingin mengambil jurusan Ilmu perpustakaan adalah, ilmu perpustakaan jurusan ipa atau ips?. Ya ini sangat wajar karena memang tak banyak yang mengetahui seluk beluk jurusan ini. Pada dasarnya, jurusan Ilmu Perpustakaan masuk ke dalam IPS.

Jurusan Ilmu Perpustakaan masih satu garis dengan studi sosial humaniora atau soshum. Dalam ujikan masuk seperti SBMPTN, jurusan Ilmu Perpustakaan masih masuk kedalam bagian IPS dan IPC. Jurusan Ilmu Perpustakaan masih masuk kedalam Fakultas Ilmu Komunikasi dan Juga fakultas Ilmu Budaya.

Untuk menambah wawasan mari kita bahas mengenai, Apa yang dipelajari di ilmu perpustakaan? Ilmu Perpustakaan adalah jurusan yang mendidik mahasiswa menjadi seorang yang ahli dalam mengelola perpustakaan dan informasi.

Tidak seperti yang dipikirkan orang awam yang berpikir bahwa jurusan ini hanya melahirkan seorang yang berurusan dengan buku – buku saja atas pekerjaan yang selalu berdiam diri di dalam perpustakaan.

Faktanya, banyak lulusan Jurusan Ilmu Perpustakaan yang berkecimpung di berbagai pekerjaan. Bahkan banyak diantara lulusan yang tidak bekerja sebagai pustakawan.

Jadi jangan pesimis dulu dengan prospek kerja ilmu perpustakaan ini ya. Meskipun bukanlah jurusan terkenal, bukan berarti lulusan dari Jurusan Ilmu Perpustakaan memiliki kesempatan kerja yang kecil.

advertisement

Yang terpenting dalam melakukan pekerjaan – pekerjaan di jurusan Ilmu Perpustakaan adalah kemampuan komunikasi dan tidak tergagap – gagap saat berkomunikasi, Selain itu, pekerjaan yang rapi dan teliti saat mengolah data sangat diperhitungkan disini.

Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan akan dibekali dengan kemampuan untuk mengorganisasi sumber informasi data dan mampu beradaptasi pada perkembangan teknologi yang ada.

Berikut Peluang Kerja dibidang Ilmu Perpustakaan.

Menjadi Seorang PNS

Salah satu dari pembaca mungkin bertanya – tanya Apakah lulusan ilmu perpustakaan bisa jadi PNS? Jawabannya adalah bisa. Seorang dengan keahlian di bidang Ilmu Perpustakaan bisa bekerja di bagian arsip, baik itu arsip nasional maupun arsip nasional.

Tentu pemda maupun pemerintah pusat akan lebih memprioritaskan seseorang dengan keahlian Ilmu Perpustakaan untuk bekerja di pusat arsip mereka.

Yang lebih menggembirakan, banyak sekali peluang kerja lulusan Ilmu Perpustakaan di perusahaan Swasta. Ini karena banyak perusahaan swasta, terutama perusahaan besar yang memiliki arsip penting. Hal ini tentu memerlukan pengelolaan yang baik. Itu sebabnya lulusan Ilmu Perpustakaan adalah pilihan yang ideal untuk menjadi Ahli Arsiparis.

Peluang kerja menjadi PNS tidak tertutup pada bagian arsip negara loh. Seorang Ahli Ilmu perpustakaan diperlukan di hampir semua kementrian, bahkan banyak diperlukan di BUMN, lembaga dan BUMD. 

Ini membuktikan dengan lulusan yang tidak terlalu banyak, lulusan Ilmu Perpustakaan memiliki banyak kesempatan dalam lowongan pekerjaan sebagai PNS.

Tak heran karena arsip dan dokumen adalah sendi – sendi kehidupan dari sebuah lembaga ataupun instansi pemerintah. Bayangkan jika tidak ada orang ahli di dalam dokumentasi pemerintah, maka akan banyak sekali salah dalam hal surat – menyurat seperti disposisi, keputusan dan lainnya.

Semakin berbelit birokrasi tentu juga akan membutuhkan seorang dengan kemampuan Ilmu Perpustakaan untuk membantu pengelolaan dokumentasi berjalan sebagaimana mestinya.

Prospek seorang lulusan Ilmu Perpustakaan masih akan cerah seiring berkembangnya teknologi mengenai arsip dan dokumentasi. Hal ini juga ditambah dengan semakin banyaknya kebutuhan dalam pengelolaan dokumentasi dan arsip.

pustakawan terbaik KPwBI 2020 di seluruh Indonesia
Nurwoni Albasith, pustakawan terbaik KPwBI 2020 di seluruh Indonesia

Menjadi Pengusaha dibidang Ilmu Perpustakaan

Bagi anda yang memiliki jiwa wirausaha, Seorang lulusan Ilmu Perpustakaan juga memiliki peluang usaha tersendiri. Anda bisa menawarkan jasa untuk konsultasi masalah informasi dan perpustakaan.

Sebagai wiraswasta, anda bisa menawarkan jasa untuk memberikan edukasi di bidang ilmu tertentu yang anda pahami.

Selain itu anda juga bisa bisa menjadi konsultan pelatihan digital kepada perpustakaan atau bagian arsip pihak yang membutuhkan. Masih banyak jasa konsultasi yang bisa anda tawarkan sebagai seorang pengusaha.

Menjadi seorang Web Desainer

Majunya teknologi ternyata memaksa seorang dengan keahlian Ilmu Perpustakaan untuk beradaptasi. Saat ini banyak universitas yang mengajarkan kemampuan untuk pemrograman dasar, arsitektur informasi dan analisis perancangan. Hal ini disebabkan karena pamor perpustakaan konvensional yang menurun menjadi perpustakaan digital.

Kemampuan dasar tambahan di jurusan ini tak jarang membuat lulusan terkini Ilmu Perpustakaan mampu menjadi seorang web desainer yang dibutuhkan oleh berbagai perpustakaan online saat ini.

Menjadi Seorang Administrator Database

Mungkin banyak yang bertanya – tanya, mengapa administrator database? hal ini sangat jauh dengan gambaran seorang pustakawan yang sedang sibuk duduk – duduk di dalam perpustakaan yang sunyi.

Perkembangan teknologi kembali mendorong seorang ahli Ilmu perpustakaan beradaptasi. Seorang administrator database memiliki tugas seperti melakukan perbaikan, pemeliharaan, mengelola sampai mendesain sebuah database perpustakaan. Pekerjaan dibidang IT menjadi salah satu bidang terkini yang bisa dimasuki seorang ahli Ilmu perpustakaan.

Menjadi Seorang Pengajar

Buat anda yang berminat menjadi seorang pengajar seperti Dosen, seorang lulusan Ilmu Perpustakaan.  Peluang kerja sebagai dosen untuk jurusan Ilmu Perpustakaan masih terbuka lebar.

Ini karena ada lebih dari 30 universitas di Indonesia yang telah membuka jurusan Ilmu Perpustakaan namun lulusan Ilmu perpustakaan yang masih minim.

Tak hanya dosen jurusan Ilmu Perpustakaan saja. Anda juga berpeluang menjadi pengajar di universitas yang memiliki program studi sejenis yang memiliki keterkaitan dengan informasi, kearsipan hingga administrasi. Bahkan tak menutup mengajar di program studi lain yang memerlukan pelajaran mengenai Ilmu Perpustakaan.

prospek kerja ilmu perpustakaan

Daftar Kampus Ilmu Perpustakaan Favorit

Buat anda yang sudah mulai berminat dengan jurusan Ilmu Perpustakaan, kami akan berikan daftar kampus yang bisa anda jadikan favorit.

1. Univ. Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta.

2. Univ. Brawijaya Malang

3. Univ. Indonesia

4. Univ. Padjadjaran, Jatinangor

5. Univ. Diponegoro, Semarang

6. Univ. Sumatera Utara

7. Univ. Islam Syarif Hidayatullah, Jakarta

8. Univ. Yarsi, Jakarta

Tentu selain Universitas diatas masih banyak universitas lain yang bisa anda pilih. Anda bisa memilih universitas sesuai dengan biaya perkuliahannya hingga memilih yang paling dekat dengan tempat tinggal anda.

Dengan pembahasan kali ini diharapkan kita bisa menjadi lebih terbuka mengenai Jurusan Ilmu Perpustakaan dan apa saja peluang lapangan pekerjaan yang bisa diambil.

Kita menjadi lebih memahami bahwa seorang lulusan Ilmu perpustakaan tidak hanya berkutat di sebuah perpustakaan namun juga bisa bekerja di bidang lain baik sebagai pegawai negeri atau pegawai swasta.

Bahkan seorang lulusan jurusan Ilmu Perpustakaan bisa menjadi pengusaha dibidangnya. Hal ini membuka mata kita untuk mengetahui bahwa peluang kerja Ilmu Perpustakaan cukup besar dan tak sesempit yang sebagian orang bayangkan. Peluangnya tidak terbatas menjadi seorang pustakawan saja.

advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *